Artikel Cara Membuat Daftar isi Otomatis di Microsoft Word 2007 dan 2010 Pada Skripsi. Pada hari ini kita akan menjelaskan kepada teman – teman yang sedang ingin membuat Daftar Isi Otomatis pada microsoft word 2007 dan 2010. Dan kita tahu orang – orang yang ingin membuat daftar isi ini adalah anak – anak kuliahan. Tentu kita sebagai penulis ingin membagikan pengalaman kita ketika masa kuliah yang sedang mengerjakan skripsi.

Kita pada waktu saat pertama kali belum tahu caranya sunguh sangat sulit bagi kita. Kita bercerita dahulu ya teman – teman bagaimana dahulu kala pengalaman kita ketika menyusun skripsi. Pada waktu itu kita pertama – tama itu adalah membuat proposal skripsi. Maka dalam membuat proposal ini kita akan membuat daftar isi nya juga.

Dan akibat kita gak tau cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft word 2007 dan 2010 itu ternyata gampang. Kita itu menulisnya secara manual kawan – kawan. Dalam membuat daftar isi secara manual ini maka kita membuka word kita itu menjadi 2 ( dua ) tab . Pokoknya lama lah kita pada masa itu. Belum lagi itu membuat garis titik – titiknya gak tau. Pokoknya membuat itu saja serba ribet lah. Dan pada masa itu google tak selengkap sekarang teman – teman.

Dan sekarang pada zaman ini. Semuan serba mudah sehingga kita pun dapat belajar dengan baik. Itu lah tak sesulit pada dahulu kala. Mungkin dulu kita harus mempunyai guru untuk belajar menggunakan microsoft word. Akan tetapi pada masa modern ini semua sudah lengkap. Tinggal kita mencari yang mana yang akan kita kerjakan.

Pada masa itu kita juga hanya mengenal yang namanya Microsoft word 2007. Dan hari itu microsoft word 2010 belum banyak yang mengunakan. Karena pada waktu itu 2007 aja kita belum paham. Akan tetapi setelah kita pelajari kedua nya tidak jauh berbeda. Maka berikut ini pembahasan kita mengenai cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft word 2007 dan 2010.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft 2007

Bagi teman – teman yang ingin membuat daftar isi pada microsoft word 2007. Maka untuk judul – judul setiap skripsi anda berikan jenis tulisan heading 1. Berikut ini penampakan lokasi heading pada ms word 2007.

cara word 2007

Anda sulita melihat gambar atas. Maka untuk Bab 1 Pendahuluan anda membuat dalam heading 1. Sedangkan untuk 1.1 anda membuat jenis tulisan Heading 2. Dan anda bisa menambah kan tulisan dengan 1.2 dan 1.3 dengan jenis heading 2. Sedangkan jika misalkan anda membuat 1.2.1 dan 1.2.2 maka buatlah jenis tulis heading 3.

Langka selanjutnya adalah setelah jenis tulisan pada skripsi anda atur heading nya. Maka selanjutnya adalah pilih References. Lalu pilih table Of contents. Dan terakhir pilih Automatic Table 2. Maka daftar isi tersebut akan terjadi dengan otomatis. Dan mungkin lebih jelasnya dapat anda lihat pada penjelasan melalui gambar ini.

cara

Selanjutnya muncul gambar seperti berikut ini. Maka klik table Of conten. Dan pilihlah jenis daftar isi yang and inginkan.

otomatis

Dan berikut ini adalah hasil dari Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2007 dan 2010. Jika anda kurang paham dengan tutorial yang kita berikan ini. Maka berikut kita akan membuat video tutorialnya.

hasil

Cara ini sama juga dengan word 2010. Dan jika teman – teman mempunyai pertanyaan perihal pembuatan secara otomatis ini. Dapoat anda bertanya pada kolom komentar pada bawah ini. Jika anda menggunakan cara yang manual. Maka hal tersebut akan membuat anda capek. Belum lagi tulisan yang salah ketik.

Baca Juga :

Hal – Hal yang anda perhatikan dalam Membuat Daftar isi otomatis di Microsoft word 2007 atau 2010

Bagi teman yang ingin menggunakan cara ini. Maka ada hal – hal yang anda harus perhatikan dalam proses pembuatan daftar isi secara otomatis ini. Adapun itu adalah sebagai berikut :

  • Selalu perhatikan Jenis Heading pada bab dan judul
  • Jangan sampai peletakan jenis Heading salah. Sebab jika salah maka jelas daftar isi akan salah juga.
  • Dalam pembuatan nomor juga anda harus perhatikan sehingga tidak ada penomoran yang salah.

