Katolik,Bolehkah Orang Kristen Bercerai Dan Menikah Lagi

Katolik Berdasarkan Alkitab tentang Apakah Orang Kristen Dapat Bercerai Dan Menikah Lagi
5/5 - (1 vote)

Katolik, Bolehkah Orang Kristen Bercerai Dan Menikah Lagi. Hari ini penulis akan membahas sebuah tentang perceraian pada pada hidup orang kristiani. Penulis menyadari banyak sekali pemahaman yang salah terhadap firman tuhan. Berikut ini adalah pandangan Iman Katolik penulis tentang perceraian.

Perceraian Menurut Alkitab Perjanjian Baru

Matius 19 : 1 – 12. Setelah Yesus selesai dengan pengajaran-Nya itu, berangkatlah Ia dari Galilea dan tiba di daerah Yudea yang di seberang sungai Yordan. 19:2 Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia dan Ia pun menyembuhkan mereka di sana. 19:3 Maka datanglah orang-orang Farisi kepada-Nya untuk mencobai Dia. Mereka bertanya: “Apakah diperbolehkan orang menceraikan isterinya dengan alasan apa saja?” 19:4 Jawab Yesus: “Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? 19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

19:7 Kata mereka kepada-Nya: “Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?” 19:8 Kata Yesus kepada mereka: “Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. 19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.

19:10 Murid-murid itu berkata kepada-Nya: “Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin.” 19:11 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja. 19:12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.”

Baca Juga :

Penjelasan Iman Katolik Berdasarkan Alkitab tentang Apakah Orang Kristen Dapat Bercerai Dan Menikah Lagi

Sering sekali kutipan dari berbagai pemimpin gereja menjelaskan tentang perceraian yang hanya mengutip ayat – ayat Alkitab dengan sepatah – patah sehingga salah dalam menjelaskan Bolehkah Orang Kristen Bercerai Dan Menikah Lagi. Maka penulis akan menjelaskan secara jelas tentang penceraian yang sebenarnya. Mengapa penulis memuat dalam konteks katolik karena penulis adalah seorang katolik tentu penulis harus menyampaikan sesuai dengan keyakinan penulis.

Menurut Alkitab : Dalam matius 19 : 6 dituliskan Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” menegaskan bahwa orang kristen tidak dapat bercerai. Dan pada matius 19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah. Penjelasan : Dikatakan bahwa dapat bercerai jika ada yang melakukan zinah. Akan tetapi Jika sudah bercerai maka tidak dapat menikah lagi dengan orang lain. Jika menikah lagi dengan wanita lain maka sama saja orang tersebut melakukan Zinah.

Pertanyaan : Maka dimana kah yang akan anda pilih. Bercerai karena ada yang berzinah akan tetapi tidak dapat menikah lagi dengan wanita lain. Atau anda tetap mempertahankan istri anda dan memaafkan semua kesalahannya.

Memang pemahaman ini memang sulit dimengerti bagi semua. Maka ketika anda menjumpai seseorang yang menyatakan bahwa orang dapat menikah lagi ketika sudah bercerai maka sebaiknya anda memberikan sebuah penjelasan ini. Apakah dia memahami secara alkitab atau memahami konteks ini berdasarkan naluri kebutuhan Jasmaninya.

Maka bagi teman – teman yang sedang mengalami masalah rumah tangga. Baiklah engkau membawa semua itu di dalam nama yesus kristus. Bukan membawa dalam jasmani anda jika anda membawa menurut jasmani anda maka emosional akan meningkat. Maka baiklah engkau memahami firman yesus kristus.

Saran Penulis Tentang Orang Kristen Bercerai Dan Menikah Lagi

Bagi teman – teman yang sedang ingin bercerai baiklah engkau memahami iman kristiani dengan benar – benar. Renungkan dan mintalah petunjuk kepada tuhan yesus kristus. Janganlah engkau membawa semua masalah kedalam dirimu sendiri. Sebab anda punya iman kristiani sebagai iman anda.

Dan jika anda mengalami masalah maka sebaiknya pergilah ke kamar anda. Berdoalah mintalah kepada yesus kristus jangan lupa terus meminta petunjuk. Dan saran penulis baiklah engkau jangan bercerai sesuai dengan iman kita. Maka berilah waktu kepada tuhan allahmu untuk hadir pada dirimu.

Dan jangan lupa saling mengingatkan kepada teman – teman, keluarga, sahabat kita tentang firman tuhan ini. Karena inilah firman tuhan kita yang sebenarnya yang bukan menurut daging kita, melainkan menurut dia yang maha kuasa dan pencipta langit dan bumi. Demikianlah sabda ini syukur kepada allah amin. Demikianlah penjelasan bolehkah orang kristen bercerai dan menikah lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *