Tempat wisata di Simalungun Yang terbaru dan Terbaik ada Semua di sini. Selamat datang di situs marketmedan.com. Diman situs ini adalah pengelola dari orang simalungun sendiri. Maka penulis mengucapkan horas kepada saudara – saudari yang ingin mencari tempat wisata di simalungun. Simalungun adalah merupakan suatu daerah yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Dimana daerah ini memiliki berbagai marga – marga. Adapun marga marga simalungun adalah Sipayung, saragih yang terdiri dari berbagai sub nya, Marga Purba yang terdiri dari berbagai sub nya, Sinaga, dan damanik yang terdiri dari berbagai sub marga nya. Daerah simalungun dihuni oleh suku batak simalungun atau suku simalungun. Dan di daerah ini terdapat berbagai tempat wisata di simalungun. Mulai dari tempat wisata yang bersejarah di simalungun seperti museum. Dan terdapat juga waterpark dan wisata cagar alam yang begitu indah di daerah ini. Dan juga terdapat wisata pantai di simalungun.

Sebelum kita berbicara mengenai tempat wisata di Simalungun. Bahwa teman – teman juga harus mengetahui tentang makanan Khas batak simalungun. Dimana sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai makanan khas daerah kami. Adapun tentang makanan khas tersebut dapat teman – teman membaca nya disini. KLIK DISINI untuk membaca nya.

Dan perlu teman – teman juga mengetahui tentang pakaian adat simalungun. Adapun tentang pakaian adat simalungun sudah juga kita jelaskan pada artikel sebelumnya. Hal ini kita lakukan supaya teman – teman mengenal akan kebudayaan di simalungun. Maka teman – teman juga dapat juga mengetahui kebudayaan kami melalui artikel ini. Untuk membaca nya silahkan KLIK DI SINI.

Mungkin itu saja yang perlu kita jelaskan secara singkat mengenai budaya kami. Nah maka kita akan kembali ke topik utama yaitu Tempat wisata di Simalungun Yang terbaru dan Terbaik ada Semua di sini. Semoga dengan adanya artikel ini menambah wawasan teman – teman untuk berkunjung ke daerah kami.

Maka marilah teman – teman menyimak semua artikel ini dengan baik. Sehingga teman – teman dapat mengetahui informasi ini dengan baik. Sehingga juga tidak dengan salah tafsir. Dan teman – teman dapat mengetahui dengan lebih luas tentang tempat wisata di Simalungun.

Pantangan Ketika Berwisata ke Tempat Wisata di Simalungun

Sebelum kita membahas berbagai lokasi tempat wisata di simalungun. Maka kita harus memberikan arahan dahulu kepada teman – teman . Hal ini dilakukan demi kebaikan pengunjung dan pengelola. Sehingga tercipta berbagai tempat wisata yang nyaman, tenang dan bersahabat untuk masyarakat wisatawan. Berikut ini adalah pantangan berwisata di Tempat wisata simalungun.

  • Dilarang menggunakan atau mengungkapkan kata – kata kotor. Dikarenakan berbagai tempat wisata di simalungun yang di kunjung memiliki sejarahnya. Sehingga terkadang lokasi yang anda kunjungi tersebut memiliki penjaga dari pendahulu.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan.
  • Tidak di per boleh kan melakukan perbuatan yang tidak pantas.
  • Menggunakan kata ” Sattabi Pung ” ketika melakukan kesalahan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada penjaga tempat tersebut. Dikarenakan terkadang ada wilayah yang tidak kita tahu akan sejarahnya.

1. Wisata Tinggi Raja di Kabupaten Simalungun

Tinggi Raja adalah sebuah kawasan cagar alam seluas 167 Ha. Dimana tinggi raja menjadi tempat wisata di karena kan ke indahan cagar alam yang di miliki oleh tinggi raja. Dimana tinggi raja adalah salah satu gunung berapi yang masih aktif. Oleh sebab itu di tinggi raja terdapat air panas yang di keluarkan oleh gunung berapi tersebut. Dan juga di gunung berapi ini terdapat kawah putih atau abu vulkanik.

Dan yang membuat anda menjadi kagum dengan lokasi ini adalah air panas yang mendidih keluar dari gunung tersebut. Dan terdapat permandian air panas yang terdapat di bawah kaki gunung tersebut yang bersatu dengan sungai kecil di gunung tersebut. Dan teman – teman juga dapat berfoto – foto dengan pesona latar belakang kawah putih yang terdapat di tinggi raja ini.

tempat wisata simalungun di tinggi raja

Untuk jarak tempuh dari medan ke dolok tinggi raja ini sekitar 2 jam 9 menit menggunakan mobil. Akan tetapi hal – hal yang membuat kurang nyaman ke lokasi ini adalah perhatian dari pemerintah simalungun yang sangat rendah akan lokasi wisata ini. Dan juga kurang nya perhatian pemerintah terhadap wisata cagar alam ini.

Dan dolok tinggi raja juga memiliki sejarah asal usul nya atau yang disebut legenda nya. Untuk mengenai legenda asal usul tingga raja ini dapat teman – teman membaca juga di artikel ini. KLIK DISINI untuk membacanya.

Baca Juga :

2. Bukit Indah Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja Kabupaten Simalungun

Bukit Indah simarjarunjung merupakan sebuah tempat wisata di simalungun yang terbaik. Dimana tempat ini menawarkan spot – spot foto yang berlatar belakang danau toba. Maka bagi teman – teman yang pecinta atau yang suka foto – foto maka tempat ini direkomendasikan untuk anda. Akan tetapi untuk setiap tempat – tempat foto di kenakan biaya atau berbayar.

Daerah bukit indah simarjarunjung ini adalah merupakan kawasan yang suasana cuaca nya cukup sejuk atau dingin meskipun cuaca cerah atau panas di lokasi ini tetap dingin. Dan lokasi ini teman – teman tak perlu takut kelaparan di karena kan terdapat warung tempat makan. Dan juga terdapat terdapat lahan parkir yang sangat cukup luas.

Untuk jarak tempuh dari kota medan ke Bukit indah simarjarunjung ini. Diperkirakan memakan waktu kurang lebih 3 jam menggunakan mobil. Dan untuk jalur ke lokasi ini lumayan terjal oleh sebab itu teman – teman yang berkunjung ke lokasi ini harus hati – hati. Dan usahakan badan selalu fit ketika berkunjung ke sini.

3. Kebun Teh BahButong Sidamanik

Kebun Teh Bahbutong merupakan sebuahtempat wisata di simalungun yang terbaik juga. Yang berlokasi di sidamanik kabupaten simalungun provinsi Sumatera Utara. Dimana Kebun Teh Bah Butong ini merupakan kebun teh terbesar di sumatera. Untuk teman – teman yang berkunjung ke sini di harapkan datang pada pagi hari untuk mendapatkan panorama dan view yang lebih baik lagi. Atau teman – teman dapat berkunjung pada sore hari disini.

Jarak antara kota medan ke kebuh teh bah butong sidamanik ini di perkirakan berjarak 126 KM. Dengan jarak tempuh di perkirakan memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit menggunakan mobil. Dan akan lebih cepat lagi jika menggunakan sepeda motor.

4. Tempat wisata di Simalungun permandian Bah Sidamanik

Kali ini adalah sebuah objek tempat wisata di simalungun untuk anda yang ingin mandi – mandi. Biasanya teman – teman berenang di kolam renang atau mandi di pantai. Kali ini kita akan mandi pada sungai. Tahu kah teman – teman arti dari bah sidamanik. Untuk bah sendiri adalah bahasa simalungun yang di artikan ke dalam bahasa indonesia yang artinya AIR. Sedangkan untuk arti sidamanik adalah Marga damanik. Yang dimana merupakan marga damanik adalah seorang raja yang ada di simalungun dahulu kala.

Air yang di miliki Bah Sidamanik ini yang begitu jernih mengundang anda untuk berpose yang mantap sekali disini. Nah mendapatkan suasana yang baik. Maka datang lah pada pagi hari. Supaya teman – teman dapat melihat kejernihan dari bah sidamanik ini. Namun jika datang pada siang hari. Mungkin kurang menarik untuk mendapatkan gambar yang sangat bagus.

5. Pemandian Alam Sejuk Pas sebagai Tempat Wisata di Simalungun Yang Terbaru

Pemandian Alam sejuk Pas merupakan sebuah tempat wisata di simalungun yang baru populer. Dimana lokasi pemandian alam sejuk pas berada di Dolok Hataran kecamatan Siantar kabupaten simalungun yang tinggal di Sumatera Utara. Pemandian Alam sejuk Pas ini sangat dekat dengan pematang siantar. Dimana hanya sekitar 30 menit dari pematang siantar.

Sedangkan untuk jarak tempuh dari medan ke pemandian alam sejuk pas ini sekitar 2 jam 30 menit. Oleh sebab itu teman – teman harus memang keadaan yang fit ketika ingin berkunjung ke sini. Hal ini demi keselamatan perjalanan.

6. Museum Simalungun

Jika tadi kita berbicara tempat wisata di simalungun mengenai cagar alam. Kali ini kita akan membahas mengenai wisata yang bersejarah di simalungun. Bagi teman – teman yang ingin belajar atau ingin penasaran akan peninggalan bersejarah di simalungun. Maka berkunjung lah sekali – kali di museum ini. Dimana pada museum ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah yang ada.

Museum ini berada di Jalan Sudirman nomor 20 Kecamatan Siantar Barat kabupaten simalungun provinsi sumatera utara. Dimana museum ini di bangun pada tahun 1939. Museum ini merupakan hasil dari rapat Harungguan yang di hadiri oleh tokoh – tokoh penting seperti raja – raja, tokoh masyarakat dan pemerintahan.

7. Rumah Bolon Raja Purba

Berbicara sejarah simalungun tak lengkap jika teman – teman belum mengenal bagaimana Rumah Kerajaan peninggalan Raja Purba di Simalungun. Maka teman – teman sekali kali berkunjung ke rumah bolon raja purba ini yang beralamat di Pematang Purba. Di rumah bolon ini teman – teman akan mengetahui silsilah raja purba pertama di sini. Adapun raja purba pertama adalah sebagai berikut.

  1. Tuan Parultop – ultop
  2. Tuan Rajiman
  3. Tuan Nanggar
  4. Tuan Batiran
  5. Tuan Bakkaraja
  6. Tuan Baringin
  7. Tuan Bona Batu
  8. Tuan Raja Ulan
  9. Tuan Atian
  10. Tuan Hormabulan
  11. Tuan Raondop
  12. Tuan Rahalim
  13. Tuan Karel Tandju
  14. Tuan Mogang

Demikianlah silsilah raja purba di simalungun. Bagi teman – teman yang bermarga purba bisa juga mencari atau mencocok kan silsilah dengan silsilah yang di miliki kerajaan tersebut. Mana tau ada keterkaitan akan silsilah kalian.

Dan bangunan rumah bolon ini adalah salah satu peninggalan yang bersejarah untuk masyarakat. Akan tetapi kurang nya akan pengelolaan akan rumah bolon raja purba ini. Membuat rumah bolon ini kurang di kenal di luar daerah. Maka sangat di butuhkan perhatian pemerintah akan peninggalan bersejarah ini.

8. Wisata Pemandian Alam Swembath

Wisata pemandian alam Sweambath adalah suatu tempat wisata di simalungun juga yang belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas. Adapun Wisata Pemandian Alam Swembath berada di Naga Soppa, Bandar Huluan Kabupaten simalungun provinsi sumatera utara. Adapun jarak tempuh wisata ini dari medan ke Naga Soppa di perkirakan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih dua jam menggunakan mobil.

Wisata Pemandian Alam Swembath adalah merupakan peninggalan kolonial belanda. Dengan air yang jernih dan suasana yang sejuk membuat para pengunjung betah mandi disini. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang berlibur bersama keluarga.

9. Martoba Water Park

Martoba Water park adalah salah satu tempat wisata juga yang berada di Komplek Perumahan Besatu Jalan Pendeta J. Wiswar Saragih, Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara. Bagi anda yang ingin berenang dengan tiket masuk yang murah. Maka Martoba Water park adalah tempat yang baik bagi keluarga anda. Dimana untuk harga tiket masuk pada kolam renang ini sangat murah.

Pokoknya harga tiketnya sangat terjangkau untuk berekreasi dengan keluarga anda. Untuk mengenai harga dapat situasi dapat teman – teman lihat pada artikel ini. Dimana sudah di jelaskan pada artikel ini.

10. Pantai Paris

Jika teman – teman berpikir bahwa di deli serdanga atau di perbaungan yang ada wisata pantai. Maka kali ini ada tempat wisata di simalungun yang terbaru yaitu adalah pantai Paris. Dimana pantai paris terletak di Tigaras kabupaten simalungun Provinsi Sumatera Utara. Dimana pantai paris adalah sebuah view dari danau toba.

Ketika anda berkunjung ke lokasi ini. Maka anda akan dapat melihat atau bermain banana boat di Danau Toba. Dan disini juga tersedia karokean dan juga harga – harga sewa di sini masih bersahabat. Ada terdapat penyewaan pondok dan juga tikar disini.

Dan terdapat miniatur menara eifel di danau toba. Dan terdapat spot foto yang tak kalah menarik dari berbagai tempat wisata di simalungun. Namun untuk perjalanan sampai dari medan ke Pantai paris ini cukup memakan waktu kurang lebih 4 ( Empat ) jam. Maka di butuhkan badan yang vit untuk berkunjung ke sini.

11. Siantar Waterpark

Setelah kita tadi membahas mengenai Martoba Waterpark maka kali ini. Kita akan membahas mengenai Siantar waterpark. Dengan wahana yang begitu indah dan lokasi yang bersih membuat siantar waterpark ini menjadi lokasi wisata yang di sukai oleh masyarakat. Namun tentu harga yang bagus tentu sesuai dengan wahana yang di berikan.

Lokasi Siantar Waterpark berada di Jalan Rakutta Sembiring No.1 Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba Sumatera Utara. Akan tetapi terkadang tidak semua wahana di waterpark ini di tampilkan. Mungkin wahana tersebut akan di mainkan ketika hari besar saja.

12. Siramah Taman Rekreasi Keluarga, Tempat Wisata di Simalungun

Siramah Taman Rekreasi keluarga ini adalah salah satu tempat Wisata di Simalungun yang belum di kenal oleh masyarakat luas. Padahal disini ada kolam renang, ada kebun binantang mini, Kolam Pancing, Aneka jenis ikan, tumbuhan, tempat bermain anak – anak, ada spot foto dan lain sebagainya. Adapun lokasi Siramah Taman Rekreasi Keluarga ini beralamat di Pematang Dolok Kahean Kabupaten simalungun provinsi Sumatera Utara. Dan untuk jarak tempuh dari kota medan ke Siramah Taman Rekreasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam melalui jalan tol.

13. Air Terjun Bah Salak

Air terjun Bah Salak ini merupakan tempat wisata di Simalungun yang masih kurang di ketahui masyarakat. Hal ini membuat orang – orang jarang berkunjung ke lokasi ini. Adapun lokasi nya berada di Nagar Usang Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten simalungun provinsi sumatera utara.

Baca Juga :

14. Manigom Nauli

Manigom Nauli merupakan juga tempat Wisata di simalungun yang berada di Buntu Bartong, Tiga dolok kabupaten simalungun Provinsi Sumatera Utara. Dimana Manigom Nauli salah satu tempat permandian yang segar yang dimana sumber airnya yang berasal dari dasar kolam. Dimana yang akan berenang akan merasakan air yang segar tentu beda dengan air yang berada pada waterpark.

Akan tetapi lokasi ini kurang banyak di kunjungi oleh masyarakat hal ini kurangnya pemberitahuan akan informasi tempat wisata ini. Maka semoga teman – teman berminat berkunjung ke sini. Dan untuk biaya masuk disini sangat murah ko. Tidak perlu mahal – mahal seperti kita ke waterpark.

Untuk jarak lokasi ini dari medan. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke lokasi ini. Hal ini memang cukup jauh untuk berkunjung ke sini. Mungkin hal ini membuat faktor kurang berminat para masyarakat.

15. Katasa Waterfall

Katasa Waterfall merupakan tempat wisata di simalungun yang dimana berlokasi di Tonduhan. Untuk lebih jelasnya bahwa ke lokasi ini 15 menit dari pekan Tanah Jawa kabupaten Simalungun. Dimana pada lokasi ini terdapat air terjun kembar yang menjadi ciri khasnya. Namun lokasi perlu pengelola yang baik untuk memberikan penarik wisata yang besar.

Mengapa Harus Ke Tempat Wisata di Simalungun

Alasan anda harus ke temapt Wisata di Simalungun adalah di karenakan berbagai spot – spot foto dan wisata berada di sini. Mulai dari wisata sejarah, kolam renang modern dan kolam renang alam. Oleh sebab itu simalungun merupakan sebagai suatu wilayah akan kayak akan tempat wisata yang belum di kembangkan oleh masyarakat.

Oleh sebab itu maka setiap tahun atau tahun kedepan nya akan muncul tempat wisata di simalungun yang baru. Hal ini di karenakan faktor yang masih kurangnya pembangunan infrastruktur dari pemerintah dalam pembangunan kawasan wisata pada daerah ini. Maka orang simalungun selalu mencari pemerintah yang mau membangun tanah simalungun.

Mengenal Kabupaten Simalungun

Kabupaten simalungun merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Dimana penduduk aslinya adalah batak simalungun. Dan pemerintahan Bupati bernama Jopinus Ramli Saragih atau yang dikenal dengan JR Saragih. Adapun masa kepemimpinan jabatannya tahun 2016 hingga akan berakhir pada tahun 2021.

Nah, untuk lebih lengkap tentang bupati simalungun. Maka berikut ini akan di buat daftar bupati yang sudah pernah memerintah di daerah ini. Yang dimana dimulai pemerintahannya bulan Agustus 1945. Berikut ini adalah daftarnya.

  1. Madja Purba awal masa jabatan 1945 dan berakhir 5 maret 1946
  2. Urbanus Pardede masa jabatan 5 maret dan berakhir pada 9 april 1946
  3. Muhammad Kasim masa Jabatan 1947 dan berakhir 1947
  4. Baja Purba 1947 – 1950
  5. P. Pasaribu di mulai 1 februari 1957 dan berakhir 1956
  6. HOK Salamudin di mulai 1956 dan berakhir 1958
  7. M. Sahlil Sitompul di mulai dari 1958 dan berakhir 1959
  8. Djamaluddin Tambunan di mulai 1959 dan berakhir pada 1960
  9. Rajamin Purba mulai dari 1960 hingga 1973
  10. TPR Sinaga mulai dari 1973 hingga 1975
  11. JP. Silitonga mulai dari 1980 hingga 1990
  12. DJabanten Damanik masa jabatan 1990 hingga berakhir 2000
  13. John Hugo Silalahi masa jabatan 2000 hingga tahun 2005
  14. Zulkarnaen Damanik 2005 hingga berakhir 2010
  15. JR Saragih masa jabatan 2010 hingga 2015
  16. Dan JR Saragih terpilih kembali yang kedua kali nya. Dengan masa jabatan 2016 hingga 2021.

