Rate this post

Berbicara mengenai tantangan di hotel cukup banyak. Namun tergantung dimana posisi kita bekerja. Namun sebelumnya saya sudah bercerita mengenai pengalaman saya bekerja di departement Front Office. Dan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya tentangan bekerja di hotel yang lebih detail lagi.

Kebetulan saya bekerja di salah satu hotel yang mana memang tempat orang liburan. Yang mana menurut saya hotel tempat saya ini bekerja dengan hotel – hotel yang ada di daerah perkotaan. Kenapa saya katakan berbeda. Jika hotel yang ada di kota. Tentu tidak banyak custumer yang membawa keluarganya semua untuk menginap di hotel.

Akan tetapi karen tempat saya bekerja ini adalah salah satu tempat wisata. Tentu custumer akan membawa semua keluarganya untuk berlibur dan menginap di hotel tersebut.

Dan apakah kaitan nya dengan kita. Tentu dengan custumer yang membawa keluarganya menginap. Maka banyak peralatan yang akan mereka bawa. Tentu juga custumer ingin menekan biaya penginapan. Dan terkadang dengan hal tersebut. Sebagian tamu akan melakukan beberapa hal yang tidak sesuai dengan aturan hotel.

Maka berikut ini saya akan menjelaskan beberapa pengalaman saya tantangan bekerja di hotel. Akan tetapi semua tantangan tersebut tidak sama mungkin tantangan anda yang bekerja di hotel juga. Akan tetapi bisa saja hampir sama tantangan yang akan anda dan saya alami.

1. Harus Berani Menegur Custumer

Apakah yang di maksud dengan menegur tamu. Yang dimaksud saya menegur tamu menyampaikan kesalahan tamu jika tidak sesuai dengan peraturan hotel. Misalkan ;

  1. seorang custumer membawa hewan perliharaan di hotel
  2. Kapasitas kamar melebihi standart.
  3. Membuat keributan di sekitar hotel
  4. Dan lain sebagainya.

Namun dalam menyampaikan teguran tersebut anda harus bersifat sopan. Dan jangan sampai menyakiti perasaan custumer tersebut. Menurut saya ini udah tantangan yang biasa saat bekerja di hotel.

2. Harus Cakap Dalam Berbicara

Sebagai seseorang yang berada di Front Office. Maka kita harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada custumer. Dan kita juga harus cakap dalam berbicara. Namun untuk para pekerja baru yang di hotel biasanya belum dapat berkomunikasi dengan baik kepada custumer. Karena belum menguasai beberapa hal yang berkaitan dengan hotel tempat bekerja.

Oleh sebab itu ketika anda bekerja di suatu hotel. Maka usahakan secepatnya mempelajari mengenai hal – hal apa saja yang sering di tanyakan tamu. Sehingga ketika anda sudah mengusai pertanyaan yang sering di pertanyakan tamu. Maka kamu akan dapat dengan mudah menjawabnya.

Inti utama dalam bekerja di hotel ini. Anda harus menguasai lingkungan kerja anda.

Dan sebagai orang yang bekerja di hotel. Maka anda juga harus dapat berbicara dengan bahasa inggris dengan baik. Karena untuk skala penginapan yang bagus dan daerah wisata. Kemungkinan besar anda akan memiliki custumer dari orang asing.

3. Siap Berdebat Atau Berdialog Dengan Custumer

Tantangan yang paling tidak mengenakkan itu di hotel adalah ketika berdebat dengan custumer. Untuk tantangan berdebat ke tamu. Anda harus menyiapkan mental anda. Karena bisa saja tamu yang anda akan jumpai galak sekali. Biasanya berdebat dengan custumer itu karena ada kesalah pahaman.

Namun solusinya kepada custumer kita jangan ajak berdebat. Akan tetapi lebih tepatnya berdialog. Karena jika berdebat itu sudah dalam masalah yang cukup fatal.

