5/5 - (1 vote)

Banyak sekali kawan – kawan kita yang bertanya mengenai bagaimana pengalaman bekerja di front Office hotel. Namun sebelum saya membahas mengenai pengalaman kerja di hotel di bagian Front Office. Mungkin pengalaman di berbagai hotel untuk front Office itu berbeda – beda. Oleh sebab itu tidak pengalaman tersebut tidak dapat di samakan.

Dan saya juga sebagai front Office di salah satu hotel yang ada di Sumatera Utara. Hotelnya bernama Hotel Debang Resort yang beralamat didesa silalahi kecamatan silahisabungan kabupaten dairi. Lokasinya hotel yang berada pada pinggiran danau toba. Berikut ini video pemandangan lokasi hotel nya.

Di front Office kita itu ada bagian accounting dan resepsionist. Dan untuk accounting itu kita tugasnya untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan hotel. Accounting ini juga mengurus surat – surat lainnya. Namun kadang kala juga membantu resepsionist. Sedangkan saya bekerja di Front Office itu sebagai Resepsionist. Pengalaman sebagai resepsionist saya akan ceritakan nantinya pada artikel ini.

Pengalaman Kerja Sebagai Resepsionist

Sebagai resepsionist maka kita adalah sebagai pusat informasi dari hotel. Maka tugas dari resepsionist ini adalah sebaagai berikut ini.

  1. Mengangkat telepon
  2. Menerima check in atau Check Out Tamu
  3. Melayani tamu
  4. Menerima Telepon
  5. Menjelaskan

Dan ketika saya sebagai resepsionist. Maka point – point yang ada diatas kita wajib jalankan. Adapun hal yang menjadi tugas utama adalah menjelaskan kepada tamu mengenai tipe – tipe kamar dan kondisi kamar yang kita jual. Sehingga sebagai resepsionis kita wajib menguasi kondisi hotel untuk di jelaskan keepada custumer.

Untuk telepon biasanya custumer itu menelepon untuk mengetahui harga kamar dan tipe – tipe nya. Sehingga sebagai resepsionis kita harus menjelaskan tersebut. Untuk menjelaskan kondisi dari kamar hotel. Saya kadang harus mengirim foto atau pun video kepada tamu. Sehingga saya harus berkomunikasi kepada tamu melalui Whatsapp.

Sebagai resepsionist maka kita juga melakukan check in tamu. Dan ketika check in maka kita terlebih dahulu melakukan registrasi kepada tamu. Sekalian saya juga menjelaskan mengenai kapasitas kamar dan juga mengenai jam serapan di hotel kita. Sehingga dengan saya menjelaskan ketika check in custumer tidak terlambat serapan. Dan untuk hotel kita meskipun kamar sudah pembayaran lunas. Kita menggunakan deposit. Maka jangan lupa meminta deposit kepada custumer tersebut.

Ketika check out juga. Sebagai resepsionist harus melaporkan kepada housekeeping supaya kamar nya di check. Melakukan pengecekan kamar sebelum tamu check out sangat perlu sekali. Untuk memastikan bahwa kondisi kamar dalam keadaan tidak ada masalah. Sehingga ketika kamar tidak ada masalah. Maka depositnya custumer kita kembalikan.

Salah satu hal yang kita tidak inginkan dari custumer itu adalah mengenai complain. Complain itu misalkan kamar yang tidak bersih atau ada kendala kerusakan. Maka sebagai resepsionist kita harus melayani tamu tersebut ketika komplain. Dan komplain tersebut kita harus terima dan melaporkan kepada engineering jika ada kerusakan supaya di perbaiki, jika kamar kurang bersih laporkan kepada housekeeping supaya dibersihkan.

Pengalaman Housekeeping Hotel

Housekeeping adalah salah departement hotel. Yang mana hosekeeping ini masih terbagi – bagi. Nah, pada artikel ini yang saya jelaskan adalah housekeeping room section. Dimana room section ini yang akan membersihkan atau mempersiapkan kamar yang akan di jual.

Dihotel tempat saya bekerja ini. Jika dikatakan housekeeping maka itu sudah mengacu pada bagi room section. Maka sebagai housekeeping hotel. Anda harus dapat mengetahui peralatan – peralatan yang ada dalam rumah. Dan harus juga tahu melakukan make up kamar.

Sebagai housekeeping anda harus membersihkan kamar maupun kamar mandi yang ada di kamar hotel tersebut. Dan anda harus memberikan kenyamanan bagi tamu ketika sudah kamar.

