Artikel Gaji, Tujuan, Perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service. Berikut ini adalah pengalaman kerja kita. Ketika bekerja pada salah satu hotel Debang resort silalahi Kabupaten Dairi. Maka sebelumnya kita ucapakan selamat datang pada situs Marketmedan.com Karena pada hari ini kita akan membahas mengenai Gaji dan Tujuan Housekeeping. Dan kita juga membahas perbedaan Cleaning Service. Oleh sebab itu teman – teman harus memahami artikel ini dengan baik. Sehingga teman – teman tahu apa yang saudara – saudari yang sedang anda cari.

Pada tahun 2021 bulan januari. Perusahaan hotel sidebang memberikan gaji housekeeping mulai dari 800.000 ( Terbilang delapan ratus ribu rupiah ). Gaji ini sudah lah bersih diterima oleh karyawan. Dan hotel sidebang silalahi sudah memberikan karyawan mess dan makan di tanggung oleh hotel sidebang silalahi ini. Adapun tambahan gaji yang dapat di peroleh oleh karyawan adalah bonus setiap bulan yang pihak hotel berikan. Bonus ini tergantung profit yang perusahaan dapatkan.

Oleh sebab itu jika keuntungan yang di dapat dari pihak perusahaan makin tinggi. Maka perusahaan akan memberikan bonus yang akan tinggi. Dan tadi kita sudah menyatakan gaji housekeeping adalah sebesar 800.00 itu adalah gaji yang bagi training. Akan tetapi jika sudah lepas training maka. Gaji akan naik.

Dan itu lah gaji dari housekeeping di Hotel debang & resort silalahi. Untuk teman – teman yang ingin tahu mengenai tarif kamarnya. Maka klik sini. Dan pembahasan selanjutnya adalah mengenai tujuan Housekeeping ini. Tentu tujuan sebagai Hosekeeping ini ada. Dan perlu anda ketahui dalam bahasa indonesia Hosekeeping adalah pembenahan.

Tujuan Housekeeping

Adapun tujuan ataupun tugas dari Housekeeping ini adalah membereskan dan merapikan tempat kamar. Dan berikut ini adalah tujuan ataupun tugas dari Housekeeping berdasarkan pengalaman kita yang bekerja di Hotel debang & Resort Silalahi :

  1. Merapikan Kamar dan membersihkan kamar.
  2. Mengganti selimut, handuk, seprey dan lain sebagai nya
  3. Memeriksa kelengkapan kamar seperti : Ketersediaan mini bar, sabun, snack yang free dan lain sebagainya.
  4. Melakukan pemeriksaan barang dan kamar dalam posisi baik tidak terjadi kerusakan ketika tamu Check Out.
  5. Melaporkan kepada Resepionis bahwa kamar sudah dapat dijual kembali atau sudah siap di tempati oleh tamu kembali.
  6. Menginformasikan adanya kerusakan yang terjadi dikamar kepada Resepsionist.
  7. Mengapel kamar

Mungkin itu lah tugas atau pu tujuan Housekeeping ada. Sehingga anda harus paham mengenai tugas atau pun tujuan anda ketika bekerja sebagai Housekeeping. Perlu anda ketahui juga bahwa housekeeping ini sering disingkat dengan HK. Dan bagi anda yang bekerja sebagai HK ini anda harus tahu juga menggunakan Radio HT. Karena anda akan berkomunikasi dengan Resepsionis anda menggunakan Radio HT.

Dan anda juga harus tahu tujuan anda ketika bekerja. Jangan sampai nanti anda tidak tahu tujuan anda ketika anda bekerja. Sehingga ketika anda tidak tahu tujuan anda sebagai Housekeeping. Maka akan sulit bekerja sama dengan resepsionist.

Perbedaan Housekeeping dengan Cleaning Service

Tentu teman – teman bertanya apa sih perbedaan Housekeeping dengan Cleaning Service. Dalam hal ini kita harus mengerti terlebih dahulu apa arti Housekeeping dalam bahasa indonesia. Dalam bahasa Indonesia itu Housekeeping di artikan sebagai pembenahan. Sedangkan Cleaning Service itu artinya dalam bahasa indonesia adalah Petugas kebersihan. Dalam konteks arti saja sudah berbeda dan dari pengertian tersebut kita sudah dapat mengetahui perbedaan nya.

Dan perbedaan Housekeeping dengan Cleaning Service selanjutnya adalah Yang mana housekeeping ini hanya ada dalam sebuah jasa pelayanan hotel. Karena tugasnya adalah melakukan pembenahan dalam sebuah kamar dan sekitar kamar tersebut. Sedangkan Cleaning Service ini sering sekali ditemukan dalam sebuah kantor, mall dan lain sebagainya. Yang mana tugas utamanya adalah melakukan kebersihan atau pembersihan areal kantor.

