Artikel Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar. Selamat datang kembali teman – teman pada situs kita marketmedan.com Yang mana anda tahu bahwa kita sudah sering membuat berbagai surat lamaran dengan berbagai profesi atau perusahaan. Dan pada kali ini kita akan berbagi ilmu cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Karena banyak dari teman – teman kita yang belum tahu membuat surat lamaran kerja berdasarkan informasi pekerjaan. Baik informasi dari media sosial ataupun dari koran.

Saya ingin menyatakan kepada anda. Bahwa anda sangat beruntung sekali menemukan artikel ini. Karena pada artikel ini kita akan mengulas tuntas mengenai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Maka anda yang menemukan artikel ini. Kita sarankan untuk membaca dengan baik dan detail. Sehingga anda mendapatkan ilmu cara membuat surat lamaran pekerjaan ini.

Karena banyak dari teman – teman kita yang gagal bekerja karena tidak dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Hal ini karena mereka tidak memahami point – point yang telah ditetapkan perusahaan. Dan cara membuat surat lamaran kerja. Karena dengan membuat surat lamaran kerja yang memenuhi kriteria perusahaan. Maka akan lebih cepat berkasnya di proses HRD atau pun pemimpin perusahaan.

Teman – teman jangan menganggap enteng dengan apa yang kita sampai ini. Karena ini terlihat memang seperti tidak berguna bagi anda. Akan tetapi ini adalah kunci penting ketika melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan. Dan bukan itu saja dalam melamar pekerjaan dalam sebuah instansi pemerintah hal ini juga sama saja.

Maka ini lah dia teman – teman dalam cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dan perhatikan lah dengan detail dan cermat point – point yang telah kita sampaikan di bawah ini. Berikut ini lah dia.

1. Tujuan Surat Lamaran dan Tanggal Pembuatan

Perlu anda ketahui bahwa dalam membuat surat lamaran pekerjaan ini. Anda harus mengetahui tujuan surat lamaran kerja anda itu kemana. Misalkan tujuan nya adalah kepada perusahaan mana. Dan kepada jabatan apa di tujukan surat lamarann tersebut. Misalkan apakah tujuan nya kepada HRD Perusahaan atau kepada pemimpin / kepala cabang perusahaan tersebut.

Maka ketika dalam membuat surat lamaran pekerjaan ini. Anda harus tahu betul – betul mengenai tujuannya. Jangan sampai anda membuat asal – asalan. Contoh asal – asalannya adalah misalkan kita seharusnya membuat tujuan kepada HRD perusahaan. Namun kita membuat kepada pemimpin perusahaan. Tentu sudah salah karena perusahaan mempunyai jabatan sebagai HRD yang juga berfungsi melakukan rekrutmen. Sedangkan pemimpin ini hanya mengurus supaya perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target dan ketentua perusahaan.

Kecuali perusahaan tersebut tidak mempunyai HRD. Maka bisa lah kita membuat tujuan surat lamaran kepada pemimpin atau pun kepada sesorang yang perusahaan telah tentukan. Hal ini teman – teman harus ketahui bahwa ini sangat berpengaruh juga. Karena jika kita salah membuat tujuan terkadang yang menerima surat lamaran tersebut tidak terima. Sehingga mereka tidak mau memproses berkas anda lebih lanjut.

Dan juga dalam membuat surat lamaran kerja ini. Hendak membuat tanggal pembuatan surat lamaran kerja. Seperti pada contoh yang ada di bawah ini.

Berikut ini adalah contoh tujuan surat lamaran kerja :

Hal : Lamaran Kerja senin, 20 November 2020

Kepada Yth :
Bapak/Ibu  HRD
PT Mitra Multi Niti Usaha
Di  Jl.Sungai Raya Kab.Kubu Raya Kalimantan Barat

2. Sumber Informasi

Sebagai pelamar yang bijak. Maka dalam membuat surat lamaran pekerjaan ini hendaklah kita membuat sumber informasi. Misalkan kita mendapatkan informasi tersebut dari media sosial. Maka cantumkan lah sumber nya. Atau kita misalkan hanya mencantumkan nomor informasi pekerjaan. Contoh nomor informasi ini sering di buat dalam informasi pekerjaan dari pemerintah ataupun sebagian perusahaan. Berikut pada gambar ini adalah contoh nomor pengumannya.

pembuatan

Pada gambar tersebut sudah jelas yang terlingkarin tersebut sudah ada nomor pengumannya. Maka pengumuman tersebut kita dapat pembuka kalimat surat lamaran kerja kita. Contoh nya sebagai berikut.

Contoh 1

Dengan hormat,

Berhubungan dengan adanya informasi dari PT Mitra Multi Niti Usaha dengan nomor pengumuman 434 /05 / MMNU / PTIK / IX/ 2020. Yang pada saat ini membutuhkan tenaga kerja. Maka dengan surat ini saya mengajukan permohonan kerja sebagai Operator Boiler kepada bapak Ibu Pimpin.

