Artikel Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA atau SMK Yang Bena dan syaratnya. Pada hari ini Marketmedan.com akan membahas mengenai contoh lamaran pekerjaan untuk guru SMA atau pun SMK. Dalam pembuatan lamaran ini kita membuat bukan dengan asal – asalan. Akan tetapi kita membuat dengan benar. Sehingga contoh surat lamaran kerja guru SMA atau SMK ini dapat menjadi acuan bagi anda yang ingin melamar. Anda pun dapat melakukan copypaste dengan artikel kita nantinya.

Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali pelamar pada saat ini. Yang tidak tahu membuat lamaran pekerjaan dengan benar. Sehingga dia membuat dengan sesuka hatinya. Karena membuat dengan sesuka hatinya. Maka kemungkinan besar di akan di tolak bekerja pada perusahaan tersebut.

Oleh sebab itu pada artikel Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA atau SMK ini kita akan membahas dengan sangat detail. Sehingga nantinya. Anda akan dapat mengerti dengan mudah. Dan dapat melakukan copypaste pada artikel ini. Namun jika anda melakukan copypaste. Maka jangan lupa anda untuk melakukan edit sesuai dengan keinginan dari tempat sekolah yang anda lamar.

Apalagi sebagai Guru. Maka kita harus memberikan contoh yang benar kepada masyarakat. Jangan sampai surat lamaran pekerjaan yang kita buat salah. Jika salah juga anda sendiri yang malu juga. Maka berikan lah lamaran pekerjaan yang benar. Dan jangan sampai anda salah membuatnya.

Melalui Contoh surat lamaran kerja Guru SMA atau SMK yang benar dan syaratnya semua akan kita jelaskan. Mulai dari point – point penting yang harus anda ketahui. Sehingga nantinya surat lamaran pekerjaan yang anda buat sesuai dengan permintaan dari pihak sekolah.

Namun sebelum kita membahas mengenai Contoh surat lamaran kerja Guru SMA atau SMK yang benar dan syarat masuknya. Tentu kita harus mempunyai informasi pekerjaan dari sekolah. Kenapa kita harus mempunyai informasi dari pihak sekolah. Tentu supaya kita dapat mengetahui persyaratan melamar atau kualifikasi yang diberikan oleh sekolah.

Informasi Pekerjaan Guru SMA dan SMK

Berikut ini adalah sebuah informasi pekerjaan sebagai guru SMA dan SMK. Maka pahami lah informasi ini dengan baik. Sehingga nanti anda mengerti dengan apa yang kita sampaikan ini.

Pada saat ini dibutuhkaan Guru dan Karyawan tahun pelajaran 2020 / 2021. Adapun yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini :

  1. Guru TK / PAUD
  2. Dan Guru SD
  3. Guru Mata Pelajaran pelajaran SMP / SMA / SMK
    – Pendidikan Agama – BK
    – Bahasa Indonesia – PJOK
    – Bahasa Inggris – Tik / Prakarya
    – Matematika – Akuntansi
    – IPS / PKN – Kewirausahaan
  4. Penata Usaha bagian keuangan
  5. Pembantu umum / Pembantu Sekolah
  6. Satpam ( Satuan Pengamanan )
  7. Perpustakaan / Pustakawati

Adapun syarat – syaratanya adalah sebagai berikut ini :

  1. Foto copy Ijazah terakhir dan transkip nilai
  2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
  3. Foto copy surat permandian ( Bagi Katolik )
  4. Surat Keterangan catatan Kepolisian ( SKCK )
  5. S urat keterangan dari dokter ( Surat Terbaru )
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Pas Photo ukuran 3 x 4 ( 1 lembar )
  8. Sertifikat / piagam / lampiran lain yang mendukung
  9. Diutamakan usia di bawah 40 tahun

Kirimkan lamaran anda ke ; Bagian Personalia perkumpulan Strada. Jl. Gunung Sahari No.88 Jakarta Pusat 10610 atau email ke : hrd@perkumpulanstrada.education.

terbaru info

Demikiaanlah informasi pekerjaan sebagai guru. Dan dengan ini lah kita akan melamar pekerjaan pada yayasan Perkumpulan Starada ini. Semoga dengan adanya informasi ini. Anda dapat memahaminya dengan baik. Karena sudah terlihat jelas mengenai syarat – syarat calon guru di yayasan ini.