Sampai saat ini 2020 itu lah pemimpin bupati yang ada di daerah kami. Kami sangat berharap pada daerah kami ini. Ada bupati yang cinta akan Tanah Habonaron do bona. Dimana Habonaron Do Bona adalah motto simalungun. Dimana arti dari habonaron Do Bona adalah kebenaran ada pada pangkalnya.

Penutup

Oke teman – teman mungkin itu saja yang perlu kami sampaikan melalui artikel Tempat wisata di Simalungun Yang terbaru dan Terbaik ada Semua di sini. Semoga dengan artikel ini teman – teman berniat untuk berlibur ke sini. Dan tentu jika teman – teman ingin berlibur maka teman – teman harus dengan keadaan yang fit. Hal ini untuk mendapatkan momen momen yang membahagiakan keluarga.

Dan bagi teman – teman yang sudah pernah berkunjung ke sini. Bagaimana pendapat tentang Tempat wisata di Simalungun Yang terbaru dan Terbaik ada Semua di sini. Apakah teman – teman menyukai lokasi tersebut. Maka teman – teman dapat juga membagikan pengalaman nya disini ketika sedang berlibur ke tempat wisata di Simalungun.

Kami percaya kami sebagai masyarakat di simalungun kami akan membangun tempat – tempat wisata yang menarik. Semoga putra – putri simalungun yang sudah sukses yang berada di luar daerah dapat berkonstribusi untuk perkembangan wisata di simalungun. Dikarenakan industri wisata sangat salah satu bisnis yang menjanjikan.

Akan tetapi banyak kendala yang di alami oleh masyarakat simalungun. Mulai dari infrastruktur jalan di simalungun yang kurang di dukung oleh pemerintah. Hal ini penyebab lambat nya pertumbuhan ekonomi pada daerah kami. Hal ini membuat kami putra – putri simalungun untuk bersatu membangun simalungun.

Baca Juga :

Bahasa Simalungun

Jadi sonai ma tene. Dopma hu patorang ianana ni wisata na dong i tanoh simalungun. Andohar ma malas uhur nasiam mambasa artikel namar judul Tempat wisata di Simalungun Yang terbaru dan Terbaik ada Semua di sini. Etah ma hita mampromosihon humbani i anan wisata na dong isimalungun pakon adat budaya.

Sihol do uhur nami generasi muda simalungun on laho pajongjonnhon atappe mambungun hasusuran ta. Jahah marharap do hanami hu bani pemerintahan on ase mamparhatei hon tanoh habonaron do bona. Janah piga – piga tahun on hurang do kepedulian bupati ta hubani tanoh habonaron do bona.

Jadi berharap do hita bani tahun 2021 holi. Dong bupati ta na boi pamajuhon tanoh simalungun on. Ase tarbarita hita huluar. Jadi sonai ma hata panutup hu. Andohar i ramoti tuhan in hita haganupan. Horas ..

Nah untuk teman – teman juga yang ingin sedikit mengetahui bahasa simalungun. Maka berikut kita juga akan memberikan contoh bahasa simalungun. Hal ini perlu teman – teman pelajari ketika ingin bertanya pada orang simalungun. Misalkan untuk bahasa Simalungun nya ” Mau kemana. Dalam bahasa simalungu nya Laho hu ja ham. udah makan kamu – Dopma mangan ham. Mungkin itu saja pembahasan kita secara singkat. Semoga dengan adanya artikel Tempat wisata di Simalungun Yang terbaru dan Terbaik ada Semua di sini. Dapat menambah informasi kepada teman – teman.