Artikel Keindahan Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Berkurang dan Kondisi Jalan. Selamat datang pada situs marketmedan.com. Teman – teman kali ini kita akan mengunjungi sebuah kawasan wisata yang ada pada kabupaten simalungun yaitu adalah Tinggi Raja yang berlokasi pada desa Dolok morawa kecamatan silou kahean. Tempat ini merupakan salah satu kawasan wisata alam yang ada di Kabupaten Simalungun. Akan tetapi lokasi wisata ini sangat minim akan pengelolaan dari masyarakat maupun pemerintah. Sehingga dibutuhkan anak muda yang kreatif untuk mengelola lokasi wisata ini.

Kawan – kawan kita telah berkunjung ke lokasi ini pada 06 September 2020 tepatnya hari minggu. Penulis mengunjungi wisata ini menggunakan sepeda motor. Dan menghabiskan lama perjalanan sekitar 2 jam dari lubuk pakam. Kita menghabiskan bahan bakar sepeda motor sebanyak 30.000 ( Tiga puluh Ribu ) pada yang kita isi pada SPBU. Adapun bahan bakar minyak yang kita gunakan adalah Pertamax.

Dengan minyak pertamax yang kita isi, ini sudah dapat perjalanan pergi pulang dengan 30.-000 bahan bakar tersebut. Dan kendaraan yang kita gunakan adalah sepeda motor 4 tak atau sepeda motor empat langkah. Akan tetapi jika anda menggunakan sepeda motor kendaraan yang 2 tak maka akan menghabiskan bahan bakar yang banyak. Atau lebih banyak dari sepeda motor 4 tak. Oleh sebab itu perlu perhatian kendaraan yang anda gunakan ketika berkunjung ke wisata kawah putih tinggi raja ini.

Baca Juga :

Kondisi Kawah Putih Tinggi Raja dan Jalannya, Lama Perjalanan, Biaya Masuk

Untuk kondisi kawah putih tinggi raja ini. Saat ini cukup sangat kurang terawat. Dan tidak ada pengelolaan yang baik akan wisata alam ini. Situasi kawah putih tinggi Raja ini sudah tak seindah seperti tahun 2010 kala. Yang mana dulu air yang berwarna biru masih sangat banyak pada lokasi tersebut. Akan tetapi pada tahun 2020 tepatnya september 2020 air yang berwarna biru tersebut sudah berkurang hampir 80 %.

Sedangkan kondisi jalan sudah mulai di benahi. Adapun jalan yang yang rusak perkiraan 3 km lagi. Dan untuk lama perjalanan dari lubuk pakam ke Wisata Kawah Putih Tinggi Raja ini sekitar 2 jam menggunakan sepeda motor. Waktu kita berkunjung pada lokasi tersebut kita tidak dikenakan biaya masuk. Lantaran kita adalah orang simalungun. Dan tinggal masih dekat pada daerah tersebut.

Kita berharap pemuda setempat seharusnya dapat mengelola wisata kawah putih tinggi raja tersebut dengan struktur organisasi pengurusan yang bagus. Sehingga wisata kawah putih tinggi raja tidak membuat pengunjung kecewa ketika berkunjung. Jangan hanya pemuda setempat melakukan pengutipan biaya parkiran atau pun biaya masuk akan tetapi tidak ada pengelolaan akan kawasan tersebut.

Sehingga ketika pengelolaan tidak ada akan membuat pengunjung akan kecewa. Hal ini harus disadari masyarakat bahwa hal ini dapat membuat pengunjung kurang berminat pada wisata ini. Seharusnya pemerintah bergerak untuk membangun kawasan ini sebagai wisata untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Untuk jalan masuk dari parkiran ke kawah tinggi raja tersebut sangat tidak ada pengurusan yang baik. Sehingga seperti jalan yang hanya sering dilalui pengunjung saja. Akan tetapi miris sekali jika ada pengutipan yang terjadi pada wisata ini. Mudah – mudahan tidak ada pengutipan yang membebankan pengunjung. Cukuplah melakukan pengutipan yang wajar saja seperti 5.000.

Potret Keadaan Kawah Putih Tinggi Raja 2020 Terlampir sekilas Dengan Foto dan Video Ini

Berikut pada foto ini adalah secara sekilas keadaan tinggi raja pada tahun 2020 ini. Yang mana keadaan kawah putih tidak seperti dahulu kala. Yang mana dulu terdapat banyak air pada kawah tersebut. Dulu pada kawah tersebut banyak air yang menampilkan warna biru. Namun ketika kunjungan kita air tersebut tidak seperti dulu atau berkurang hingga 80 % menurut penulis. Dan Beginilah keadaan yang ter gambar dalam foto ini.