Contoh 2

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari koran Pos Metro Medan. Bahwa saat ini PT Multi Nitii Usaha membuka lowongan kerja. Maka dengan surat ini saya mengajukan permohona kerja sebagai operator boiler di perusahaan ibu pimpin.

Maka dengan 2 contoh ini. Anda dapat memilih bagaimana yang anda suka. Dan anda juga harus bijak dalam menentukan mana yang tepat.

Maka dengan 2 contoh ini. Anda dapat memilih bagaimana yang anda suka. Dan anda juga harus bijak dalam menentukan mana yang tepat.

3. Pengenalan Diri Secara Singkat

Dalam surat lamaran kerja ini. Haruslah anda juga memperkenalkan diri secara singkat. Dan dengan perkenalan diri ini. Kita juga disini mempromosikan diri kita dengan memberikan sedikit kelebihan kita. Sehingga hal ini dapat meyakinkan perusahaan untuk lebih dalam lagi memproses berkas anda. Karena sesuai dengan karakter perusahaan. Contoh nya adalah sebagai berikut.

Mengenai data diri saya, dapat saya jelaskan secara singkat sebagai berikut :

Nama                           :  Rudi Gat
Tempat /Tgl Lahir        :  Jakarta , 11 Desember 1992
Jenis Kelamin              :  Laki – Laki
Usia                             :  28 Tahun
Pendidikan Terakhir   :  SMAN 1 Jakarta
Alamat                          :  Jl.Sudirman No.45
Telp/Hp/ Email        :  082298673421 / rudigat92@gmail.com

       Saya adalah Alumni SMAN 1 Jakarta. Pada saat ini saya sehat jasmani dan rohani.Dan saya sudah siap bekerja dengan ke disiplinan, kejujuran serta kerja keras. Saya juga siap bekerja dengan target.

4. Berkas Terlampir

Dalam melamar kerja ini. Kita juga melampirkan berkas – berkas pendukung kita supaya kita dapat diterima bekerja pada perusahaan tersebut. Maka berkas yang kita lampirkan tersebut. Kita cantumkan nama – namanya dan berapa jumlah nya per berkas. Misalkan berkas pas photo kita berikan 2. Maka tulis lah jumlahnya juga. Dan berikut ini adalah contohnya.

Untuk melengkapi beberapa data yang di perlukan sebagai bahan pertimbangan bapak/ ibu pimpin di waktu akan datang. saya lampirkan juga kelengkapan data diri saya sebagai berikut:

  • Pas foto ukuran 3×4                                                                            1 Lembar
  • Fotocopy Ijazah                                                                                    1 Lembar
  • Foto copy KTP                                                                                       1 Lembar
  • Fotocopy Transkip Nilai                                                                      1 Lembar
  • Curriculum Vitae                                                                                 1 Lembar
  • Foto copy Kartu Keluarga                                                                   1 Lembar
  • Fotocopy Surat Pengalaman Kerja                                                2 Lembar

5. Penutup

Dan tentu dengan adanya pembuka. Maka ada juga penutup. Dan penutup ini di iringi juga tanda tangan pelamar. Seperti berikut ini adalah contohnya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya sangat berharap dapat bekerja sebagai operator boiler di PT Mitra Multi Usaha. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                      Hormat saya,

                                                                                                            Rudi Gat

Demikianlah teman – teman cara pembuatan surat lamaran kerja yang benar. Dan semoga ini bermanfaat kepada anda. Akan tetapi dalam melamar kerja ada point penting tambahan yang kita berikan. Supaya anda dapat lebih tepat membuat surat lamaran kerja di berbagai perusahaan.

Tambahan Supaya Lamaran Kerja Yang Anda Buat Itu Tepat Sesuai Permintaan Perusahaan

Dan berikut ini adalah tambahan yang kita berikan. Hal ini supaya ketika anda melamar pekerjaan. Anda harus menambahkan hal – hal berikut ini. Dan berkas anda pun sesuai dengan permintaan perusahaan. Maka berikut ini anda harus perhatikan.

1. Karakter

Teman – teman ketika membuat surat lamaran kerja. Mak pastikan karakter yang anda buat itu sesuai dengan karakter yang diminta oleh perusahaan. Karakter ini dapat anda lihat pada informasi pekerjaan yang dapat. Contoh karakter adalah seperti ini Jujur, dapat bekerja dengan target, dapat berkomunikasi dengan baik dan lain sebagainya.

Ketika perusahaan meminta karakter tersebut. Maka anda harus mencantumkan karakter tersebut dalam surat lamaran kerja anda ataupun kedalam CV anda. Jangan sampai anda tidak membuat karakter tersebut. Sesuaikanlah karakter yang diminta perusahaan ke dalam surat lamaran kerja anda.

