Baju Adat Batak Simalungun Yang ASLI dan Bagus pakaiannya Is The Best. Horas hu batta haganupan. Simalungun adalah sebuah kabupaten yang penduduk nya aslinya adalah batak simalungun. Dan sebagian lain ada yang datang dari india, cina dan jawa. Berbicara pakaian baju adat batak simalungun tentu sangat lah ke banggaan bagi kita. Saya sebagai batak simalungun kali ini akan membahas mengenai pakaian adat kita. Dimana dalam pakaian adat simalungun ini dipakaian ketika menikah. Dan di pakai dalam acara – acara tertentu. Maka kita harus membahas hal ini dengan baik di sini.

Dimana marga – marga yang dahulu ada pada wilayah kabupaten ini adalah Marga Sipayung, Girsang, Damanik, Saragih dan purba. Dan di ikuti dengan marga – marga lain yang dari batak toba. Namun seiring perkembangan atau penyebaran marga marga ini sudah bercampur dengan suku lain. Bahkan ada marga – marga yang menonjolkan marga – marga subnya. Sehingga di khawatirkan simalungun akan kehilangan ke simalungunannya.

Akan tetapi ada marga yang tidak selalu menonjolkan subnya yaitu adalah Marga sipayung. Marga sipayung ini lah yang jarang menonjolkan sub marga nya. Sehingga sipayung adalah simalungun asli tok. Maka Sipayung adalah simalungun asli pada saat ini yang tidak menunjukkan sub marganya. Hal ini lah yang membedakan dengan marga – marga lain.

Berbicara mengenai Pakaian Baju Adat simalungun. Berikut di bawah ini adalah adalah gambaran yang dapat anda lihat mengenai pakaian adat simalungun ini.

Baju Adat Batak Simalungun
Baju Adat Batak Simalungun

Ada beberapa penting yang perlu di ketahui tentang Baju Adat simalungun yaitu adalah sebagai berikut.

  • Penutup kepala untuk pria disebut dengan gotong dan untuk bajunya selalu memakai jas hitam.
  • Sedangkan untuk penutup kepala perempuan disebut dengan bulang dengan baju yang dominan putih.
  • Salendang Atau hadang – hadang
  • Tas Simalungun

Berikut ini beberapa penampilan dari halak simalungun. Yang dapat kita lihat. Semoga dengan foto ini menambahkan diri anda akan kecintaan akan simalungun. Semoga ini bermanfaat.

Foto – Foto Berbusana Pakaian Adat Batak Simalungun

Berikut ini beberapa penampilan orang simalungun. Apakah anda tertarik dengan budaya daerah kami. Hihi semoga teman – teman tertariknya.

Momen  pernikahan Halak Simalungun Pulang dari Gereja
Momen pernikahan Halak Simalungun Pulang dari Gereja

Lagi Mandoding pas pernikahan
Lagi Mandoding pas pernikahan

Lagi I sumbang Pas Mandoding
Lagi I Sumbang Pas Mandoding

Manurduk Nitak Makanan Khas Batak Simalungun
Manurduk Nitak Makanan Khas Batak Simalungun

Demikianlah baju adat Batak simalungun. Yang dimana harus di kembangkan terus menerus. Dan dimana jangan lupa supaya teman – teman mempelajari budaya kita. Bahwa budaya kita adalah jalan kita untuk mengenalkan bangsa kita ke manca negara.

Memahami Adat Batak Simalungun

Di budaya adat Batak Simalungun adad beberapa makanan khas yang menjadi sebuah hidangan. Dimana ada dayok binatur, ada si oppat nahei sebagai jambar, ada nitak dalam pernikahan. Dimana hal tersebut di buat sebagai ciri khas budaya kami. Untuk pembahasan mengenai dayok binat anda dapat membacanya dengan meng KLIK DISINI.

Pada gambar di atas sudah ada gambar memberikan Nitak. Itu adalah termasuk kebudayaan kami. Yang dimana hal ini harus kami kembang terus menerus. Sehingga menjadi hal yang berguna kepada masyarakat kami. Baik dari luar daerah kami dan di dalam daerah kami.

Semoga dengan adanya artikel baju adat batak simalungun ini dapat menambah wawasan kita dan ke cintaan kita terhadap budaya kita. Semoga teman – teman juga jangan malu untuk mengembangkan budaya kita. Dimana kita mempunyai gotong, bulang dan hiou sebagai ciri khas daerah kita.

Dan saya sebagai penulis yang akan cinta terhadap budaya kita. Maka saya terus mempelajari akan kebudayaan kita ini. Supaya tidak hilang atau pun di lupakan pada generasi selanjutnya.

Saya mengetahui banyak sekali teman – teman yang pernah melihat pakaian adat kita yang salah di gunakan. Dan juga mengunakan gotong yang salah. Hal ini sangat terkadang membuat saya sedih. Semoga dengan adanya artikel ini teman – teman dapat memberikan masukan yang membangun terhadap budaya kita.

Dan teman – teman yang kurang mengerti juga bahasa simalungun. Maka belajar lah mengenai bahasa kita. Supaya ke depannya jangan anak dan cucu kita tinggal marga aja. Jika mereka kurang mengerti atau tidak paham dengan bahasa kita. Maka mereka adalah orang – orang yang termasuk menghilangkan bahasa kita.

Maka kepada orang tua supaya tetapkan mengajarkan anaknya bahasa batak simalungun dimana pun berada. Karena bahasa adalah yang mempersatukan dari dahulu. Dan dengan artikel baju adat batak simalungun ini dapat memberikan wawasan kita dan semangat akan budaya kita.