Obat Herbal Tradisional Batak Simalungun Yang wajib Anda Tahu. Daerah simalungun merupakan kawasan yang sangat banyak sekali tumbuh – tumbuhan yang sangat tumbuh menjamur. Dan sehingga pada kala itu itu leluhur halak ( Orang ) simalungun menggunakan bahan – bahan tumbuhan dalam pengobatan. Dan pengobatan menggunakan tumbuhan – tumbuhan yang diambil dari hutan atau tanah simalungun ini mampu mengobati berbagai penyakit. Berikut ini berbagai Obat Herbal Tradisional Batak Simalungun Yang wajib Anda Tahu.

1. Torbangon

Torbangon atau di kenal juga bangun – bangun adalah salah satu tumbuhan yang dapat di jumpai di daerah ini. Pada umumnya torbangun ini di gunakan oleh masyarakat sebagai obat sariawan. Adapun cara penggunaan adalah dengan cara mengunyah – unyah beberapa daun torbangon ini. Dan kadang – kadang daun torbangon ini digunakan campuran sop daging.

2. Topu

Topu adalah tumbuhan yang sering di jumpai pada simalungun atas. Topu ini dapat di jumpai di hutan simalungun. Topu ini sering juga di gunakan masyarakat simalungun untuk sebagai sayur. Namun manfaat dari daun topu ini adalah salah satu sebagai obat demam. Adapun cara penggunaan nya adalah mengambil segenggam daun topu. Dan lalu di diputar – putar atau diperas menggunakan air. Maka air tersebut akan berwarna hijau dikarenakan adanya zat yang keluar dari daun topu ( Bulung Topu ) tersebut.

3. Pulungan

Pulungan adalah salah satu metode pengobatan tradisional halak ( Orang ) simalungun. Dimana pulungan ini adalah salah satu cara pengobatan dengan menggunakan berbagai tumbuhan – tumbuhan yang direbus dalam wadah. Adapun berbagai tumbuhan yang dipakai adalah Bulung sihala gundi, sangge – sangge, simarbau tois dayok, galunggung, bulung ambotik na gorsing, buulung ni uttei, nilam, demban, bulung huning, bulung ni galuh, dan masih banyak jenis tumbuhan lain – lainnya. Dan kami pun pernah melihat hal ini di gunakan salah pengobatan tradisional yang langsung turun ke jalan. Dan membawa semua rempah tersebut di dimasak dalam kuali. Dan hasil dari rebusan tersebut mereka jual mulai dari 15.000 hingga 50.000 perbotol.

Adapun cara penggunaan pulungan ini adalah dengan cara memanaskan pulungan tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih matikan kompornya lalu ambil sarung lalu dalam satu sarung tersebut anda dengan pulungan tadi. Usahakan hawa dari pulungan tersebut tidak keluar dari sarung anda. Dalam bahasa simalungun disebut manrohop atau manrokkop.

4. Kosaya Rih atau Tina Tuk – Tuk

Kosaya rih atau Tina tuk – tuk da juga bilangnya hosaya. Kosaya rih ini merupakan sebuah obat yang di ambil dari tumbuhan – tumbuhan di simalungun. Adapun bahan – bahan yang di gunakan adalah kencur, kunyit, lada hitam, dan lain – lain. Fungsi dari obat tradisional ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Dan tentu akan terasa jika anda menggunakan efek dari obat tradisional ini. Tentu salah satunya adalah tahan dengan hawa dingin. Dinegara tanah karo masih banyak di jumpai makanan kosaya rih ini. Maka bagi anda yang pekerja keras atau yang bekerja pada malam hari maka kosaya rih adalah makanan yang tepat anda gunakan atau konsumsi minimal 1 kali dalam 1 hari.

Baca Juga :

.

5. Simandulpak

Simandulpak adalah tumbuhan liar yang ada di simalungun. Adapun yang digunakan adalah daun simandulpak untuk mengobati bayohan ( bisul ). Cara penggunaan dari daun simandulpak ini adalah dengan cara di dipuyuh ( diputar ) daun tersebut ke tangan hingga daun tersebut kusut. Setelah daun itu kusut maka tempelkan pada bayoh ( bisul ) anda.

6. sabal

Sabal merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di hutan simalungun. Adapun manfaat dari tumbuhan ini adalah kulitnya. Yang dimana kulit sabal di percayai dapat menyembuhkan rematik. Cara pembuatannya adalah menggunakan kulit sabal yang sudah dikeringkan. Lalu di masak dengan air hingga mendidih. Maka nanti air tersebut akan berwarna merah mudah. Dan air tersebut di minum 5 x sehari. Diharapkan jangan terlalu banyak. Dikarenakan belum ada penelitian tentang efek dari herbal ini.

7. Oyot

Oyot adalah salah satu tumbuhan yang gampang ditemui di simalungun. Manfaatt dari tumbuhan ini adalah sebagai obat luka ketika anda terkena benda tajam. Dimana nanti tumbuhan ini dapat memberhentikan pendarahan karena benda tajam. Caranya adalah mengambil daun oyot dan di remuk- remukkan. Lalu balutkan pada tubuh yang luka.

Dan masih banyak obat herbal tradsional simalungun. Salah satunya adalah berbagai pengobatan untuk mata yang saat ini masih kurang dijelaskan. Maka bagi teman – teman halak simalungun yang mempunyai pengetahuan tentang obat herbal simalungun. Diharapkan dapat memberikan masukan kepada kami.

Hal ini supaya masyarakat luas bahwa batak simalungun mempunyai berbagai macam obat – obat tradisional yang sangat bermanfaat. Dan artikel ini belum sepenuhnya selesai maka akan terus dilakukan perbaikan dan pemberian gambar.