Kedua – dua nya memang hampir mirip tugas nya. Tetapi berbedan dan tidak pernah ditemukan dalam sebuah Jasa pelayanan Hotel yang merapikan sebuah kamar disebut Cleaning Servis. Akan tetapi tugas tersebut adalah Housekeeping. Dan dari hal ini sudah ada perbedaan dari antara keduanya.

Apa Saja Yang Akan di Periksa , dirapikan ataupun Bersihkan Oleh Housekeeping

Mengenai apa saja yang akan dirapikan, dibersihkan dan di periksa oleh HK. Untuk mengenai hal yang akan anda lakukan ketika menjadi sebuah HK dalam sebuah hotel adalah sebagai berikut berdasarkan pengalaman kita :

  • Membersihkan Kamar Mandi dan melengkapi peralatan mandi pada kamar hotel sesuai dengan fasilitas untuk kamar mandi yang hotel tetapkan.
  • Mengganti Handuk, seprey, selimut, sarung bantal ketika pergantian tamu.
  • Memastikan kamar tidak mengalami kerusakan baik segifasilitas atau pun fasilitas yang free seperti TV, AC, Hotwater, dan lain sebagainya.
  • Membersihkan lantai dengan menyapu dan mengepel lantai. Dan memastikan ruangan bersih atau tidak berdebu.
  • Melaporkan kondisi Ruangan kepada Resepsionist apakah kamar siap di jual atau belum.
  • Memeriksa kamar ketika tamu Check Out. Dan pastikan tidak ada barang yang rusak diabitkan oleh tamu dan juga memastikan tidak ada barang – barang hotel yang hilang di kamar. Akan tetapi jika ada yang hilang atau rusak wajib melapor kepada resepsionist. Supaya respsionist dapat menghitungkan biaya ganti peralatan yang dirusak oleh tamu.

Apakah Susah Menjadi Housekeeping

Pengalaman kita bekerja sebagai housekeeping itu tidak terlalu susah. Akan tetapi yang menjadi perlu anda ketahui bahwa anda harus dapat melakukan pembenahan kamar dengan cepat ketika tamu sudah Check out pada jam 12 siang. Karena tamu akan da masuk lagi pada jam 14.00 nanti. Sehingga anda harus dengan cepat untuk melakukan kebersihan atau pun pembenahan dalam kamar. Jangan sampai nanti tamu sudah ingin check in pada jam 14.00 WIB kamar belum siap. Maka hal ini dapat mengecewakan tamu.

Oleh sebab itu orang – orang yang bekerja sebagai Housekeeping ini adalah orang – orang yang memiliki karakter yang cepat dan teliti dalam bekerja. Karena pada saat check out jam 12.00 yang check out itu bukanlah hanya satu kamar. Bisa saja nanti 1 hingga 10 kamar yang check out. Maka anda harus dapat membersihkan kamar tersebut dengan cepat.

Baca Juga :

Cara Cepat Bekerja Sebagai Housekeeping

Kali ini saya akan mengajarkan anda cara cepat bekerja sebagai Housekeeping. Ketika anda bekerja sebagai HK ini. Maka supaya pelanggan atau tamu tidak kecewa. Mintalah Room Status ( Status Ruangan ) kepada resepsionist. Sehingga nanti anda akan mengetahui kamar apa saja yang sudah diboking, kamar hotel yang kotor, dan kamar yang mengalami kerusakan.

Ketika anda sudah mengetahui kamar yang sudah diboking. Maka pastikan kamar tersebut siap untuk digunakan. Dan anda harus memeriksa kamar tersebut untuk memastikan kamar sudah bersih dan nyaman untuk ditempati tamu. Mengenai kamar yang rusak pastikan anda melaporkannya. Hal ini Supaya nanti kamar yang mengalami kerusakan dan sudah diboking dapat diperbaiki oleh teknisi.

Dan jika tidak bisa diperbaiki lagi dan tamu sudah mau datang. Maka resepsionist dapat menginformasikan hal ini kepada tamu. Anda sebagai Resepsionist pun dapat melakukan negoisasi kepada tamu supaya dipindahkan kamarnya dengan kamar yang bagus.

Oleh sebab itu anda sebagai HK harus dapat berkomunikasi dengan Resepsionist. Karena dengan berkomunikasi baik dengan Resepsionist akan memberikan kerja sama yang baik.

Ini lah pembahasan kita mengenai Gaji, Tujuan, perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service. Saya pun tidak dapat memberikan informasi yang lain. Akan tetapi jika teman – teman mempunyai pertanyaan mengenai artikel Gaji, Tujuan, perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service. Silahkan saja untuk memberikan komentar pada artikel ini.

Saya sebagai penulis mengucapkan terima kasih kepada para pembaca mengenai informasi mengenai artikel Gaji, Tujuan, perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service.