Zodiak Batak Meramal Karakter manusia Menurut Parmesa Nasampulu Dua. Siapa tidak sangka ternyata orang batak sendiri mempunyai zodiak yang sudah lama di kenal sejak dahulu kala. Maka berikut ini berbagai zodiak batak yang dapat anda lihat. Dan sesuaikan dengan karakter anda dan zodiak batak anda. Berbagai gambar zodiak batak dan istilah sesuai dengan tanggal lahir akan dapat anda lihat di bawah ini.

Zodiak adalah astrologi yang digunakan untuk meramalkan nasib dan kepribadian seseorang. Zodiak dengan nama rasi bintang ini berasal dari tradisi Yunani. Nah, Leluhur orang Batak juga memiliki kearifan untuk meramalkan krakter seseorang dengan membaca ramalan Parmesa na Sampulu dua.


Zodiak dalam tradisi peramalan Batak disebut dgn PARMESA NA-12, adalah 12 rasi bintang dalam bahasa Sanskrit yg biasa dituliskan para datu pada Pustahanya. Zodiak tersebut menggambarkan karakter seseorang tergantung penanggalan kelahirannya. Namun karena bahasa Sanskrit kalah populer dengan latin sehingga nama rasi bintang diucapkan dan disesuaikan ejaan dgn bahasa latin. Perlu diingat, rentang penanggalan yg berhubungan dengan jenis rasi bintang tidak selalu sama dengan Zodiak yang kita kenal selama ini.


Cukup menarik, Simbol binatang pada rasi bintang sering diadaptasi dgn jenis binatang di tanah Batak. Misalnya, Singa (rasi bintang Leo) disimbolkan dengan Babiat (harimau) karena di tanah Batak tidak ada binatang singa. Demikian juga Harahata (rasi bintang Canser) pada zodiak Batak disimbolkan dengan Tohuk (katak) padahal rasi Canser bersimbol kepiting. Sedangkan Mena (rasi Pices) sama-sama bersimbol ikan. Mahara (Capricornus) di Batak di simbolkan gurampang dan lain – lain.

Baca Juga :

Zidiak Batak dan Gambarnya

Berikut di bawah ini berbagai zodiak batak beserta dengan keterangan gambarnya. Maka anda yang ingin membaca karakter pasangan anda ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahui karakternya.


1. Harata dilambangkan dengan Katak Besar ( 31 januari sampai dengan 8 februari )
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah Harata-dilambangkan-dengan-Katak-Besar.jpg
Harata

Keterangan harata : dimulai dari 31 januari sampai dengan 8 februari. Dengan memiliki karakter. Orang yang lahir pada zodiak ini tekun, pantang mundur, dan tidak mudah percaya pada orang lain.

2. Marhumba di lambangkan dengan Guci ( 9 februari sampai dengan 10 maret )
Marhumba

Keterangan : Marhumba dilambangkan dengan guci. Yang dimulai dari 9 februari sampai dengan 10 maret. Dengan karakter mudah beradaptasi, banyak akal, tetapi pelupa.




3. Mena dilambangkan dengan ikan ( 11 maret sampai dengan 12 April )
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah Mena-dilambangkan-dengan-ikan.jpg
Mena

Keterangan : Mena : Dimulai dari 11 maret sampai dengan 12 April. Memiliki karakter Suka mengalah, lincah, tetapi agak pelit.



4. Gorda di lambangkan Kambing
Gorda

Keterangan : Gorda : Dimulai dari 13 April sampai dengan 14 Mei. Memiliki karakter cengeng, punya keinginan tahuan yang besar, memiliki sikap terbuka, dan pantang mundur.

5. Marsoba di Lambangkan dengan Kupu – Kupu
Marsoba

Keterangan : Marsoba dimulai dari 15 mei hingga dengan 16 juni. Memiliki karakter sabar, telaten, pandai berhemat, tapi bisa berbahaya kalau sedang marah.

