Rate this post

Dalam mendirikan suatu hotel di suatu daerah. Tentu ada beberapa faktor yang menjadi acuan untuk mendirikan hotel. Sehingga pendiri atau perusahaan tersebut dengan mudah mendapatkan keuntungan. Sehingga dalam mendirikan hotel tersebut selalu ada riset atau penelitian.

Keberhasilan dalam mendirikan hotel tentu berbeda dengan keberhasilan dalam mengoperasionalkan hotel. Namun keduanya saling berkaitan untuk kejayaan suatu perusahaan. Dalam mendirikan hotel disuatu daerah tentu sudah ada riset menyangkut potensi daerah tersebut. Sehingga sebelum mendirikan hotel tersebut tentu ada penelitian potensi daerah dan riset geografi tanah.

Ketika sudah dilakukan riset dalam dalam daerah tersebut. Maka untuk kesuksesan lainnya adalah mengenai internal dari hotel tersebut seperti fasilitas, SDM dan lain sebagainya.

Dan dengan berbagai perjalanan tempat wisata yang saya kunjungi. Apa yang saya lihat juga, dapat menjawab mengenai apa potensi daerah yang akan mendukung keberhasilan dalam mendirikan suatu hotel. Tentu dengan penjelasan ini, nantinya tentu akan menjadi nilai tambahan kepada anda yang ingin membangun suatu hotel di suatu daerah.

Potensi Daerah Yang Dapat Sukseskan Dalam Mendirikan Hotel

Pada era modern ini antusias masyarakat untuk berlibur semakin meningkat. Dengan semakin banyak nya masyarakat yang sedang berlibur ke suatu daerah. Sampai ada berliburan yang memakan waktu beberapa hari. Tentunya akan membutuhkan tempat untuk menginap bersama keluarganya.

Dan masyarakat yang ingin menginap pada suatu hotel. Ada beberapa hal yang mereka perhatikan supaya mereka betah menginap pada hotel tersebut. Bahkan mereka akan tertarik akan datang lagi untuk menginap pada hotel tersebut. Oleeh sebab itu berikut ini potensi daerah yang akan mendukung keberhasilan akan mendirikan hotel.

1. Dekat Dengan Berbagai Kawasan Wisata

Orang – orang yang sering liburan. Tentu nya akan lebih suka menginap pada hotel yang dekat dengan wisata – wisata lainnya. Karena sebelum mendapatkan jam cek in nya. Maka Biasanya konsumen akan mencari tempat wisata dulu. Sehingga dengan adanya tempat wisata didekat daerah hotel tersebut. Maka hal tersebut dapat menarik konsumen untuk menginap pada hotel tersebut.

Karena mereka akan jalan – jalan terlebih dahulu pada tempat wisata tersebut. Atau bahkan mereka cek in dulu baru akan jalan – jalan wisata dekat hotel.

2. Lokasi Dengan View Yang Indah Dan Rasa Nyaman

Hotel juga harus memiliki view yang indah. Karena dengan view yang indah dapat memberikan rasa kagum kepada konsumen dan dapat merasa nyaman dengan keindahan daerah tersebut.

Dengan view yang indah konsumen juga akan lebih bangga untuk mempublikasikan nya di media sosialnya. Tentu dengan view yang indah dan di publikasikan oleh konsumen. Maka secara tidak langsung konsumen tersebut sudah mempromosikan hotel atau daerah tersebut kepada kawan – kawan media sosialnya.

Dan bahkan dengan view yang indah di lihat oleh kawan konsumen tadi. Bisa saja membuat mereka tertarik datang untuk menginap pada hotel tersebut.

3. Jalan Yang Memadai

sebagai penunjang akan keberhasilan berdirinya suatu hotel. Maka kondisi jalan juga menjadi hal penting yang harus anda perhatikan. Sebab jika kondisi jalan yang rusak menuju hotel tersebut. Maka hal tersebut akan membuat konsumen akan datang ke hotel tersebut.

