Asal Usul Simalungun Hingga Disebut Bagian Batak. Dari manakah asal usul simalungun. Dan kenapa di sebut Batak simalungun ? Yang penting diketahui adalah simalungun adalah suatu bagian dari jenis etnik batak yang berada di kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera utara. Dengan bahasa yang memiliki bahasa sendiri. Beberapa contoh bahasanya adalah.

  • Ija ham tading ?
  • Lagi maraha ham ?
  • Dopma Sehat ham ?

Bahasa yang dikenal lembut dan bahasa ini mirip sekali dengan jenis suku batak lainnya, Seperti Batak Toba. berikut persamaan dari kalimat diatas.

  • Idia ho tinggal ?
  • Lagi Mardia Ho
  • Nunga sehat ho ?

Persamaan ini dikarenakan satu rumpun sebagai etnis batak. Namun balik lagi pengertian Simalungun. Berikut ini beberapa tanggapan pendapat para ahli yang pernah diterbitkan pada Koran Harian SIB ( Sinar Indonesia Baru ) pada harian SIB 15 Januari 1977 dengan judul Bukan Sibalungun, Bukan Simelungun, melainkan Simalungun.

Beberapa pendapat tentang dari para ahli suku Simalungun asli :

1. Pendapat U.HAMDAR ( Drs. Urich H Damanik )

Simalungun berasal dari kata : Si-ma-lungun , yaitu bertitik tolak daerah pemecahan kata secara etimologis bahwa si adalah sebagai kata petunjuk, Sedangkan ma adalah awalan, dan Lungun artinya Sunyi, sepi atau rindu. Seperti contoh Kalimat bahasa nya adalah Ma lungun dassa diri yang artinya kesepian diri ini.

2. Pendapat Drs. Kasim Sipayung

Berasal dari kata Silou – ma – lungun dengan penjelasan bahwa siou adalah daerah atau wilayah, sedangkan ma adalah awalan, Sedangkan lungun adalah sepi atau rindu. Malungun berarti kesepian sehingga rindu.

Baca Juga :

Sehingga banyak sekali di kabupaten simalungun menggunakan kata silou seperti silou kahean, silou paribuan, silou dunia, dolok silou dan lain – lainya. Namun banyak perubahan penggunaan silou didaerah ini yang diubah menjadi silau. Hal ini akibat kurang dijaganya bahasa daerah yang mengikuti bahasa indonesia yaitu silau yang artinya berkilau.

3. Pendapat T.Ms. Purbaraya

Berasal dari kata : Sio-ma-lungun, yakni menghubungkan dengan sejarah runtuhnya kerajaan silou Tua sebagai lanjutan kerajaan Nagur dan lain – lain yang bberhubungan dengan kepindahan penduduk ( migrasi ) dan wabah penyakit sampar.

4. Pendapat T.B.A Purba Tambak

Berasal dari kata Simou dan Lungun, Simou artinya samar – samar yakni antara terlihat dan tidak terlihat, tetapi jelas ada. Ibarat sima ( Kuman ) tidak dapat dilihat dengan terang tetapi jelas ada. Lungun artinya lengang, karena wilayah itu dulunya adalah terdiri dari hutan belantara yang sunyi dan lenggang dimana penduduknya hampir tidak kelihatan.

Baca Juga :

5.Pendapat D.Kenan Purba, SH

Berasal dari kata sima-lungun. Sima artinya sisa, lungun artinya kesedihan, maka simalungun artinya sisa kesedihan. Dalam bahasa daerah simalungun di sebut Sima – sima lungun yang dilafalkan menjadi simalungun.

Nah, begitulah pengertian atau asal usul simalungun dari pendapat simalungun asli. Namun kepada simalungun ini disebut batak. Apakah arti batak sebenarnya.

Alasan Simalungun Adalah Batak

Apakah pengertian dari batak. Dimana banyak sekali menyebutkan bahwa batak adalah kata dari belanda. Sebenarnya hal tersebut adalah hal yang tidak tepat. Dimana kita merujuk kata batak dalam kamus bahasa indonesia batak adalah petualang. Dan jika anda membuka kamus bahasa belanda tidak ada di temukan kata batak dan pengertian arti tersebut.

Maka hal ini membetulkan pemberian atau pengertian dari kata batak dari orang belanda tersebut tidaklah benar. Karena pengertian kata tersebut tidak ada di temukan dalam kamus belanda. Untuk arti tersebut bisa dilihat menggunakan arti batak dalam bahasa belanda di google.

Trik Politik Pemecah Suku Batak

Namun pemberian arti yang tidak baik atau menyimpang yaitu kanibal tersebut dapat gunakan belanda untuk strategi politik untuk memecahkan persatuan dari Suku Batak pada dahulu. Dan belanda yang dikenal trik adu domba nya. Dan dimana mereka lebih mengenal terlebih dahulu kepandaian dalam berpolitik dan istilah – istilah politik mereka masih banyak digunakan. Maka arti yang tepat dari suku batak adalah Pengembara.

Yang dimana terlihat banyak dari suku batak atau zaman masa dulu melakukan berpindah – pindah bercocok tanam atau berpindah- pindah tempat untuk mendapatkan hasil tanaman yang baik. Dan hal itu terbukti banyak tanah – tanah dari suku simalungun yang dimiliki masyarakat yang sudah tahu bahwa itu tanah si saragih dan itu tanah Purba. Padahal orang tersebut hanya membuka sebentar saja dan yang membuka adalah nenek moyang mereka. Dan hanya di gunakan sekali saja. Lalu berpindah ke tanah yang lain.

Dan salah satu peninggalan dari suku batak Simalungun yang pernah kami jumpai adalah pangulu balang. Pangulu balang ini pernah ditemukan di Tuyung Porad, Huta pining, Nagori dolok kabupaten simalungun kecamatan silou kahean. Dan dari patung Pangulu balang ini adalah bukti bahwa banyak orang simalungun yang pengyembara.

Baca Juga :

Yang dimana pangulu balang tersebut memiliki sumber mistis menurut warga setempat. Jika tidak sopan pada daerah tersebut. Maka dapat saja membuat pangulu balang marah. Dan pada hari itu banyak orang yang berziarah ke tempat itu

Akan tetapi menurut informasi yang kami dapat pangulu balang tersebut sudah tidak ada lagi. Dan ada yang menyatakan sudah di pindahkan. Dan Pangulu balang ini banyak di temukan di daerah lainnya.

Namun pangulu balang dapat masih dilihat lainnya di Museum TB. Silalahi. Yang dimana tempat ini banyak sekali peninggalan sejarah.

Maka demikian disimpulkan bahwa Batak Simalungun diartikan pengembara adalah batak, Silou adalah tempat,lungun adalah kesepian, . Maka disebut batak simalungun adalah pengembara ke tempat – tempat yang karena kesepian.

Dimana kesepian terbukti adalah salah satu Patung Pangulung balang yang ditemukan kesepian jauh di hutan yang ada di nagori dolok tersebut yang sudah tidak tahu kemana perginya. Demikianlah asal usul batak Simalungun.