Foto Tinggi Raja Tahun 2020

Kawah Putih Tinggi Raja tetap saja mengeluarkan Air panas. Dan juga terdapat asap – asap yang keluar dari air panas tersebut. Kawah nya masih tetap berwarna putih.

Wisata Tinggi Raja
Wisata Tinggi Raja

Foto tersebut telah melakukan pemotoan di atas kawah tersebut. Sehingga menghasilkan foto yang berasap dan juga memberikan efek yang cukup baik untuk pengambilan gambar pada lokasi tersebut.

Video Tinggi Raja

Bagi anda yang ingin menambah lebih tahu akan situasinya. Maka pada bawah ini akan terdapat sebuah video yang menggambarkan atau dapat memberikan informasi tambahan kepada anda. Berikut ini adalah video nya, maka di harapkan anda untuk memahami dengan baik.

Info Untuk Pengunjung

Kepada sahabat yang ingin berkunjung pada wisata kawah putih ini. Maka kita harapkan supaya kendaraan dalam keadaan yang baik. Hal ini bengkel sepeda motor sangat jarang di jumpai. Dan juga posisi jalan yang menanjak dan menurun tentu ketika sepeda motor rusak maka akan sulit untuk mendorong. Jangan lupa juga untuk membawa mantel atau jas hujan.

Dan jika ada melakukan pengutipan liar seperti melakukan biaya masuk yang tinggi. Sebaiknya orang yang melakukan pengutipan tersebut orangnya di foto dan dapat melaporkan pada pihak yang berwajib.

Hal – Hal Yang Penulis Harapkan

Melihat kawasan tersebut yang mempunyai air kita harap pemerintah untuk melakukan kajian apakah air kawah tinggi raja tersebut dapat di gunakan untuk kolam renang. Jika air tersebut baik untuk manusia maka sangat tepat sekali membangun kawasan tersebut sebuah kolam renang dengan konsep kolam renang air hangat. Dan masyarakat atau pemerintah bisa juga menyediakan spot – spot foto untuk kawasan daerah tersebut.

Yang mana saat ini belum ada bangunan untuk spot foto. Dan untuk biaya tiket masuk harus ditetapkan oleh pemerintah sehingga tidak ada kutipan liar atau kesenjangan harga biaya masuk kawasan tersebut. Jika kita tidak membangun kawasan wisata maka kita akan ketinggalan pada daerah lain.

Pada saat ini berbagai daerah sudah beralih membangun atau menaikkan pendapatan masyarakat melalui kawasan wisata. Hingga saat ini muncul konsep Agro wisata. Agrowisata adalah sebuah kawasan wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Agrowisata ini lah yang belum kita sadari sebagai masyarakat simalungun. Yang mana agrowisata ini dapat meningkat pendapatan yang signifikan. Contoh agrowisata yang mulai di bangun oleh masyarakat seperti Wilayah Kabupaten Tanjung Morawa adalah wisata sawah Punden Rejo. Dan wisata sawah Pematang Johar kabupaten Deli Serdang.

Sedangkan untuk wilayah kabupaten Karo sudah banyak sekali. Seperti kebun buah strobery. Yang mana kita dapat memetik sendiri buah stroberi tersebut.

Hal seperti ini lah yang belum banyak terjadi pada kabupaten simalungun. Semoga pemuda setempat menyadari akan perlunya pengelolaan kawasan wisata untuk meningkatkan wisatawan atau pengunjung.

Baca Juga :

Kawah Putih Tinggi Raja Adalah Tempat Wisata Tertinggal

Sebagai tempat wisata, Maka Kawah ini adalah suatu tempat yang ada pada masyarakat simalungun yang tertinggal. Kawah putih tinggi raja ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai permandian air panas. Karena banyak sekali permandian air panas yang melalui air kawah. Salah satunya adalah permandian Goa Ergendang, Yang mana permandian ini adalah air kawah.

Maka sebenarnya jika pemerintah simalungun ingin membangun kawasan wisata pada tempat tersebut sangatlah bisa sekali. Akan tetapi masyarakat juga harus mendukung. Dengan tidak melakukan pengutipan liar atau pemalakan kepada pengunjung wisatawan.

Penutup

Demikianlah teman – teman tentang pembahasan artikel Keindahan Wisata Kawah Putih Tinggi Raja berkurang dan Kondisi Jalannya. Mungkin itu saja yang dapat kita sampaikan. Teman – teman ingin mengetahui bagaimana bagaimana juga keindahan sebuah Pantai Bali Lestari. KLIK SINI Untuk informasi tentang wisata tersebut.

Mungkin itu saja ya teman – teman yang perlu kita sampaikan. Dan jika kawan – kawan mempunyai pengalaman berkunjung pada wisata kawah putih tinggi raja ini. Bisa juga berkomentar pada kolom yang sudah ada pada bawah ini kita buat.