2. Kemampuan

Kemampuan ini tidak jauh hal dengan karakter. Jika perusahaan meminta orang yang berpengalaman di bidangya. Maka anda memang betul – betul yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Oleh sebab itu lampirkan lah surat pengalaman kerja anda. Dan misalkan perusahaan minta orang – orang yang pintar menggunakan Auto Cad. Maka cantumkan sertifikat keahlian anda.

Jangan sampai anda melamar pekerjaan. Pada sebuah bidang yang tidak sesuai dengan kemampuan anda. Karena jika anda melamar pada yang bukan kemampuan anda. Hal ini mempersulit anda di terima bekerja pada perusahaan tersebut.

3. Cara Penulisannya

Perlu anda ketahui juga. Bahwa dalam membuat surat lamaran kerja itu. Ada beberapa perusahaan yang hanya menyukai dengan tulis tangan. Hal tersebut supaya HRD dapat menilai orang dari tulis tangan. Namun sebagian perusahaan lebih menyukai membuat surat lamaran kerja dengan diketik komputer.

Contoh kemarin CPNS. Ada beberapa peraturan daerah yang lebih suka atau meminta pelamar untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan di kertas A4. Maka hal – hal ini harus kita ketahui. Maka sebaiknya sebelum membuat surat lamaran kerja. Kita bertanya dulu kepada orang – orang yang terkait.

Pengalaman Salah Dalam Membuat Tujuan Surat Lamaran Kerja

Pada waktu itu kita mendapat undangan untuk seleksi pada perusahaan perkebunan kelapa sawit. Nama perusahaan nya itu adalah First Reseources. Pada waktu itu kita mengikuti seleksi di PJK USU. HRD nya kemarin itu adalah bermarga sembiring. Waktu itu kita hanya test koran. Dan pesertanya cukup sangat banyak.

Ketika tes koran Saya lulus. Pada waktu itu kita istirahat dulu .Dan sebelum istirahat kita di berikan sebuah lembar isian. Dan kita saya dan juga teman – teman mengisi lembar tersebut. Nah ketika kita interview. HRD nya menanyakan kepada saya. Emang tidak ada HRD nya perusahaan kami. Saya jawab ada pak. Lalu pak sembiring berkata jadi kenapa kamu membuat disini kepada pemimpin. Saya pun terdiam. Dan sesudah siap interview. beberapa menit kemudian langsung keluar siapa yang lulus. Saya pada waktu itu dikatakan gagal.

Baca Juga :

Saran Kepada Teman – Teman Yang Tidak Tahu Membuat Surat Lamaran Kerja

Kepada teman – teman yang kurang paham dengan cara pembuatan surat lamaran kerja. Maka teman – teman lebih baik menyerahkan untuk pembuatan surat lamaran kerja kepada ahlinya. Kenapa saya katakan begitu. Karena pada saat ini dalam mencari pekerjaan ini sangat sulit sekali. Maka jika ada informasi pekerjaan. Sebaiknya kita membuat semaksimal mungkin.

Dan untuk pembuatan surat lamaran kerja ini. Anda juga dapat menggunakan jasa teman – teman yang melalui online. Hal ini mungkin dapat membantu anda supaya dapat diterima secepatnya pada sebuah perusahaan. Mungkin itu saja saran yang kita berikan kepada saudara – saudari.

Baca Juga :

Penutup Cara Pembuatan Surat lamaran kerja

Demikianlah saudara – saudari tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga informasi ini berguna kepada kawan – kawan. Dan anda dapat secepatnya bekerja pada perusahaan yang anda inginkan. Kita hanya dapat membantu melalui artikel ini. Dan kita berharap juga supaya saudara – saudari tetap semangat mencari pekerjaan jika anda di tolak perusahaan.

Kita selalu berdoa yang terbaik kepada teman – teman. Karena kita tahu sangat sulit sekali mencari kerja dengan murni. Maka ke tekunan kita lah yang harus kita lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang benar – benar murni. Demikianlah pembahasan yang kita berikan. Semoga bermanfaat bagi anda.

Dan bagi anda yang muda – muda jangan pernah menyerah untuk meningkatkan kemampuan. Karena dengan kemampuan tersebut akan dapat memudahkan anda untuk bekerja pada sebuah perusahaan. Dan juga dengan kemampuan tersebut anda dapat bekerja dengan murni pada sebuah perusahaan.

Sudah begitu jelas artikel yang kita berikan ini. Akan tetapi jika ada pertanyaan dari teman – teman. Mungkin teman – teman belum mengerti maka silahkan bertanya saja. Karena jika anda bertanya maka hal tersebut dapat memberikan masukan yyang baik. Tentu hal tersebut juga dapat memperbaiki artikel kami ini.

Maka terima kasih jika ada masukan yang baik ataupun pertanyaan dari teman – teman. Mungkin itu saja yang dapat kita sampaikan. Terima kasih kepada semuanya.