6. Nituna Dilambangkan dengan Cacing Tanah ( 17 juni sampai dengan 18 juli )
Nituna Dilambangkan dengan Cacing Tanah
Nituna

Keterangan : Nituna di lambangkan dengan cacing tanah yang dimulai dari 17 juni sampai dengan 18 juli. Memiliki karakter orangnya tidak teguh pendirian alias plin plan tapi bersifat terbuka terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.



7. Makara Dilambangkan Dengan Kepiting ( 19 juli sampai 20 Agustus )
Mahara

Mahara dilambangkan dengan kepiting dimulai dengan 21 agustus sampai dengan 22 september. Dengan karakter perasaan halus, suka menyendiri dan senang foya – foya.






8. Singa Babiat dilambangkan dengan Harimau ( 21 agustus sampai dengan 22 september )
Babiat

Keterangan Singa babiat : dilambangkan dengan harimau.Yang dimulai tanggal 21 agustus sampai dengan 22 september. Dengan memiliki karakter pribadi yang kritis dan terus terang. Meski begitu, ia gampang emosi.

9. Hania dilambangkan dengan burung elang ( 23 September sampai dengan 24 oktober )
Hania

Keterangan hania dilambangkan dengan burung elang : Yang dimulai dengan 23 September sampai dengan 24 oktober. Dengan mempunyai karakter pribadi yang kritis dan selalu rapi dalam bekerja. Tetapi kurang terbuka dalam menerima pendapat.

10. Tola dilambangkan dengan menembak ( 25 Oktober sampai dengan 26 November )
Tola

Tola di lambangkan dengan menembak : Yang dimulai dengan 25 Oktober sampai dengan 26 November. Dengan memiliki karakter Meski halus ia tidak pernah tersinggung, sulit beradaptasi.

11. Martiha ( 27 November sampai dengan 28 Desember. )
Martiha

Keterangan : Yang dimulai dari 27 November sampai dengan 28 Desember. Yang mempunyai karakter mempunyai semangat yang kuat tetapi cenderung tertutup.

12. Dano dilambangkan dengan penembak ( 29 Desember sampai dengan 30 januari )
Dano

Keterangan dano yang dilambangkan penembak. Dengan dimulai dari 29 Desember sampai dengan 30 januari. Yang mempunyai karakter cerdas, rajin, pemberani,tapi kadang sombong.

Keterangan Singkat Tentang Zodiak Batak

Koleksi Museum Bronbeek-Belanda.
TRANSLITERASI:

  1. MESA hambing ma inon ale datu. (Kambing)
  2. MARSOBA saba saba ma i (kupu-kupu)
  3. NITUNA goea ma inon. (cacing tanah)
  4. HARAHATA tohuk ma inon (Kodok besar)
  5. SINGA babiat ma inon ale datu (harimau)
  6. HANIA lali ma i ale amang datu nami (Elang)
  7. TULA (Tola?) hayu ma inon (Pohon)
  8. MENA bulan hurung denghe (Ikan)
  9. MORTIHA batu. (Batu)
  10. DANO ayok. (air)
  11. MAHARA sigurampang (kepiting)
  12. MARHUMBA hajo ma inon. (Guci)

Marhumba (Aquarius), Mena (Pisces), Gorda (Aries), Marsoba (Taurus), Nituna (Gemini), Morhara (Cancer), Babiat (Leo), Hania (Virgo), Tola (Libra), Martiha (Scorpio), Dano (Sagitarius). Harahata (Capricorn).

Catatan: Perhatikan 12 (dua belas) gambar binatang sebagai simbol pada rasi bintang pada Pustaha di atas ini. Sumber : Manguji Nababan.

Demikianlah zodiak batak ini yang sudah lama di buat. Maka anda yang mempunyai keinginan tahuan tentang zodiak maka dapat anda belajar di atas.

Catatan :

  1. Bagi anda yang mengambil data pada situs ini. Diharapkan memberikan sumber dari situs kami.
  2. Lestarikan lah budaya anda dengan baik.
  3. Demikianlah ini kami tuliskan semoga bagi anda yang sedang ingin mempelajari ini dapat menambah wawasan anda. Demikian kami tuliskan terima kasih.