Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Populer di Sumatera Utara. Halo teman – teman kali ini kita akan berbicara mengenai tempat wisata di berastagi. Hal ini kita lakukan berdasarkan pengalaman kita berkunjung pada daerah ini. Dimana kita tahu bahwa wilayah berastagi adalah wilayah tanah Kabupaten Karo. Sehingga daerah ini banyak dihuni oleh masyarakat Orang Karo. Oleh sebab itu daerah ini memiliki bahasa dan adat. Nah berbicara tentang Tempat Wisata di Berastagi yang populer di sumatera Utara. Maka dengan artikel tempat wisata di berastagi ini. Dapat memberikan informasi yang berguna kepada teman – teman yang ingin berwisata ke berastagi dan penatapan barcelona dan arsenal yang ada di berastagi tersebut.

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang ada di Indonesia. Dimana sumatera utara merupakan suatu pemerintah yang bernama Gouvernement Van Sumatera dengan wilayah meliputi seluruh pulau sumatra. Dimana pusat pemimpinan sumatera Utara berada di Kota Medan. Sehingga tempat wisata di berastagi dekat dengan kota medan.

Dimana Sumatera utara telah terbentuk setelah kemerdekaan. Dimana pada sidang pertama Komite Nasional Daerah ( KND ) sumatera di bagi menjadi tiga Sub Provinsi yaitu sumatera Utara, sumatera Tengah dan sumatera Selatan.

Dimana provinsi Sumatera Utara adalah hasil penggabungan daerah Administratif yang dinamakan Keresidenan yaitu Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur dan Keresidenan Tapanuli. Demikianlah secara singkat tentang informasi Sumatera Utara. Maka selanjutnya kita kembali pada pembahasan Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Populer di Sumatera.

Semoga dengan adanya artikel Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Populer di Sumatera Utara. Mendapatkan nilai positif yang baik kepada masyarakat. Dan kita tahu bahwa sangat banyak sekali tempat wisata di daerah berastagi ini. Karena itu semoga teman – teman memahami artikel Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Populer di Sumatera Utara dengan baik.

Kenapa Harus ke Tempat Wisata di Berastagi

Tentu sebelum saya menjelaskan tentang daerah ini. Maka saya akan memberikan alasan terlebih dahulu. Mengapa harus berwisata di berastagi ini. Tentu kita mempunyai nilai – nilai positif yang dapat merekomendasikan daerah ini sebagai tempat hiburan atau berlibur. Maka berikut ini adalah alasannya mengapa ke Tempat wisata di Berastagi.

  1. Suhu daerah ini sangat sejuk atau dingin
  2. Berbagai wisata dengan harga yang terjangkau
  3. Dapat sebagai tempat – tempat foto – foto yang baik
  4. Wilayah yang mempunyai adat dan budaya
  5. Mempunyai berbagai wilayah wisata

Mungkin dengan hal – hal tersebut dapat memberikan nilai positif kepada teman – teman yang ingin berkunjung pada daerah ini. Dan tentu dengan nilai – nilai positif tersebut dapat memberikan minat yang baik kepada teman – teman.

Kabupaten Karo Sebagai Tempat Objek Wisata di Kecamatan Berastagi

Sebelum kita membahas mengenai tempat Wisata di Berastagi. Maka kita terlebih dahulu memahami daerah ini. Sehingga nanti kita akan dengan mudah memahami tempat wisata berdasarkan daerahnya. Jangan pula kita sama kan nanti atau di sama ratakan sebagai tempat wisata berastagi. Padahal tempat tersebut bukan lagi di kecamatan Berastagi. Maka berikut ini kita akan bahas dengan secara detail Sehingga teman – teman dapat dengan mudah mencari wisata di Tanah Karo.

Kabupaten karo adalah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi sumatera Utara, indonesia. Dan ibu kota kabupaten karo yang saat ini terletak di Kabanjahe. Wilayah Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.127,25 km2 dan berpenduduk sebanyak 415.875 jiwa pada tahun 2019.