Untuk guru SMA maka kita harus melamar sebagai guru SMA. Jangan sampai anda salah melamar. Dan berikut di bawah ini adaalaha contoh surat lamaran kerja guru SMA. Untuk anda yang melamar sebagai guru SMA. Maka pahami lah artikel kita ini dengan baik. Berikut nya juga nanti kita akan membahas point – point dalam membuat lamaran pekerjaan guru. Sehingga dengan adanya point – point tersebut. Anda dapat membuat lamaran langsung dengan surat lamaran yang benar bukan asal – asalan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA

Hal : Lamaran Kerja                                                                                          Jumat, 11 Juni 2020

Kepada Yth :
Bapak/Ibu  Personalia
Yayasan Perkumpulan Strada
Di  Jl. S. Gunung Sahari No.88, Jakarta Pusat

Dengan Hormat,               

             Sehubungan dengan adanya informasi pekerjaan dari marketmedan,com. Bahwa Yayasan Perkumpulan Strada membuka lowongan pekerjaan. Maka dengan surat lamaran kerja ini saya mengajukan Permohonan Kerja  sebagai guru bahasa Indonesia SMA di Yayasan Perkumpulan Strada.

Mengenai data diri saya, dapat saya jelaskan secara singkat sebagai berikut :

Nama                           :  Mery Christina
Tempat /Tgl Lahir      :  Jakarta , 19 Mei 1992
Jenis Kelamin              :  Perempuan
Usia                             :  29 Tahun
Pendidikan Terakhir :  S.Pd
Alamat                         :  Jl. Gunung Sahari 69
Telp/Hp/ Email           :  082280807867 / mery92@gmail.com

       Dengan pengalaman saya sebagai guru selama 2 tahun. Tentu akan lebih bertanggung jawab mengajar sebagai guru untuk mendidik anak – anak layaknya seperti anak sendiri.

Sebagai bahan pertimbangan berikut ini sayaa lampirkan beberapa data saya :

  • Foto copy Ijazah                            1 Lembar
  • Fotocopy Transkip Nilai                1 Lembar
  • Foto copy Surat Permandian       1 Lembar
  • Fotocopy SKCK                               1 Lembar
  • Surat Keterangan dari Dokter      1 Lembar
  • Daftar Riwayat Hidup                     1 Lembar
  • Pas Photo 3 x 4 1 Lembar
  • Fotocopy Sertifikat Pendukung    5 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Dan semoga Bapak/Ibu pemimpin menerima saya sebagai guru di Yayasan Perkumpulan Strada. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                      Hormat saya,

                                                                                                            Merry Christina

Demikianlah teman – teman pembahasan kita mengenai contoh surat lamaran kerja guru SMA. Untuk contoh surat lamaran kerja guru SMK berikut ini di bawah ini. Untuk contoh surat lamaran kerja SMK ini sebenarnya metodenya sama dengan surat lamaran kerja guru SMA.

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMK

Hal : Lamaran Kerja                                                                                          Selasa, 15 Juni 2021

Kepada Yth :
Bapak/Ibu  Personalia
Yayasan Perkumpulan Strada
Di  Jl. Gunung Sahari Raya No.88 Jakarta Pusat 10610

Dengan Hormat,

              Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs maraketmedan,com. Bahwa Yayasan Perkumpulan Strada membuka lowongan pekerjaan. Maka dengan surat lamaran pekerjaan ini saya mengajukan Permohonan Kerja sebagai Guru TIK di SMK Yayasan Perkumpulan Strada.