Berdebat dengan custumer biasanya karena ada kerusakan yang terjadi yang di buat oleh custumer. Dan terkadang custumer tersebut tidak terima dengan biaya ganti rugi akan kerusakaan tersebut. Oleh sebab itu berdebat dengan tamu adalah tantangan yang harus kita jauhi.

4. Tetap Ramah dan Senyum

Sebagai yang bekerja di bidang pelayanan. Maka kita harus bersikap ramah dan mudah senyum terhadap custumer. Akan tetapi tidak dapat setiap saat kita dapat ramah kepada tamu. Karena dalam menjalani hidup ini. Tak mungkin kita tidak punya masalah.

Meskipun kita lagi ada masalah. Maka kita harus tetap ramah dan mudah senyum kepada custumer. Sehingga menurut saya ini adalah bagian dari tantangan bekerja di hotel.

5. Siap Menerima Komplain Custumer Hotel

Ketika bekerja di hotel. Tidak semuanya pekerjaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Misalkan masalah yang terjadi adalah ketika devisi housekeeping melakukan kesalahan seperti kamar yang kurang bersih. Maka terkadang custumer itu ada yang rewel namun ada juga yang baik. Yang hanya menyuruh di bersihkan ulang.

Nah, jika kita mendapat tamu yang rewel. Maka kita akan habis di marah – marah tamu. Maka di sini juga tantangan kita. Yang mana kita tetap sabar. Dan harus menerima komplain dari custumer hotel tersebut. Sebagai pekerja hotel disini lah kita harus dapat berkomunikasi dengan baik tamu. Sehingga dengan komunikasi yang baik. Dapat memberikan kenyamanan kepada tamu tersebut.

6. Membersihkan Kamar Dengan Cepat

Tantangan bekerja di hotel yang berada di tempat wisata adalah yang mana tamu akan ramai. Dan kemungkinan akan full setiap harinya ketika di hari libur. Sehingga tantangan ini sering terjadi kepada devisi housekeeping. Yang mana kamar harus bersih sebelum tamu yang lain cek in.

Contohnya kendalanya adalah custumer hari ini akan cek out jam 12.00 siang. Dan pada pukul 14.00 custumer akan ada cek in pada kamar yang baru cek out pada jam 12.00 tadi. Nah kamar yang harus di bersihkan Housekeeping itu bukan satu saja. Melain kan lebih dari 5 kamar.

Oleh sebab itu disini lah butuh tenaga yang cepat dan tepat. Dan tantangan ini akan muncul di hari libur seperti biasanya idul fitri dan tahun baru.

Mungkin itu lah tantangan yang harus anda pahami ketika anda akan bekerja di suatu hotel. Dan menurut saya cerita tantangan yang saya ceritakan ini. Mungkin sudah sering terjadi hotel.

Oleh sebab itu dengan adanya artikel Tantangan Bekerja di Hotel ini. Maka anda dapat mengatasi tantangan tersebut. Jika suatu saat ada kepada diri anda. Sehingga anda dapat memberikan kenyamanan pada custumer anda.

Akan tetapi jika anda mempunyai kisah tantangan anda ketika bekerja di hotel. Maka anda dapat juga berbagi pengalaman kepada saya.

Yang Perlu Anda Ketahui

Jika terjadi suatu masalah yang tidak dapat anda selesaikan. Maka sebaiknya ajak atasan tertinggi anda. Untuk membantu anda. Supaya memberikan solusi yang baik. Dan tidak merusak nama dari hotel yang anda bekerja. Akan tetapi hotel yang diatas bintang 3. Menurut saya jenis komplain tidak akan sering terjadi. Karena menurut saya jika suatu hotel memiliki bintang. Hotel tersebut sudah bagus.

Sebagai pekerja yang di bidang pelayanan. Maka utamakan kerapian dan keramah tamahan kepada tamu. Dan tetap sabar melayani tamu.

Mungkin itu saja. Dan saya ucapakan terima kasih Banyak. Salam karyawan Hotel…