Rate this post

Artikel Sejarah Batu Sigadap Desa Silalahi Peninggalan Raja Silahisabungan. Berikut ini adalah hasil penulusuran penulis Marketmedan.com ke wisata sejarah yang ada di Desa Silalahi 1 Kecamatan Silahisabungan kabupaten Dairi. Batu Sigadap adalah sebuah batu yang cukup menarik untuk kita bahas. Mengapa menarik ? Karena batu ini memiliki sejarah sebagai Mahkamah Tertinggi pada masa Raja Silahisabungan.

Lokasi tempat Batu Sigadap dari Makam Tugu Raja Silahisabungan 1,4 KM saat ini. Atau sekitar 3 menit menggunakan sepeda motor untuk sampai pada lokasinya.

Batu ini terdiri dari 2 buah yang mana satu tergeletak disebut batu Sigadap di tanah dan satu lagi berdiri atau Sijonjong ( Tindang ). Kedua batu tersebut dipagar berbentuk lingkaran bulat. Dan batu ini berukuran sekitar 15 cm ( Diamater ) dan sekitar 50 cm dari permukaan tanah. Kedua batu tersebut dapat anda lihat gambarnya berikut  ini.

Pada dahulu Zaman Raja Silahisabungan batu Sigadap ini dijadikan sebagai Mahkamah Pengadilan Tertinggi untuk membuktikan mana yang salah dan benar ” Ungkap Bapak Pedro sebagai Narasumber “.

Salah satu contoh yang diselesaikan adalah seperti masalah pertikaian mengenai kepemilikan tanah. Apabila ada yang mengaku bahwa tanah tersebut adalah miliknya. Akan tetapi sebelumnya masih ada pemiliknya. Maka kedua belah pihak yang berselisih tersebut akan dibawa kebatu ini untuk membuktikan kebenarannya. Begitu juga bila ada di antara Rakyat Silalahi yang di tuduh mencuri atau berselisih. 

Yang mana nantinya akan di Hadiri oleh Tetua tetua, masyaratakat umum dan juga Raja Silahisabungan.  Maka kepada yang bertikai tersebut akan di suruh bersumpah. Yang mana kedua belah pihak disuruh bersumpah untuk mengatakan yang sebenarnya dan jangan berbohong.

Karena jika berbohong maka kebenaran akan terjadi. Yang mana nantinya yang berbohong akann jatuh atau dalam bahasa bataknya Gadap dan akan meninggal dunia. Akan tetapi bagi yang jujur dan benar tidak akan terjadi apa – apa kepada dirinya. 

Dan berikut ini adalah video kita kunjungan ke lokasi yang bersejarah ini. 

 

 

Batu Sigadap Sebagai Peninggalin Sejarah Yang Harus di Rawat

Batu Sigadap sebagai salah satu benda keramat yang memiliki kekuatan mistik. Dengan bentuk yang memanjang. Dan dengan posisi salah satu batu yang tergeletak atau Gadap dan satu lagi posisi yang berdiri atau jonjong. 

Hingga sekarang batu ini masih di percayai oleh masyarakat kebenarannya. Namun jika anda ingin menguji kebenarannya. Maka silahkan datang kebatu tersebut. Dengan membawa daun sirih dan meletakkan ke batu ini.

Maka apabila seseorang tersebut benar. Maka di akan selamat dengan tidak terjadi apa – apa kepada dirinya. Namun jika dia bersalah. Maka dia akan mati atau gadap pada tempat tersebut.

Demikianlah secara singkat mengenai sejarah batu sigadap. Namun jika anda ingin penasaran silahkan langsung datang ke lokasi  Daerah Sidabariba Toruan Desa Silalahi 1. Dengan datang ke lokasi ini juga akan menambah wawasan kita. Bahwa ada sebuah batu yang memiliki mistik sebagai Batu Mahkamah tertinggi pada dahulunya.

Hal seperti ini tidak dapat kita jumpai pada masa sekarang. Padahal hal seperti ini sangat menarik untuk di praktikkan. Karena jika terjadi hal seperti ini. Maka tidak akan banyak terjadi pertikaian atau pun penipuan.