Jangan sampai nanti ketika tamu ke kamar menginap. Namun kamar tersebut bau apek atau handuk atau selimut kotor. Tentu hal tersebut tidak harusnya terjadi. Karena custumer sudah membayar mahal hotel . Akan tetapi tidak nyaman. Tentu hal tersebut berujung fatal kepada resepsionist.

Dengan keadaan tersebut dapat saja merugikan hotel dan resepsionist. Yang manan nantinya custumer tersebut kompin ke resepsionist. Bahkan bisa saja marah – marah kepada resepsionist. Maka dari pada itu anda harau memberikan kebersihan kamar hotel yang baik.

Untuk di kamar mandi kamar hotel. Anda harus mensikat dengan bersih dan memberikan pewangi. Dan untuk tempat tidurnya. Jangan lupa mengganti selimut, sarung bantal, sheet bed yang bersih. Dan jangan lupa memasukkan amanitis untuk custumer.

Apa Sih Keuntungan Bekerja Sebagai Front Office dan Houskeeping Hotel

Untuk keuntungan dari bekerja sebagai Front Office mungkin anda akan menambah sahabat baru dari custumer. Yang mana mungkin dapat menjadi sahabat, pacar atau bisa mencari pekerjaan dari custumer tersebut. Dan anda bisa saja dapat uang tips dari tamu tersebut.

Sedangkan untuk housekeping bisa saja juga dapat uang tips. Misalkan ada tamu yang baik. Meninggalkan uang tips di dalam kamar tersebut.

Karakter Yang Harus Di milliki bekerja di Front Office

Sebagai yang bekerja di Front office ada beberapa karakter dan kemampuan yang harus kita miliki untuk menunjang pekerjaan kita tersebut. Adapun karakter dan kemampuan yang harus kita miliki adalah sebagai berikut ini :

  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Ramah
  • Mudah Senyum
  • Sabar
  • Dapat Berkomunikasi dengan bahasa inggris
  • Bisa menggunakan komputer.
  • Berpenampilan rapi, bersih dan menarik
  • Tinggi minimal 170 cm

Dengan semua karakter yang ada di atas. Maka akan menunjang anda sebagai yang bekerja di Front Office. Karena akan memiliki wibawa yang baik di depan custumer service.

Dan pengalaman saya bekerja sebagai Front Office. Berikut ini juga ada beberapa kesalahan yang sering bangat tamu lakukan. Namun terkadang ketika custumer kita minta biaya untuk pelanggaran tersebut. Mereka tidak terima. Padahal kelakukan yang mereka lakukan tersebut ada biaya tambahannya.

Namun itu adalah pengalaman hotel di tempat saya bekerja sebagai front office. Dan mungkin setiap hotel berbeda – beda peraturannya.

Inilah pengalaman kita bekerja sebagai Front Office atau housekeeping di hotel. Akan tetapi bagaimana kah dengan pengalaman kawan – kawan bekerja di Hotel. Saya bekerja di Hotel itu sendiri sejak awal tahun 2021. Dan sampai saat ini tahun 2022 masih bekerja di hotel ini.

Pengalaman Bekerja di Hotel Sebagai di Front Office Mengenai Gaji

Untuk gaji saya dulu bekerja sebagai resepsionist. Untuk bulan pertama gaji saya itu adalah sebesar 900 ribu / bulan nya. Yang mana di tempat saya bekerja untuk mess, tempat tinggal dan makan sudah disediakan oleh perusahaan. Untuk makan kita itu ada serapan pagi, makan siang dan makan malam. Dan saat ini gaji saya ketika sudah 1.400.000 / bulan.

Untuk pembahasan gaji saya sebelumnya sudah saya posting pada artikel sebelumnya. Dapat kawan – kawan baca DISINI. Untuk saat ini memang untuk kebutuhan masih terpenuhi. Akan tetapi masih banyak kebutuhan saya juga saat ini.

Mungkin itu saja kawan – kawan pembahasan pada artikel pengalaman bekerja di Front Office atau pun Houskeeping Hotel. Dan semoga artikel ini bermanfaat ini. Mungkin itu saja teman – teman pengalaman saya bekerja. Dan semoga pengalaman saya bekerja ini menjadi manfaat bagi kawan – kawan semuanya.

Namun tetap lah semangat untuk bekerja. Jangan putus asa. Dan berikan yang terbaik ketika anda bekerja pada suatu perusahaan. Terima kasih banyak.