Mengenai data diri saya, dapat saya jelaskan secara singkat sebagai berikut :

Nama                           :  Lidia Tare
Tempat /Tgl Lahir      :  Surabaya , 11 Desember 1991
Jenis Kelamin              :  Perempuan
Usia                             :  29 Tahun
Pendidikan Terakhir :  SP.d
Alamat                         :  Jl. Gunung Sahari No.23
Telp/Hp/ Email           :  082290765121 / lidiate91@gmail.com

       Dengan pengalaman kerja saya sebagai guru Teknik Informatika dan Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan. Tentu akan lebih tahu karakter siswa siswinya. Maka sebagai guru di SMK kita harus tegas dan sabar.

Sebagai bahan pertimbangan berikut ini saya lampirkkan Beberapa data saya ;

  • Fotocopy Ijazah                                            1 Lembar
  • Foto copy Transkip Nilai                                 1 Lembar
  • Fotocopy KTP                                                    1 Lembar
  • Foto copy SKCK                                                 1 Lembar
  • Surat Keterangan Kesehatan Dari Dokter    1 Lembar
  • Daftar Riwayat Hidup                                        1 Lembar
  • Pas Photo 3 x 4 1 Lembar
  • Fotocopy Sertifikat Pendukung                        2 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Dan semoga bapak/ibu pemimpin Yayasan Perkumpulan Strada menerima saya bekerja sebagai Guru SMK. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                      Hormat saya,

                                                                                                            Lidia Tare

Demikianlah teman – teman mengenai contoh surat lamaran kerja guru SMA dan SMK. Semoga contoh surat lamaran pekerjaan guru SMA dan SMK ini bermanfaat kepada saudara – saudari. Akan tetapi dalam membuat lamaran pekerjaan ini. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Sehingga nanti lamaran pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginan dari pihak Sekolah.

Hal – Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Lamaran Pekerjaan Guru SMA dan SMK

Berikut di bawah ini kita akan membahas mengenai point – point yang harus anda perhatikan dalam membuat lamaran pekerjaan guru SMA atau pun SMK. Sebagian orang memang serin mengabaikan point – point ini. Akan tetapi pada artikel ini kita menekan supaya saudara – saudari memperhatikan ini dengan baik. Jangan sampai anda mengabaikan ini.

Adapun kita jelaskan ini supaya kawan – kawan menyadari betapa sangat penting point – point ini. Sehingga lamaran pekerjaan yang anda buat benar dan sesuai dengan keinginan pihak sekolah. Anda jangan membuat lamaran hanya dengan suka – suka anda. Tetapi anda melamar itu harus mengikuti keinginan dari sekolah suupaya anda diterima.

1. Syarat – Syarat Masuk

Dalam informasi pekerjaan di atas sudah terdapat persyaratan berkas untuk masuk. Maka anda yang ingin melamar pada sekolah ini. Anda harus menyiapkan persyaratan berkas yang pihak sekolah berikan. Dan anda jangan melamar dengan persyaratan berkas yang kurang. Karena jika anda melamar dengan persyaratan yang kurang hal tersebut merugikan anda. Yang mana anda dapat saja tidak lolos berkas. Sehingga dengan hal tersebut anda gagal.

Sebab perlu anda ketahui dalam melamar pekerjaan itu. Kita akan memberikan yang terbaik. Sehingga dengan memberikan yang terbaik. Maka hasilnya akan baik juga. Mengenai persyaratan berkas ini jangan menganggap sepele. Apalagi anda yang ingin betul – betul bekerja. Berikanlah yang terbaik nya.

2. Kualifikasi

Dalam informasi pekerjaan yang ada di atas. Memang tidak terdapat kualifikasi yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Akan tetapi sebagian besar pihak sekolah mempunyai kualifikasi untuk calon guru SMA atau SMK. Adapun contoh kualifikasi yang kita maksud adalah seperti memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun sebagai guru tertentu. Minimal lulus S1 jurusan tertentu. Mungkin itu saja sebagian contoh kecil mengenai kualifikasi. Karena sebagian sekolah itu memiliki kualifikasi sebagai guru.