Kabupaten Karo berlokasi di dataran tinggi karo, Bukit Barisan Sumatera Utara. Terletak sejauh 77 KM dari kota medan, Ibu kota Proviinsi Sumatera Utara. Wilayah Kabupaten Karo terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 sampai 1.400 meter di atas permukaan laut.

Oleh sebab ketinggian yang dimiliki tersebut cuaca di wilayah ini sangat sejuk. Dengan perkiraan suhu udara berkisar antara 16 derajat Celsius hingga sampai 17 derajat celsius . Adapun penamaan dari daerah karo di sebut juga dengan Tanah Karo Simalem.

Kabupaten Karo Terdiri dari 17 Kecamatan

Kabupaten Karo terdiri dari 17 kecamatan, 10 Kelurahan dan 259 Desa dengan luas wilayah adalah 2.127,00 km2. Adapun surat keputusan dari menteri dalam negeri No,118 pada tahun 1991. Dan surat keputusan gubernur KDH Tkt 1 Provinsi Sumatera Utara No. 138/21/1994 tanggal 21 mei 1994 tentang data wilayah administrasi pemerintahan di indonesia dan Sumatera Utara serta Peraturan daerah kabupaten Karo No.04 tentang pembentukan Kecamatan Dolat Rayat, Kecamatan Merdeka, Kecamatan Naman Teran, dan Kecamatan Tiganderket serta pemindahan ibu kota kecamatan Payung, maka di Kabupaten karo terdapat 17 kecamatan, 248 Desa serta 10 kelurahan . Maka berikut ini adalah daftar – daftar kecamatan yang ada di Kabupaten Karo.

  1. Barus Jahe
  2. Berastagi
  3. Dolat Rakyat
  4. Juhar
  5. Kabanjahe
  6. Kuta Buluh
  7. Laubaleng
  8. Mardingading
  9. Merdeka
  10. Merek
  11. Munthe
  12. Naman Teran
  13. Payung
  14. Simpant Empat
  15. Tigabinganga
  16. Tiganderket
  17. Tiganpanah

Demikianlah pembahasan mengenai kabupaten karo. Maka kali ini kita akan membahas tempat wisata di berastagi. Tentu teman – teman sudah tahu bahwa berastagi adalah sebuah kecamatan.

Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo

Berastagi adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara ( SUMUT ). Berastagi adalah salah satu Kota terbesar yang kedua di dataran tinggi Karo yaitu setelah Kota Kabanjahe. Dimana juga berastagi merupakan sebuah tempat kota wisata yang cukup populer di Indonesia khususnya di Sumatera Utara ( Sumut ).

Berastagi memiliki jarak dengan Kota Medan sekitar 67,4 KM.Dengan perkiraan jarak tempuh menggunakan mobil sekitar 2 jam 4 menit. Dalam kondisi lalu lintas yang normal.

Jarak Kecamatan Berastagi Dengan Kota Medan
Jarak Kecamatan Berastagi Dengan Kota Medan

Di berastagi ini mempunyai dua gunung yang masih aktif saat ini. Yaitu adalah Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Dan dimana dekat gunung sibayak ada tempat permandian panas. Dan dimana juga berastagi penghasil sayuran dan buah – buahan terbesar di Sumatera Utara. Bahkan dapat mengekspor ke Singapura dan Malaysia.

Tempat Wisata di Berastagi Yang Banyak di Kunjungi

Berikut ini beberapa tempat wisata yang banyak di Kunjungi oleh masyarakat. Dimana hal ini dapat menambah wawasan teman – teman sebagai tempat wisata di berastagi. Dan juga dapat memberikan informasi yang benar kepada teman – teman yang ingin berkunjung ke tempat wisata di Berastagi. Berikut di bawah ini adalah tempat – tempatnya.

1. Penatapan Sibolangit Jalan Menuju Berastagi

Sebelum kita sampai ke berastagi. Maka di sibolangit yang merupakan perbatasan antara Tanah Karo dengan Kabupaten deli serdang. Ada sebuah penatapan yang menjadi tempat wisata atau beristirahat pengunjung sebelum sampai ke berastagi Kabupaten Karo. Adapun penatapan tersebut adalah penatapan barcelona sibolangit. Yang dimana berada di tepat di Jalan Jamin Ginting KM 55 Desa Doulu Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang. Dan ketika anda beristirahat di tempat ini. Makanan tidak juga terlalu mahal – mahal. Sehingga jangan perlu anda takut dompet anda habis.

Penatapan Barcelona sibolangit
Penatapan Barcelona sibolangit

Sudah ada penatapan Barcelona di Sibolangit. Maka akan ada juga penatapan arsenal. Yang dimana lokasinya bersampingan dengan penatapan Barcelona. Dan dengan adanya penatapan ini dapat menambah minat anda untuk berkunjung pada daerah ini. Dan juga masih banyak tempat warungnya dapat anda gunakan sebagai tempat penatapan anda di sibolangit ini.

2. Permandian Panas Sidebuk – Debuk Berastagi

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata di Berastagi ini yaitu permandian Panas Sidebuk – debuk Berastagi. Adalah sebuah tempat wisata permandian air panas yang beralamat Daulu kecamatan Berastagi kabupaten karo Sumatera Utara 20357. Dimana lokasi tempat wisata permandian berastagi ini strategis dan mudah di dapat. Dimana terletak di jalan Utama desa doulu.

Tempat ini menjadi destinasi wisata pemandian air panas dari gunung Sibayak. Tempat ini mempunyai parkiran yang. Dimana ada parkiran bawah dan ada parkiran atas. Parkiran atas ini dapat mempermudah orang tua atau yang tidak mampu menaiki anak tangga.

Dan juga di lokasi ini kolamnya cukup bersih dan tersedia toliet dan kamar ganti pakaian yang banyak. Yaitu terdapat di berbagi sudut area permandian. Dan bagi anda yang ingin di cafe ada juga cafenya. Sehingga anda dapat menikmati kopi, teh, beer dan berbagai cemilan di cafe tersebut.

Dan dimana jarak tempuh menggunakan mobil dari pusat kota medan menuju tempat wisata di berastagi ini kira – kira memakan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan untuk sepedan motor kurang lebih 1 jam 20 menit. Dan untuk masuk ke kawasan ini di kutip 5.000 permobil untuk biaya parkiran. Dan sedangkan untuk masuk ke tempat permandian ini membayar 10 ribu per orang.

Nah untuk teman – teman untuk berkunjung ke wilayah ini sangat cukup bagus. Apalagi dengan air panas belerang yang dipercaya mempunyai khasiat untuk kesehatan.

Tempat Wisata di Berastagi permandian Air Panas
Tempat Wisata di Berastagi permandian Air Panas

3. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling adalah sebuah adalah sebuah bukit yang berada di Berastagi, Kabupaten Karo provinsi Sumatera Utara. Dimana bukit gundalling ini termasuk objel wisata di Berastagi. Bukit gundaling ini terletak pada 1.575 meter dari permukaan laut. Dimana dengan ketinggian tersebut menjadi salah satu objek wisata foto – fotO oleh masyarakat.

Baca Juga :

Dimana dengan ketinggian bukit tersebut. Dapat menjadi daya tarik untuk berfoto oleh kalangan masyarakat yang cinta akan berfoto.

Untuk lokasi masuk ke bukit gundaling ini biaya masuk adalah sekitar 5.000 per orang. Dan sedang kan biaya parkir sepeda motor dikenakan sekitar 3.000 per sepeda motor. Di wilayah bukit ini anda juga dapat mengendarai sebuah kuda untuk keling – keling. Dan anda juga anda dapat membeli baju wisata berastagi.

tempat wisata bukit gundaling berastagi
tempat wisata bukit gundaling berastagi

4. Taman Alam Lumbini

Taman alam lumbini adalah suatu bangunan replika Pagoda yang ada pada negera Myanmar. Dimana bangunan replika ini di bangun di Berastagi tepatnya di Barus Jahe, Dolat Rayat Kabanjahe, Kabupaten Karo Sumatera Utara 22171. Taman alam lumbini ini dibangun pada kawasan kurang lebih 3 hektar. Dimana taman alam lumbini ini merupakan Komplek International Buddhis. Yang dimana teman ini tempat ibadah umat agama Budha.