Dan jika mobil – mobil mewah tidak dapat melintasi baik ke hotel tersebut. Maka hal tersebut akan membuat target marketing tidak tercapai. Karena bagi orang – orang kaya. Mereka akan tidak mau datang pada lokasi tersebut. Jika hanya akan menyebabkan kendaraan mewah mereka akan rusak.

4. Adat Istiadat Daerah

Ketika anda menderikan sutau hotel dalam suatu daerah. Maka anda harus mengenali adat istiadat suatu daerah tersebut. Kenapa anda harus mengenali adat istiadat daerah tersebut. Karena dengan mengenali adat istiadat daerah tersebut. Anda akan dapat menyesuaikan adat istiadat daerah dengan konsep bangunan hotel yang akan anda bangun.

Dan anda juga harus mengikuti peraturan adat istiadat daerah tersebut. Sehingga nantinya ketika berdirinya hotel tidak bertentangan dengan adat istiadat daerah tersebut.

Namun dengan mengenali adat istiadat daerah tersebut. Hal tersebut dapat menjadi pedoman anda untuk membangun suatu hotel. Dan mendirikan hotel dengan konsep adat istiadat atau budaya suatu daerah tersebut. Sehingga ketika berdirinya suatu hotel tersebut. Dapat menjadi ikon kebanggaan daerah tersebut.

Sehingga masyarakat lokal yang ada pada daerah tersebut. Tidak merasa keberatan jika hotel yang anda dirikan di daerah tersebut. Bahkan dengan mendirikan hotel tersebut dapat mempromosikan kebudayaan atau adat istiadat daerah tersebut. Dan nantinya di hotel tersebut dapat dijadikan sebagai acara event daerah. Baik dari acara event swasta maupun dari event pemerintahan.

5. Sejarah Daerah Dan Nama Hotel

Dalam mendirikan suatu hotel di suatu daerah. Maka perlu sedikit kita mengetahui akan sejarah daerah tersebut. Dengan mengetahui sejarah daerah terebut. Kita harus mengambil nama hotel yang anda dirikan dari sejarah daerah tersebut. Oleh sebab itu banyak perusahaan atau hotel menggunakan nama yang bersangkutan dengan sejarah atau budaya daerah tersebut.

Tentu dengan menggunakan nama – nama yang bersangkutan dengan sejarah daerah tersebut. Akan lebih mudah dikenal masyarakat atau akan lebih di ingat konsumen.

Dengan mengetahui sejarah dan pemberiaan nama berdasarkan sejarah daerah tersebut. Maka akan mendapatkan apresiasi dari masyarakat daerah. Tentu jika kita mengambil nama dari sejarah daerah tersebut. Kita harus memiliki ijin dari pemerintah atau kepala suku tersebut.

6. Masalah Perijinan

Faktor keberhasilan dalam mendirikan suatu hotel tentu juga harus mudahnya mengurus berbagai perijinan hotel tersebut. Karena dalam mendirikan suatu hotel tersebut. Maka ada banyak sekali surat ijin yang harus kita urus di daerah tersebut. Maka di dalam daerah tersebut. Anda harus tau bagaimana cara mengurus surat perijinannya. Dan apakah sulit untuk mengurus berbagai perijinan hotel tersebut.

Jika sulit dalam mengurus ijinya. Maka dalam berdirinya hotel tersebut jika ijin susah berdiri. Takutnya akan terjadi hal – hal yang membuat operasional hotel tersebut terhenti. Ketika hotel tersebut sudah beroperasional.

Demikian lah menjawab pertanyaan dari kawan – kawan mengenai ” Apa Potensi Daerah Yang Akan Mendukung Keberhasilan Mendirikan Suatu Hotel ”. Namun ada beberapa pontensi lainnya yang akan mendukung keberhasilan mendirikan hotel tersebut.