Oleh sebab itu kita harus menjelaskan mengenai kualifikasi meskipun pada informasi pekerjaan yang di atas tidak ada. Setidaknya anda harus menyesuaikan diri. Lamar lah yang sesuai dengan jurusan anda.

3. Karakter

Sebagai pelamar guru. Maka setiap posisi yang anda lamar. Maka memiliki karakter yang berbeda. Contoh nya sebagai guru Agama tentu anda harus memiliki karakter ahlak yang baik, sebagai guru bahasa maka anda harus memiliki karakter tutur kata yang baik dan lain sebagainya. Anda harus mencantumkan karakter tersebut kedalam surat lamaran pekerjaan anda dan juga kedalam riwayat hidup anda.

4. Tujuan Lamaran

Adapun yang dimaksud dengan tujuan lamaran pekerjaan adalah seperti contoh surat lamaran kerja guru SMA dan SMK di atas. Yang mana pihak dari yayasan sudah mencantumkan tujuan lamaran kepada Personalia Perkumpulan Strada. Dan setiap sekolah tentu saja berbeda beda. Mungkin saja ada yang tujuan lamarannnya kepada HRD, Kepala Sekolah, Direktur dan lain sebagainya.

Maka jika anda belum mengetahui mengenai tujuan lamaran tersebut. Sebaiknya anda harus bertanya kepada yang terkait. Jangan sampai anda membuat tujuan dengan asal – asalan. Karena jika salah hal tersebut dapat berakibat fatal kepada anda. Sebagai guru anda jangan malas bertanya.

5. Cara Menulis Lamaran

Setiap sekolah tentu memiliki cara masing – masing untuk melakukan rekrutmen guru. Akan tetapi kebanyakan yang melamar sebagai guru menggunakan surat lamaran tulis tangan. Maka contoh surat lamaran kerja guru SMA atau SMK itu sebaiknya tulis tangan. Akan tetapi untuk lebih jelasnya anda tanya kepada yang terkait.

Demikianlah hal – hal yang harus anda perhatikan dalam membuat lamaran pekerjaan guru SMA atau SMK ini. Jangan anda mengabaikan point – point yang kita sampaikan ini. Karena adapun yang kita sampaikan ini adalah demi kebaikan anda juga. Maka perhatikan lah artikel Contoh Surat Lamaran Kerja guru SMA atau SMK ini dengan baik.

Baca Juga :

Penutup dan Saran Mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA dan SMK ini

Kita sudah menjelaskan artikel Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA atau SMK ini dengan baik. Maka teman – teman harus dapat membuat contoh surat lamaran kerja guru SMA atau SMK dengan baik. Akan tetapi jika anda tidak dapat membuat nya. Maka silahkan menggunakan jasa orang yang sudah paham. Jangan karena malas anda membuat lamaran pekerjaan tersebut dengan asal – asalan.

Anda tidak apa – apa sekali kali mengeluarkan biaya untuk membuat lamaran pekerjaan. Karena menggunakan jasa yang sudah profesional akan lebih baik. Mungkin itu saja kita sampaikan mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Guru SMA atau SMK ini. Akan tetapi bagi saudara – saudari yang memiliki pengalaman kerja sebagai guru SMA atau SMK. Silahkan berbagi pengalaman kerja.

Anda dapat berbagi pengalaman dimana saja anda sudah mengajar. Misalkan anda sudah mengajar di sekolah tri sakti sakti, Sekolah Yayasan Nusantara, dan lain sebagainya. Anda juga dapat berbagi tentang berapa gaji yang pertama anda dulu dapatkan. Karena kita tahu bahwa sebagian pertama – tema sebagai guru dengan gaji kecil.

Untuk berbagi pengalaman kerja guru anda. Maka silahkan berkomentar di bawah ini. Yang mana sudah ada kolom komentar sebagai tempat berbagi pengalaman anda. Kita berharap dengan berbagi pengalaman kerja tersebut. Dapat memberikan dedikasi yang baik kepada guru – guru. Itu saja yang perlu kita jelaskan. Semoga kita sehat selalu dan sukses.