Dan dimana pagoda ini merupakan pagodda emas yang masuk dalam museum rekor indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Dengan bangunan tinggi 46,8 meter dan panjang 68 meter, dan lebar 68 meter.

Untuk berkunjung ke dalam lokasi wisata ini. Tidak perlu memakan biaya yang cukup mahal. Cukup hanya dengan memberikan uang sukarela pada kota yang sudah di sediakan.

Dan bagi teman – teman yang berkunjung pada daerah ini juga. Jangan membawa benda – benda tajam atau bahan – bahan yang berbahaya. Dan untuk masalah parkir di sini cukup luas dan gratis.

tempat wisataTaman Alam Lumbini Berastagi
tempat wisataTaman Alam Lumbini Berastagi

\

5. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar adalah sebuah tempat wisata di berastagi juga. Dimana lokasi danau Lau Tawar ini berada di desa Kutagugung Kecamatan Naman Teran yang dulunya kecamatan Simpang empat disebut. Dan danau lau Tawar ini berada di bawah kaki gunung Sinabung, Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara.

tempat wisata Danau Lau Kawar di berastagi
tempat wisata Danau Lau Kawar di berastagi

Untuk menuju lokasi ini di perkirakan memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan mobil. Dilokasi ini kita akan melihat tumbuhan hijau yang berada di dekat danau yang begitu sejuk. Maka tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dengan menikmati keindahan alam.

6. Air Terjun Sikulikap

Kali ini kita akan membahas mengenai tempat wisata di berastagi mengenai Air Terjun Sikulikap. Dimana air terjun ini berada di Desa Doulu Kabupaten Berastagi, Martelu, kecamatan Sibolangit, Provinsi Sumatera Utara. Dengan Kode Pos 20357.

Tempat wisata Air Terjun Sikulikap
Tempat wisata Air Terjun Sikulikap

Jalan menuju lokasi ini berada di dekat gapura perbatasan deli serdang dengan kabupaten Karo. Dan sumber air yang ada pada air terjun ini nerasal dari Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan.

Dan bagi wisatawan yang berkunjung ke sini anda dapat menikmati pemandangan Air Terjun ini yang di perkirakan ketinggian 30 meter. Dan dimana pada air terjun yang jatu terdapat di bawahnya batu – batu besar.

Sehingga ketika anda menaiki batu tersebut harus hati – hati di karenakan kemungkinan sebagian licin dan berlumut.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke lokasi ini. Dimana yang paling sering berkunjung adalah wisatawan pencinta alam dari berbagai kampus di medan. Maupun dari luar daerah.

Baca Juga :

7. Museum Pusaka Karo

Tentu sebagai pecinta barang – barang klasik atau pun pecinta adat karo tentu tempat wisata di berastagi ini yaitu Museum Pusaka Karo. Museum Pusaka Karo bagi yang ingin mengetahui barang peninggalan karo dahulu kala.

Museum Pusaka Karo terletak di Jalan Perwira No 3, Gundaling I, Berastagi, Kabuapten Karo, Provinsi Sumatera Utara 22152. Dimana tutup jam 17.00 sore.

Bangunan Museum Pusaka Karo dahulunya adalah Gereja Katolik. Dimana berdirinya museum ini di gagas adalah seorang Pastor Belanda bernama Joosten Leinardus Egidius yang sudah lama di Indonesia.

Dan museum ini juga bukanlah milik pemerintah. Dan banyak juga pengunjung dari berbagai negara antara lain Singapura, Malaysia, Belanda, Jerman, belgia, inggris, Amerika dan lain sebagainya.Maka bagi anda yang ingin mengetahui pusaka karo atau peninggalan sejarah karo. Anda dapat melakukan penelitian disini juga.

