Lagu Simalungun Lama dan Jhon Eliaman Saragih Penyanyi Top

Lagu Simalungun Lama dan Jhon Eliaman Saragih Penyanyi Top
3.5/5 - (6 votes)

Lagu Simalungun Lama dan Jhon Eliaman Saragih Penyanyi Top. Semakin tahun atau semakin tinggi tahun tidak semerta – merta halak batak hita malupahon lagu sapariin. Jadi halani ai ma. Ipasingat hita ma sondahan on lagu simalungun lama. Pakon lagu Jhon Eliaman Saragih na sapariondi. Maka sebelum penulis membahas lagu Simalungun Lama dan Lagu Jhon eliaman Saragih. Maka penulis akan menjelaskan berbagai lagu simalungun yang sudah kurang di dengar lagu pada perkembangan zaman ini.

1. Lagu Simalungun Sitalasari

Lagu sitalasari adalah lagu simalungun lama ( Sapariondi, naboron, nadokah ) lagu ini sangat sering dinyanyikan ketika ada upacara pernikahan pada Batak Simalungun. Lagu ini sangat enak dengan alunan musiknya. Berikut di bawah ini anda dapat mendengarkan lagu dan anda dapat menulis lirik lagu ini. Semoga anak muda simalungun dapat membuat lagu ini kembali sesuai dengan aslinya. Yang dimana menurut penulis lagu aslinya ini sangat lebih menyentuh hati. Bagaimana dengan perasaan anda ketika mendengar lagu ini.

2. Tolu Sahundulan lagu Lamser Girsang

Tolu Sahundulan merupakan sebuah ciptaan penyanyi legendaris simalungun. Dimana lagu ini merupakan juga filsafah paradaton bani halak simalungun. Lagu seperti ini lah yang sebenarnya di ciptakan menurut adat dan kebudayaan halak simalungun. Penulis sangat menggemari lagu lama simalungun ini. Berikut di bawah ini anda dapat mendengarkan lagu ini. Dan jangan lupa subcribe penyanyi lagu aslinya melalui channel you tube nya.

3. Deideng – Deideng

Deideng merupakan sebuah lagu yang tak kalah saing dengan lagu simalungun sekarang ini. Penulis menyatakan bahwa lagu lama ini lebih memiliki makna dan menggambarkan kehidupan halak simalungun ini. Penulis sangat menyukai lagu sapariondi dari pada lagu sekarang. Dan lagu deideng ini pasti sering dinyanyikan pada saat melakukan adat istiadat pernikahan simalungun. Berikut di bawah ini adalah dapat anda mendengarkan dari lagu simalungun ini.

4. Mamulung Tawar- Lagu Lama

Mamulung Tawar merupakan sebuah tren lagu simalungun pada masa dulu. Dimana lagu ini memang menggambarkan kehidupan simalungun yang mempunyai pengobatan tradisional dengan pulungan tawar. Akan tetapi obat tradisional Batak simalungunn ini sudah jarang dipakai. Dan satu lagi pada zaman dahulu atau bahasa simalungunya sapariondi. Halak simalungun masih kental dengan dukun dan mantra ( Bahasa simalungunnya Tabas ). Berikut ini adalah lagu yang menggambarkan seorang pemuda simalungun yang sedang patah hati. Ditinggalkan seorang kekasihnya. Berikut di bawah ini anda dapat menikmati lagunya.

5. Lagu Elvi

Elvi merupakan sebuah lagu zaman dahulu ( Sapariondi ) lagu ini diciptakan oleh Damma Silalahi dan dinyanyikan oleh Sobat Sitopu. Lagu ini sangat menyedihkan karena diduakan oleh pacarnya. Yang dimana mereka pertama kali bertemu di Sirpang Sigodang dekatkan Merek raya. Berikut di bawah ini klip videonya.

6. Iluh Ni Inang – Ciptaan Lamser Girsang

Iluh Ni Inang merupakan lagu ciptaan oleh bang lamser Girsang. Lagu ini diutarakan kepada ibunya supaya sehat – sehat dan panjang umur. Berikut ini adalah lagunya.

7. Gumis Ni Huting

Siapa yang tidak kenal dengan lagu Gumis Ni Huting ini. Lagu ini merupakan lagu yang tren pada tahun 2000 an. Yang dimana penyanyi adalah Jhon Eliaman Saragih. Yang dimana sampai sekarang masih eksis bernyanyi di berbagai tempat. Berikut di bawah ini adalaha lagu Gumis Ni Huting yang dapat anda dengar.

8. Cinta Kelapa

Cinta Kelapa merupakan sebuah lagu lama. Dimana lagu ini sangat menyentuh bagi anda yang mengalami pacaran yang bertepuk sebelah tangan. Lagu ini bercerita tentang perempuan yang cintanya bertepuk sebelah tangan. Berikut di bawah ini adalah video klipnya.

9. Bapa Na Bujur- Damma Silalahi

Siapa yang tidak kenal dengan seorang pencipta lagu dan penyanyi lagu simalungun ini. Lagu – lagu lama nya yang dulu sangat populer. Salah satu lagunya yang populer yaitu Bapa Na Bujur. Dimana lagu ini sangat menyentuh bagi orang yang bapanya sudah mati. Dan meninggalkan seorang ibu dan anaknya. Berikut di bawah ini adalah lagunya. Dan masih banyak lagu yang dinyanyikan oleh damma Silalahi ini.

Demikianlah lagu lama simalungun ini. Dan semoga banyak penyanyi simalungun yang memiliki kualitas yang bagus baik nyanyi langsung maupun tidak langsung. Seperti penyanyi Jhon eliaman yang memang memiliki suara yang bagus.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *