Gambar dan Arti Ornamen Simalungun yang memiliki makna Dalam Kehidupan. Sebagai Halak ( Orang ) Simalungun mempunyai ragam hias atau yang sering disebut pinar. Pinar simalungun memiliki berbagai ragam jenis. Gambar Pinar atau Ornamen ini dapat jumpai pada Rumah adat Simalungun. Sebenarnya sebagai Halak ( Orang ) Simalungun harusnya menggunakan Ornamen di setiap rumah. Sebagai bukti menghargai budaya sendiri. Mengingat juga Batak Simalungun kurang menarik oleh parawisata. Maka di harapkan pemerintah dapat membangun sebuah perumahan yang menggunakan Ornamen ini secara penuh pada sebuah kampung.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengembangan budaya. Dan juga penggunaan Pinar pada setiap rumah di Halak ( Orang ) Simalungun dapat menarik wisatawan. Dan hal ini tentu akan meningkatkan ke ingin tahuan wisatawan tentang budaya Halak ( Orang ) Simalungun.

Namun perlu kita ketahui juga bahwa batak toba juga mempunyai hal ini seperti ini. Akan tetapi dinamakan Gorga Batak Toba. Dan masih banyak daerah lain yang serupa dengan ragam hias ini. Dalam gorga Batak Toba diartikan juga sebagai kesenian ukir atau pahat yang biasanya terdapat pada bagian luar rumah adat batak toba dan alat kesenian dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini kami akan menjelaskan secara singkat mengenai Pinar ornamen simalungun. Semoga hal ini mendapat penambahan ilmu bagi anda anak simalungun.

1. Pinar Sihilap Bajaronggi

Sihilap adalah melambangkan sikap kesetia kawanan, saling , mengenang dan kharisma. Sedangkan Bajaronggi sendiri adakah tumbuhan lalap yang subur di tanah berair.

2. Pinar Suleppat
Gambar Pinar Suleppat

Pinar Suleppat adalah bentu gambaran tangan yang berkaitan antara satu dengan lainnya menggambarkan keharmonisan persatuan dan kesatuan dan salling berkaitan antara satu dengan lainnya sehingga menghasilkan kekuatan, persatuan dan kesatuan, keselarasan dalam bertindak. Sehingga tercipta keserasian dan keharmonisan dalam kehidupan.

3. Pinar Bohi – Bohi
Gambar Pinar Bohi – Bohi

Pinar Bohi – Bohi adalah menggambarkan wajah manusia dengan bentuk yang abstrak sebagai simbol pengusir roh jahat. Sebagian lagi berpendapat merupakan kombinasi mulut kuda dan wajah manusia ( wanita ). Digunakan pada ujung sambahou rumah bolon, balei bolon, pangkal dan ujung losung tradadisional.

4. Pinar Andor Hadukka
Gambar Pinar Andor Hadukka

Pinar Andor Hadukka artinya menggambarkan tumbuhan Hadukka yang tumbuh merambat dengan subur. Ornament ini melambangkan berkembangnya tuah dan rezeki yang datang. Ornament ini terdapat pada tiang nanggar lopou Rumah Bolon.

5. Pinar Andorni Tabu Mangganupi Desa
Gambar Pinar Andorni Tabu Mangganupi

Pinar Andorni Tabu Mangganupi Desa menggambarkan Tumbuhan labu yang tumbuh dengan suburnya merambat ke segala penjuru Ornament ini merupakan simbol dalam penyesuaian diri dalam usaha kepentingan yang lebih besar dan umum. Ornamen terdapat pada peralatan rumah tangga seperti tabung buluh, tulldak dan kotak perhiasan.

6. Pinar Appul – Appul
Gambar Pinar Appul – Appul

Layaknya appul – appul atau hewan kupu – kupu yang indah, bersih, dan berperan dalam penyerbukan tumbuhan, maka ornamen ini menyiratkan makna kebersihan, keindahan dan kebaikan.

7. Pinar Assi-Assi
Gambar Pinar Assi Assi

Pinar Assi – Assi adalam tumbuhan berkhasiat obet, sehingga ia melambangkan kesehatan.

8. Pinar Assimun Riris
Gambar Pinar Assimun Riris

Pinar Assimun Riris artinya menggambarkan tumbuhan assimun dalam bahasa indonesia dinamakan Mentimun yang tumbuh subuur dan menjakar lebat pada pohon. Ornamen ini melambangkan ke suburan.

9. Pinar Bindu Matoguh
Gambar Pinur Bindu Matoguh

Pinar Bindu Matoguh yang mempunyai arti memanggil delapan penjuru angin untuk menyeimbangkan alam dan cuaca. Ornamen ini sangat tepat sekali digunakan pada sebuah gedung karena motif geometris nya.

10. Pinar Bodat Marsihutan

Pinar Bodat Marsihutan

Pinar Bodat Marsihutan sebuah filosofi saling mengingatkan satu sama lain agar tetap bersatu padu menjalankan tugas dan inilah melambangkan gotong royong dan sama bekerja untuk mencapai tujuan.

11. Pinar Boras Pati
Pinar Boras Pati

Boras Pati adalah sebuah hewan sejenis kadal. Di simalungun hiasan ini berbentuk geometris yang dibuat dari bahan Ijuk. Boraspati merupakan simbol supranatural untuk penangkal kekuatan gaib.

11. Pinar Bulung Andudur
gambar Pinar Bulung Andudur

Pinar Bulung Andudur adalah tumbuhan menjalar yang dilambangkan sebagai kesetiaan, menepati janji dan memahami kepentingan bersama.

12. Pinar Bunga Bong – Bong

Gambar Pinar Bunga Bong – Bong

Pinar Bunga Bong – Bong adalah suatu hal yang dilambangkan untuk hal – hal yang buruk. Ornamen ini terbuat dari benang tiga warna hitam, merah dan Putih.

Bangga dengan Arti Ornamen Batak Simalungun

Sebagai halak ( Orang ) Simalungun kita harus bangga dengan ornamen simalungun. Dimana pada setiap ornamen ini memiliki makna yang sangat baik dalam kehidupan. Seharusnya di kembangkan ornamen ini sebagai ciri khas halak ( Orang ) Simalungun. Dan hal ini dapat juga digunakan sebagai penarik wisatawan di daerah.

Sumber : http://garamaparsilimakuta.blogspot.com/2012/08/ornamen-simalungun.html

Dan berbagai sumber lainnya.