Tempat wisata di Museum Karo Berastagi
Tempat wisata di Museum Karo Berastagi

8. Tempat Wisata di Mikie Funland

Siapa yang tidak dengan tempat wisata hiburan yang satu ini yaitu Mikie Funland atau atau dikenal dengan Mikie Holiday. Mikie Holiday adalah salah satu Taman Hiburan yang ada di Jalan Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dengan kode pos 22152. Dimana untuk hari senin tempat ini buka 01.30.

Dan di Taman hiburan ini terdapat kurang lebih 35 wahana untuk segala usia. Dan juga terdapat restoran di wisata hiburan ini. Dan untuk tiket masuk ke wahana ini adalah cuma 100 ribu. Dan anda bebas bermain wahana apa saja di lokasi ini.

Maka bagi anda yang berliburan bersama keluarga tempat ini sangat rekomendasi bangat. Dan juga bagi teman – teman yang ingin berkencan dengan pacar. Maka tempat ini sangat rekomendasi juga.

tempat Wisata Mike Holiday di Berastagi
tempat Wisata Mike Holiday di Berastagi

Bagi anda yang ingin menikmati liburan anda sangat tepat sekali berlibur di sini juga. Dimana dengan membayar uang masuk seharag 100 ribu. Maka anda akan dapat menikmati wahana yang telah ada di sini.

9. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak adalah merupakan sebuah objek wisata juga. Gunung sibayak ini adalah sebuah tempat wisata rata – rata yang berkunjung adalah mahasiswa pencinta alam atau pun dari masyarakat.

Dimana Gunung Sibayak merupakan gunung berapi dan terakhir meletus pada tahun 1881. Dan setiap 17 agustus di gunung sibayak diadakan upacara rutin serta lomba panjat pinang dari seluruh pencinta alam. Dimana pecinta alam ini dari berbagai macam ataupun berbagai penjuru.

Nah, bagi anda yang suka berkemah dan ingin menikmati alam dari gunung. Ini adalah tempat yang sangat tepat untuk anda yang ingin merasakannya. Maka persiapkan peralatan anda untuk berkemah di sini.

Dan bagi anda yang berkemah di sini juga. Supaya memperhatikan kebersihan alam ini. Jika anda ingin berkemah. Dan tentu jangan membuang sampah sembarangan tempat.

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak oleh Achmad Syahrizal

10. Bukit Kubu Berastagi

Bukit Kubu Berastagi adalah sebuah lokasi tempat bersantai yang berada di Jalan Jamin Ginting, Sempajaya Kabupaten Karo provinsi Sumatera Utara. Dimana lokasi ini berjarak kurang lebih 60 KM dari Medan. Dengan memakan waktu tempu sekitar 1 jam 45 menit dari kota medan.

Tempatnya sangat yaman, lokasi yang jauh dari keramaian jalan raya namun termasuk strategis. Akses jalan yang bagus dan beraspal lurus. Lokasi parkir yang luas, lingkungan yang bersih dengan hamparan rumput yang hijau seperti karpet, nyaman untuk bersantai karena pepohonan yang rimbun. Fasilitas lengkap seperti, toilet, mushollah, penginapan, area bermain anak, resto, dan lain lain.

dengan harga tiket masuk 200 ribu rupiah per-mobil, sudah termasuk sewa tikar layangan untuk bermain juga parkir area.

Disini sangat cocok untuk bermain layangan, kincir angin dan gelembung sabun karena lokasi dataran tinggi karena banyak angin sepoy-sepoy.

Selain hamparan padang rumput yang luas, kita juga dimanjakan dengan pepohon cemara yang rimbun, aneka macam tanaman bunga dataran tinggi yang indah, dan pegunungan yang seperti mengelilingi Bukit Kubu ini.

tempat Wisata di Bukit Kubu Berastagi
tempat Wisata di Bukit Kubu Berastagi oleh Erwin Firmansyah

11. Pasar Buah Berastagi

Nah, Bagi teman – teman yang sudah berwisata mulai dari wisata teman, alam dan hiburan. Kali ini ada tempat wisata di berastagi yang disebut orang Pasar Buah . Dimana pasar Buah Berastagi ini berada di Jalan Gundaling Tambak Lau, Mulgap I Kecamatan Berastagi kabupaten karo Provinsi Sumatera Utara.

