Usaha Fotocopy dan Rincian Modal Usaha Untuk Pemula Menjadi Sukses. Usaha Fotocopy adalah sebuah usaha yang memberikan mesin pengganda suatu tulisan atau gambar. Marketmedan.com Kali ini akan membahas mengenai Usaha Fotocopy dan berapa rincian modal usaha untuk pemula sehingga mereka dapat membuka usaha fotocopy tersebut. Maka artikel ini akan membahas beberapa kategori sebagai berikut di bawah ini.

Kami akan bercerita terlebih dahulu bagaimana seorang pengusaha fotocopy yang berada di Kota Medan tepatnya di jalan Karya Bakti medan. Jika anda datang ke lokasi ini banyak sekali terdapat pengusaha fotocopy yang sudah di perkirakan mengantongi keuntungan yang cukup tinggi.

Hal ini dikarenakan berbagai berkas penting yang di miliki oleh kampus – kampus yang ada di sekitaran tersebut sudah di simpan di usaha fotocopy tersebut sehingga para mahasiswa atau mahasiswi menjadi langganan mereka. Namun untuk pembahasan ini akan di jelaskan pada alinea di bawah ini. Kita akan fokus dulu dengan judul Usaha Fotocopy dan Rincian Modal Usaha Untuk Pemula Menjadi Sukses. Maka ini adalah artikel topik pentingnya.

  1. Bagaimana menjalankan Usaha Fotocopy Untuk Pemula
  2. Perlengkapan Usaha Fotocopy dan Alat Tulis
  3. Lokasi Yang Tepat Membangun Usaha Fotocopy
  4. Rincian Modal Usaha Fotocopy
  5. Kelemahan Usaha Fotocopy
  6. Ancaman Usaha Fotocopy

Bagaimana Menjalankan Usaha Fotocopy Untuk pemula

Bagi anda yang masih pemula dalam usaha fotocopy tentu anda harus pahami dahulu. Bagaimana cara penggunaan mesin foto copy. Sehingga anda tidak salah atau lambat dalam menjalankan mesin tersebut. Berikut di bawah ini cara menggunakan Mesin Fotocopy.

  • Menekan Tombol ON Untuk menghidupkan mesin
  • Meletakkan kertas yang akan di fotocopy pada kaca yang menjadi tempat fotocopy biasanya berada di bawah alat sacnner. Dan untuk mendapatkan hasil yang bagus, maka atur lah posisi kertas dengan meletakkan di bagian tepi atas menempel di garis skala dengan posisi yang tepat di tengah.
  • Selanjutnya tekan tombol papper Select, Kemudian atur lah jenis ukuran kertas nya sesuai keinginan konsumen.
  • Lalu tekan tombol jumlah kertas yang akan di copy
  • Kemudian tekan tombol Start, maka mesin akan beroperasi lalu anda menunggu mesin mengeluarkan hasil kertas yang di ganddakan.
  • