Artikel Pengertian Parhobas Yang Benar dan Apakah Cocok Julukan ini terhadap Pemimpin. Ternyata banyak sekali orang simalungun yang tidak mengerti apa itu Makna dari parhobas itu sendiri. Hal ini ketahui berdasarkan seorang postingan dari grup Berita Simalungun di Facebook. Adapun postingan tersebut adalah postingan dari Bapak Jerry Sigumonrong yang banyak memberikan tanggapan yang negatif.

Bapak Jerry Sigumonrong ini menulis sebuah status dalam grup sebagai berikut : Cabup yang mengatakan dia sebenarnya bukan jadi mau bupati tapi jadi parhobas, berarti salah mendaftar menjadi bupati. Mendaftar menjadi parhobas sajalah. #berle. Saya tahu bahwa bapak jerry Sigumonrong ini adalah sosok masyarakat simalungun yang pintar dan tahu betul akan adat budaya simalungun. Saya yakin bahwa bapak ini mengerti apa itu arti dari parhobas. Sedangkan yang memberikan tanggapan negatif adalah orang – orang yang kurang mengerti makna dari parhobas itu sendiri.

Tanggapan negatip timbul dari masyarakat simalungun seperti ada yang menyatkan Bupati itu jadi parhobas ( Pelayan Masyarakat ). Mikirkan jalan masyarakat tapi parhobas yang terhormat ada kejadian ada bupati datang untuk melayani . Jadi unang terlalu picik berpikir. Beginilah salah satu cuitan komenter negatif tentang status Bapak Jerry Sigumonrong.

Dari komentar tersebut rata – rata orang simalungun kurang mengerti apa arti dari parhobas. Maka dengan ini saya akan menjelaskan yang sebenarnya makna dari kata Parhobas ini.

Parhobas dan Mangidangi

Pada sebuah adat simalungun ada sebuah tim dalam acara penikahan adat simalungun. Yang mana tim ini adalah disebut Parhobas. Parhobas ini fungsi nya adalah seseorang yang yang bekerja untuk menyiapkan menu – menu masakan untuk acara adat tersebut dan juga berbagai peralatan. Maka parhobas diartikan seorang pekerja atau yang bekerja. Dimana Kata dasar parhobas ini adalah HOBAS artikan kerjakan ( Dalam bahasa simalungunnya Horjahon ).

Sedangkan ada juga sebuah adat simalungun yang tugasnya untuk mangidangi. Mangidangi adalah seseorang yang melayani tamu undungan untuk memberikan makanan untuk para undangan. Itu lah makna dari mangidangi.

Parhobas Bukan Pelayan

Setelah saya membaca komentar dari teman – teman kita yang menyatakan bahwa parhobas itu adalah pelayan itu adalah salah pengertian. Jika kalian tidak terima dengan pendapatan saya. Itu adalah hak anda . Kita terima saja mungkin berbeda makna dari kampung kita apa itu parhobas. Tetapi saya akan memberikan contohnya misalkan kita sering mengatakan etah – etah hobashon. Apakaa makna ya ayo ayo pelayan. Tentu jelas bukan, yang tepatnya adalah ayo – ayo kerjakan.

Lalu Apakah Seorang Tokoh Pemimpin Tepat disebut Parhobas ! Lalu Apa Yang Tepat Julukannya

Menurut pemikiran saya parhobas sebagai julukan tokoh pemimpin simalungun sangatlah tidak layak. Kenapa saya katakan tidak layak. Jika parhobas adalah seorang pekerja. Maukah dia nanti bekerja seperti masyarakat untuk ikut dalam melaksanakan kerja mengangkat batu, dan bahan – bahan bangunan untuk infrastruktur simalungun. Tentu seorang pemimpin tidak lah mau dia bekerja mengangkat batu dan berbagai bahan bangunan untuk simalungun. Karena seorang parhobas adalah seorang pekerja.

Tentu sebagai pemimpin tidak ada yang mau bekerja dalam konteks. parhobas. Palingan adapun pemimpin yang mau bekerja tentu hanya untuk mengambil foto saja. Contohnya pak jokowi sedang lagi menyabit hasil panen masyarakat untuk pengambilan foto saja. Palingan 2 sabit saja sudah. Maka yang jelas pemimpin ini adalah seorang pengatur tugas utamanya adalah mengontrol dan lain sebagainya.

Julukan yang tepat untuk pemimpin simalungun adalah Tatang Atur. Karena dalam adat simalungun ada sosok tokoh penting yang berperan untuk melancarkan sebuah acara dengan konsep adat yang dipakai pada daerah simalungun tersebut. Sehingga acara tersebut sesuai dengan adat yang berlaku pada daerah tersebut.

Maka seorang tatang atur ini harus betul – betul memahami adat simalungun tersebut. Jika tidak sesuai dengan adat maka ada sanksi yang akan diperoleh. Adapun sanksi bagi tatang atur kurang mengerti mungkin ada tindakan dari tokoh lainnya atau pun dari masyarakat itu sendiri.

Kecocokan Julukan Tatang Atur dibandingkan dengan Parhobas untuk pemimpin berdasarkan karakter adat Simalunguun

Karakter dari seorang tatang atur adalah memiliki jiwa pemimpin, pemberani, tegas,dapat berbicara di depan umum, memiliki pengetahuan luas akan budaya masyarakatnya, fisik yang baik, pekerja keras, berwibawa.

Sedangkan Karakter dari Parhobas adalah seorang pekerja keras, pengetahuan akan konstruksi kerja yang baik, fisik yang baik dan pengetahuan akan budaya cukup.

Penilaian

Dalam karakter tatang atur hal tersebut sudah wajib dimiliki oleh tokoh tersebut. Dan karakter dari tatang atur juga dapat memilik karakter dari parhobas. Karena dahulu kala dia adalah seorang parhobas. Akan tetapi lama kelamaan dia belajar sehingga menjadi tatang atur. Sedangkan parhobas tidak mungkin memiliki sikap dari Tatang atur sendiri. Dan kita yakin 99 % persen parhobas tidak memiliki sifat dari tatang atur. Akan tetapi orang yang menuju atau yang belajar mungkin saja ada sekitar 1 persen. Sedangkan menurut pengalaman kita tatang atur ini sudah mengert mengenai parhobas.

Demikianlah teman – teman penjelasan mengenai Pengertian Parhobas Yang Benar dan Apakah Cocok Julukan ini Terhadap Pemimpin. Hal ini supaya masyarakat simalungun dapat saling berbagi informasi.Dan teman – teman yang dari deli serdang. Silahkan mendaftar bantuan UMKM melalui linik ini. KLIK SINI untuk mendaftar bantuan presiden untuk UMKM.