Rate this post

Resepsionis Adalah salah satu posisi dalam suatu perusahaan atau kantor yang bertugas untuk menerima tamu atau melayani tamu. Dan sebutan resepsionis ini paling sering di jumpai di hotel, restoran , rumah sakit dan lain sebagainya. Lalu apakah syarat menjadi resepsionis ini.

Kebetulan saya penulis mempunyai pengalaman bekerja sebagai resepsionis di salah satu hotel di sumatera utara. Oleh sebab itu pada artikel ini saya akan berbagi syarat menjadi resepsionis, tugas dan juga gaji resepsionis sesuai dengan pengalaman saya.

Bagi kawan – kawan yang tertarik menjadi resepsionis ini. Tentu anda ingin tahu apa saja syarat menjadi resepsionis. Syarat menjadi resepsionis ini sebenarnya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Namun paling umum syarat resepsionis adalah sebagai berikut ini.

  1. Berpenampilan Menarik dan rapi
  2. Dapat Berkomunikasi dengan baik
  3. Dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik
  4. Tinggi dan Berat Badan Ideal

Ke 4 point tersebut sering sekali menjadi bahan pertimbangan yang utama untuk diterima menjadi resepsionis. Oleh sebab itu bagi kawan – kawan yang ingin melamar pekerjaan ini. Anda harus sesuai dengan ke empat point tersebut. Sehingga ketika anda sesuai dengan point tersebut. Akan mempermudah anda untuk diterima bekerja.

Tugas Dan Gaji Resepsionis Hotel

Pengalaman saya adalah sebagai resepsionis hotel. Maka saya disini akan menjelaskan tugas resepsionis berdasarkan pengalaman saya bekerja di hotel. Dan untuk tugas utama resepsionis itu adalah menerima tamu check in dan Check Out. Namun ada beberapa tugas yang kami harus lakukan. Seperti menerima keluhan tamu, komplain tamu, menjelaskan kondisi kamar hotel dan menerima telepon dari tamu.

Dan itu adalah sebagian tugas yang harus sering kami kerjakan. Dan ketika ada keluhan dari tamu di kamar. Maka kami harus menyampaikan keluhan tamu tersebut ke Housekeeping. Supaya housekeeping terssebut membantu tamu.

Oleh sebab itu sebagai resepsionis kita harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada tamu. Sehingga ketika dapat berkomunikasi dengan baik kepada tamu tidak menyinggung perasaan dari tamu tersebut. Dan sebagai resepsionis anda harus saba.

Untuk gaji resepsionis yang saya dapat ketika bekerja di hotel adalah mulai 900 ribu. Yang mana gaji 900 ribu tersebut adalah gaji training saya. Dan dengan gaji tersebut kita sudah di sediakan mess dan juga makan 3 x sehari. Namun ketika saya lepas training kalau tidak salah gaji saya 1 juta 100 ribu dan mengalami kenaikan gaji bertahap.

Namun selain dari gaji tersebut. Kita juga mendapatkan bonus setiap bulannya. Dan dengan gaji tersebut. Kebutuhan saya tercukupin.

Pengalaman Sebagai Resepsionis

Pengalaman saya sebagai resepionis ini banyak sekali. Yang mana banyak masalah yang harus kita lewati. Pengalaman yang tidak paling mengenakkan itu adalah menghadapi komplain tamu. Saya berbagi cerita sedikit kepada kawan – kawan. Yang mana pernah kejadian yang menurut saya. Pengalaman tersebut tidak terlupakan bagi saya.

Pada waktu itu pernah kejadian pompa air kami mengalami kerusakaan. Yang mana ketika pompa air rusak. Membuat air semua di kamar mati. Sehingga para tamu komplain kepada resepsionis.

Dan ketika tamu komplain. kita pun berusaha menenangkan tamu untuk beberap jam lagi akan hidup. Akan tetapi dalam beberapa jam kemudian air pompa belum bisa.

Yang mana ketika kemarin pompa air sudah di bagusin. Ternyata pipa sumur bor ternyata juga sumbat. Dan membutuhkan waaktu juga untuk memperbaikinya.

Hal itu membuat tamu marah. Dan membuat sebagian tamu check out dan meminta uang di kembalikan. Hal yang paling apesnya sama kita adalah. Kita sudah di maki – maki tamu. Namun akhirnya tamu tersebut check out tanpa membayar uang kamar.

Pengalaman tersebut selalu membekas di hati saya. Dan hal tersebut juga membuat saya untuk membuka usaha suatu saat. Semoga niat saya membuka usaha tercapai.

Hal – Hal Yang Harus Ketahui Ketika Menjadi Resepsionis

Ketika anda sebagai resepsionis. Maka anda harus pintar menjawab pertanyaan dari tamu. Dan usahakan tamu tersebut mendapatkan pelayanan yang baik dari anda. Dalam pelayanan yang baik tentu juga harus ikut sesuai dengan peraturan dari perusahaan.

Bersikap ramah dan sabar meski tamu dalam marah. Namun meskipun anda sabar, ketika tamu salah anda harus tetap menjelaskan kepada tamu tersebut. Mengenai sanksi atau peraturan hotel. Dan ketika check in kamu harus menyampaikan semua hal – hal yang menurut anda perlu di sampaikan kepada tamu tersebut. Misalkan jam serapan pagi dan jam chek out tamu.

Dan bagi anda yang ingin bekerja di Hotel Internasional. Maka anda harus dapat berbicara dengan bahasa inggris dengan baik. Karena dengan dapat berbicara bahasa inggris dan sesuai dengan point yang telah kita sampaikan di atas. Kemungkinan besar anda akan dapat bekerja di hotel – hotel besar lainnya.

Mungkin itu saja sedikit berbagi pengalaman saya kepada kawan – kawan. Dan semoga dengan apa yang saya sampaikan ini. Dapat menjadi manfaat bagi kawan – kawan. Namun jika ada yang kurang jelas. Silahkan bertanyaa kepada saya. Yang mana kemungkinan saya akan dapat membantu.

Dan terima kasih kepada kawan – kawan semuanya…