Contoh Soal Kuat Arus Listrik, rumus, Kuat, Satuan, Pelajaran SMA. Selamat Datang di situs marketmedan.com sebagai situs yang di dirikan oleh batak simalungun. Berikut ini kita akan membahas mengenai contoh soal arus listrik, rumus arus listrik dan satuan arus listrik. Dimana yang saya berikan ini adalah tugas adik saya. Dimana adik saya ini sudah kelas 12 SMA ( Sekolah Menengah Atas ). Semoga dengan tugas yang dia berikan ini atau tugas yang di berikan oleh gurunya ini dapat membantu teman – teman yang ingin belajar. Dimana tugas ini diberikan pada bulan juli 2020. Maka kita berharap tulisan ini dapat membantu teman – teman kita yang ingin belajar. Adapun judul yang kami berikan adalah dengan judul artikel Contoh Soal kuat Arus Listrik, rumus, Satuan, Kuat, Hambatan, Pelajaran SMA.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai listrik Dinamis yang kami bahas disini. Semoga ini dapat memberikan jawaban kepada teman – teman yang sedang bertanya apa yang dimaksud dengan kuat arus. Maka dengan artikel ini akan terjawab semua dengan baik disini. Sehingga teman – teman dapat belajar dengan baik. Dan tentu artikel ini juga dapat membantu adik – adik kita yang masih SMP ( Sekolah Menengah Pertama ) dan juga yang masih SMA.

Dan perlu diketahui juga bahwa mata pelajaran seperti ini juga masih di dapatkan di perkuliahan khusus anak teknik. Pasti akan mempelajari yang apa yang ada seperti di bawah ini. Maka selanjutkan kita akan menjelaskan artikel ini dengan rinci. Dan jika ada yang kurang jelas teman – teman dapat bertanya juga disini.

Pengertian Arus Listrik

Diartikan bahwa adalah gerakan atau aliran muatan listrik ( Muatan Listrik ) yang terdiri dari muatan positif atau proton dan muatan negatif atau elektron. Elektron bergerak lebih lincah dari pada proton. Pergerakan muatan dapat terjadi pada bahan konduktor ( Logam, gas , larutan ). Pembuatan nya tergantung pada jenis konduktor.

  • Logam : Pembawa muatan elektron
  • Gas : Pembawa muatan Ion positif dan elektron
  • Larutan : Pembawa Muatan nya Ion Positif dan Ion Negatif

Dalam suatu penghantar proton dan elektron bergerak berlawan arah.

Apa Yang Menimbulkan Arus Listrik ?

Arus listrik seperti aliran air dalam pipa yang terjadi bila di beri energi. Muatan listrik dalam penghantar dapat mengalir karena dikenai gaya yaitu gaya gerak listrik ( Ggl ) sehingga dapat menimbulkan arus ( Arus mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah, dari kutub positif ke kutub negatif sumber tegangan ). Gaya gerak listrik dapat di peroleh dari baterai , aki dan ,lainnya. Gaya Gerak Listrik ( Ggl ) disebut sumber tegangan.

Arus listrik dapat terjadi karena muatan positif yang bergerak atau pun karena muatan negatif yang bergerak. Arah arus listrik adalah arah aliran muatan positif. Jika muatan yang bergerak adalah muatan negatif ( Elektron ) seperti dari logam , maka arah arus berlawanan dengan arah aliran elektron.

Baca Juga :

Kuat Arus Listrik

Dalam Selang Waktu Δt, muatan yang melewati penampang A pada gambar adalah Δq sehingga kuat arus listrik I yang mengalir dapat dinyatakan sebagai : I = Δq/Δt,. Dengan Δq adalah banyak muatan yang mengalir untuk selang waktu Δt yang sangat kecil. Untuk arus searah, Jumlah muatan yang mengalir melalui penampang kkawat adalah konstan sehingga di dapat di tulis seperti berikut di bawah ini :

I = q / t

Penjelasan :

Dimana q = muatan listrik ( coulomb )

t = waktu ( s )

I = Kuat arus ( coulomb / s = A )

Dari rumus diatas sudah jelaskan satuan setiap rumus. Dan ketika teman – teman di tanya mengenai satuan kuat arus maka teman – teman sudah dapat menjawab satuan nya adalah ampere.

Rapat Arus

Rapat arus adalah besarnya kuat arus yang mengalir tiap satuan luas penampang penghantar. Bila luas penampang yang dilewati arus sebesar A, Maka rapat arus ( J ) dapat di tulis : J = I/A, Dimana A adalah Luas Penampang m2, J adalah rapat arus ( A/m pangkat 2 ).

rumus Rapat Arus

Contoh Soal

Berikut ini akan ada contoh soal yang dapat teman – teman pelajari. Dan contoh soal di bawah ini juga dapat menjadi pelajaran bagi teman – teman yang sedang belajar di bangku sekolah. Mungkin contoh soal ini hanya akan di buat dalam gambar di karena kan dalam situs ini kurang dapat menulis contoh soal dengan benar. Oleh sebab itu makan akan di tampilkan dalam gambar contohnya semoga contoh soal ini dapat membantu teman – teman yang sedang lagi belajar.

Contoh soal : Kuat arus listrik yang mengalir pada suatu kabel yang luas penampang nya 0,2 mm pangkat 2 dalam suatu elektron mika adalah 0,17 mA. Berapakah :

  1. Rapat arusnya
  2. Dalam satu jam berapa besar muatan yang melalui kabel tersebut
  3. Bila muatan elektron ( -1,6 x 10 pangkat -19 c berapa banyak elektron yang mengalir dalam satu jam.

Penyelesaian :

Berikut ini pada di bawah ini pada gambar tertera jawaban dari contoh soal beserta dengan rumus – rumus nya. Semoga contoh soal ini dapat berguna.

pelajaran sma
pengertian

Hambatan Listrik

Hambatan listrik suatu penhantar tergantung pada panjang penghantar dan jenis bahan penghantar ( Misalnya : tembaga, aluminium, silikon ) secara matematis besarnya nya hambatan suatu kawat penghantar di tuliskan. Berikut pada gambar ini adalah rumusnya.

Rumus Hambatan

Hambatan suatu penghantar dapat di buat sedemikian rupa menjadi suatu komponen listrik yang namanya disebut resistor yang di desain sedemikian rupa untuk hambatan tertentu. Contohnya elemen pemanas ( setrika, pengering, rambut, kompor listrik, dan lain – lain ) atau pun filamen lampu pijar adalah resistor.Hambatan suatu penghantar di pengaruhi suhu semakin tinggi suhu semakin besar hambatannya dan hambatan jenis berubah.

Pengertian hambatan
Contoh

Demikianlah teman – teman tentang pembahasan mengenai artikel Contoh Soal kuat Arus Listrik, rumus, Satuan, Kuat, Hambatan, Pelajaran SMA. Semoga dengan artikel ini dapat menambah ilmu kepada teman – teman. Dan jika ada yang kurang jelas dari tulisan ini. Maka saudara atau pun saudari dapat bertanya di sini.

Adapun cara bertanya adalah dengan cara teman – teman meninggal pertanyaan pada kolom komentar yang sudah ada di bawah ini. Semoga dengan artikel ini dapat membantu saudara yang lagi membutuhkan rumus – rumusnya. Atau pun dengan contoh soal ini dapat membantu saudara.

Baca Juga :

Penutup

oke lah teman – teman ku. Itu saja dapa di sampaikan oleh penulis. Dimana tulisan ini adalah hasil tugas anak sma ( Sekolah Menengah Atas ). Dan pada artikel ini tidak di sampaikan semua. Dan sebagian lagi masih tercatat dalam buku yang ada pada catatan. Oke itu saja ya teman ku. Bagaimana tanggapan sahabat – sahabat ku tentang artikel ini. Berikan pendapat dan masukan dari teman – teman. Adapun kritik dan saran dapat di sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Diatei tupa hu batta haganupan. Dan baca juga pengolahan kelapa sawit menjadi CPO. KLIK DI SINI untuk membaca nya.