Dipasar Buah Berastagi ini anda dapat berbelanja berbagai buah yang masih segar – segar. Oleh sebab itu tempat ini sangat layak kita dan kamu untuk mengunjungi.

Orang luar yang berkunjung ke Medan wajib sampai di sini, Kurang lebih sekitar 1,5 jam dari kota Medan menggunakan mobil. Tempatnya sejuk banget, kalo kesini jangan lupa bawa jaket ya. Buah nya seger-seger, jenis buah dan sayur banyak banget, banyak bule, kuda, dan kelinci. ohhh iya disini juga banyak dijual bunga edelweis.

Kalau masalah penginapan tenang.Tempatnya strategis banget banyak hotel kelas atas hingga menengah di kota Berastagi ini, hotel-hotel di kota Berastagi ini terkenal dengan tamannya cukup luas.

Sekitaran lokasi ini banyak tempat wisata yg bisa kalian kunjungi yg nggak kalah keren. Contoh: Bukit kubu, Taman Alam Lumbini, pemandian air panas,Dan dari lokasi ini menuju danau Toba bisa ditempuh sekitar 1,5 jaman.

 Pasar Buah

Demikianlah artikel ini di buat. Semoga dengan adanya artikel ini. Membuat anda makin betah berwisata ke Tanah Karo. Dan tentu dengan wilayah yang sangat nyaman untuk berkunjung. Dan semoga teman – teman lebih baik lagi berwisata di tempat ini.Dan di harapkan juga lebih banyak lagi pengunjungnya.

Baca Juga :

Persiapan Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Populer di Sumatera

Bagi teman – teman yang ingin ke tempat wisata berastagi tentu teman – teman harus memahami kenyamanan dan keamanan untuk sampai ke tujuan. Nah ada beberapa faktor yang anda harus persiapkan untuk dapat ke tempat wisata berastagi. Salah satunya adalah memperhatikan kondisi motor anda. Maka berikut ini adalah beberapa hal yang anda harus perhatikan.

  • Kondisi Kesehatan Keluarga ( Diharapkan semua dalam keadaan Fit atau Sehat )
  • Perhatikan kondisi Ban Mobil / Sepeda motor.
  • Servis Kendaraan transportasi anda sebelum berangkat.
  • Bahan Bakar transportasi di harapkan selalu berisi dengan normal.
  • Keuangan
  • Lokasi Tujuan yang akan di Capai
  • Peralatan atau perbekalan yang akan di perlukan baik suami anak, bayi, istri ataupun yang lainnya.

Demikianlah hal – hal yang perlu anda perhatikan. Supaya teman — teman dapat menikmati liburan anda dengan indah dan penuh dengan momen kebahagian. Dan jangan lupa juga ketika berada di tempat wisata supaya memperhatikan keluarga atau pun anak – anak yang harus di jaga.

Penutup

Demikianlah tema – teman supaya dapat membaca artikel ini dengan baik – baik. Dan bagi teman – teman yang mempunyai pengalaman di tempat wisata berastagi ini. Dapat juga memberikan pengalaman nya di sini. Adapun pengalamannya adalah dengan memberikan komentar anda bagaimana perasaan anda ketikan berwisata di Tanah Karo.

Dimana ketika teman – teman memberikan pengalaman atau pun komentar dapat membangun kemajuan akan tempat wisata pada tanah karo ini. Dan mungkin juga teman – teman dapat memberikan kritikan dan saran yang dapat memberikan kemajuan.Mungkin itu saja yang perlu di sampaikan semoga teman – teman dapat berlibur dengan baik dan tentu dengan menikmati suasana tersebut

Mungkin itu saja yang dapat di sampaikan melalui artikel pembahasan Tempat Wisata di Berastagi Yang Paling Populer di Sumatera ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat sekalian. Dan juga dapat menambah wawasan kita tentang tempat wisata di Berastagi tanah karo.

OKE lAH. Horas, majuah – juah. Semoga teman teman dapat berlibur dengan momen yang bahagia dan penuh kesan. Terima kasih semua teman – teman ku.