Mungkin itu saja yang dapat kita sampaikan. Semoga informasi ini berguna kepada teman – teman atau adek – adek kita yang masik kuliah. Karena dalam pembuatan skripsi cara seperti ini sangat mereka butuhkan. Sehingga mereka tidak terlalu capek dalam mengerjakan skripsinya.

Penjelasan Cara Melalui Video

Dan berikut ini adalah penjelasan melalui video. Semoga dengan cara penjelasan melalui video ini. Dapat mempermudah kawan – kawan ataupun saudara kita lebih mengerti lagi. Cara penjelasan kita melalui video ini tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Maka perhatikanlah penjelasan melalui video ini.

Bagaimana Dengan Cara Manual

Bagi teman – teman yang ingin membuat cara manual. Kita sarankan tidak usah menggunakan cara manual. Jika anda menggunakan cara manual. Hal tersebut akan membuat anda ketinggalan zaman. Maka lakukanlah dengan cara teknologi baru sesuai dengan manfaat teknologi tersebut.

Kan lebih mudah dengan cara otomatis di bandingkan dengan cara manual. Manual sangat banyak sekali kekurangannya. Dan hal tersebut juga akan membuat anda lebih lama lagi proses pengerjaan nya.

Baca Juga :

Pengalaman Membuat Daftar Isi Manual

Ketika itu saya masih sekolah SMK. Pada masa itu kita ada tugas membuat makalah. sekitar tahun 2012 kita ada tugas dari guru SMK. Karena pada waktu itu kita adalah seorang siswa di Perguruan TRI SAKTI LUBUK PAKAM. Pada pembuatan makalah ini tentu ada daftar isi karena ini adalah tugas bahasa indonesia.

Karena kita tidak tahu membuat daftar isis secara otomatis. Maka kita membuat secara manual. Adapun cara manual yang kita lakukan adalah menulis ulang satu persatu judul tugas tersebut. Untuk menulis ulang kita gunakan cara copy paste. Dan yang paling payah itu adalah membuat garis titik titik yang rata untuk daftar isinya. Pokoknya pada masa itu saya capek kali lah membuat daftar isi saja.

Dan perlu teman – teman ketahui pada masa sekolah saya dulu. Kita yang paling sering itu main warnet. Dan main warnet pun untuk main game pont blank. Pada masa itu juga kita belum banyak siswa – siswa yang pintar mengunakan komputer. Mungkin yang kebanyakan pintar hanya main game.

Beruntunglah pada masa modern ini semuanya sudah serba lebih mudah. Dan pada waktu kuliah kita sudah mulai belajar dan juga sudah mempunyai laptop. Akan tetapi pada masa kuliah itu juga kita belum pintar – pintarnya membuat daftar isi. Karena gak ada niat untuk belajar itu.

Namun pada waktu menyusun skripsi. Barulah kita belajar itu membuat daftar isi pada microsoft word 2007. Dan pada masa itu lah kita baru tahu. Dan itu pun kita bukan langsung tahu cara nya. Namun pelan – pelan kita pelajari semuanya. Mungkin itu saja yang dapat kita sampaikan.

Penutup

Demikianlah teman – teman pembahasan mengenai Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2007 dan 2010. Semoga hal ini bermanfaat bagi saudara – saudari kita. Dan semoga dengan artikel ini bermanfaat yang sangat bagi terutama bagi kawan – kawan yang sedang menyusun skripsi.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai contoh surat lamaran kerja di Lippo plaza yang tepat dan benar. mana tahu teman – teman kita ini ingin mau melamar kerja. Mak bisa melihat dari contoh yang kita berikan ini. Untuk melihatnya KLIK SINI

Demikianlah teman – teman pembahasan yang kita berikan. Dan jika ada yang kurang jelas. Mari kita saling memperbaiki ini. Atau jika kawan – kawan mempunyai pertanyaan silahkan bertanya kepada kita. Maka kita akan menjawabnya. Dan mungkin teman – teman mempunyai pengalaman yang sama dengan kita. Berikan tanggapan kawan – kawan juga.