Kampung Ku Wisata Tinggi Raja Kenapa Engkau Tak Sehebat ini. Tinggi Raja adalah salah satu kawasan wisata yang dimiliki oleh Masyarakat kecamatan Silou Kahean kabupaten simalungun. Yang tak pernah terurus oleh pemerintah setempat. Sedih rasanya ketika kita membandingkan dengan lain dari wisata Goa ergendang kabupaten deli serdang dan Wisata Permandian Alam Sibayak Kabupaten Karo.

Jujur saja ketika saya membandingkan dengan kawasan wisata tinggi Raja Kampung halama saya. Merasa ibarat perbandingan langit dan bumi. Saya tidak tahu bagaimana perasaan pemerintah simalungun kemajuan akan masyarakat simalungun ini. Terkadang saya merasa orang ini punya mata tidak.

Tinggi raja ini potensinya tinggi sekali untuk meningkatkan perekonomian daerah silou kahean ini, terlebih kampung yang berada yang ada disekitarnya. Apakah pemerintah simalungun telah pernah melakukan penelitian akan wisata ini. Apakah tempat ini layak atau tidaknya menjadi salah satu objek wisata yang harus di kembangkan. Saya pengin tahu apakah tempat ini layak atau tidak.

Jujur saya saya merasa iri dengan pemerintahan kabupaten lain. Yang sangat peduli akan kawasan wisata pada daerah mereka. Mungkin pemerintah simalungun beda prinsip kurasa ketika sudah menjadi pemimpin daerah. Kalau lagi pas mancalon manis tumang bibir ni. Dopma kossi jonjong uhur – uhur ni tumang.

Saya berkata seperti ini karena saya sudah berkunjung kelokasi ini semua. Untuk permandian air panas sibayak sudah saya kunjungi. Jika anda ingin membacanya KLIK SINI. Dan wisata Goa ergendang pun sudah saya saya kunjungi juga. Untuk buktinya dapat anda lihat melalui membacanya KLIK SINI.

Kita malu pada semua tetangga kita yang sudah sukses menjadikan wisata sebagai meningkatkan kehidupan masyarakatnya. Mungkin kita harus menyuruh pemerintah simalungun ini untuk berkunjung kesini biar terbuka matanya. Karena saya rasa saat ini simalungun sangat jauh dari kemajuan melihat daerah lain seperti tetangga kita dari kabupaten karo dan Toba samosir.

Saran Saya Kepada Pemerintah Simalungun

Saya berharap pemerintah simalungun setidaknya dapat membuat sebuah pengelolaan yang baik kawasan wisata tinggi raja seperti membuat sebuah kolam renang permandian panas seperti yang ada dikabupaten Karo dan deli serdang ini. Tidak mungkin dana pembangunan wisata untuk daerah tidak ada. Contohnya kolam permandiann air panas seperti gambar ini.

gambar tinggi raja 2020

Setidaknya pemerintah membuat kolam permandian air panas, lokasi istirahat seperti pondok, lokasi parkir, listri tempat ganti pakaian atau kamar mandi. Pokok tinggi raja ini kita jadikan sebagai objek wisata yang baik dan ramah untuk pengunjung. Saya kita jika pemerintah membangun infrastruk yang baik untuk wisata tinggi raja ini. Maka saya yakin desa tersebut dapat memberikan dampak yang baik untuk prekonomian.

Setelah pemmerintah membangun kawasan wisata tinggi raja ini. Maka kita memberikan tempat usaha untuk masyarakat setempat. Dalam lokasi ini lah kita membangun usaha bagi masyarakat. Yang mana pada tempat ini kita dapat menjual minuman hasil daerah seperti Nira asli dan masyarakat dapat menjual hasil ladang seperti buah durian dan lain – lain.

Kita juga membangun seperti usaha oleh – oleh pada tempat ini. Maka pemerintahlah yang bertugas untuk mengatur hal hal tersebut. Sehingga masyarakat dapat menjual harga dagangan yang dapat terkontrol oleh pemerintah ini. Dan tercipta lah tempat usaha yang ramah dan baik untuk wisatawan.

Saat ini kita lihat bahwa kawasan wisata tinggi raja ini tidak terurus. Masyarakat setempat tidak sopan kepada pengunjung. Seperti kita lihat sekarang ini. Masyarakat sana hanya meminta uang kepada pengunjung sedangkan pengelolaan tidak ada pada tempat ini. Malu kita kepada pengunjung. Mereka menganggap kita seperti tidak punya pendidikan.

Baca Juga :

Mungkin Penyebab Tak Maju Nya Wisata Tinggi Raja

Memang kampung ku tingga tak sehebat daerah lainnya. Terkadang saya berpiki kenpat kampung wisata saya tinggi raja ini. Tak dapat berkembang. Kalau saya katakan pemerintahnya bodoh tidak mungkin karena mereka itu adalah orang – orang pilihan yang cukup pintar. Jika saya katakan buta mereka semua punya mata. Jadi kupikir – pikir mereka menjabat sebagai pemerintahan di simalungun tidak ada niat membangun kabupaten simalungun. Yang ada cuma niat membangun keuntungan pribadi.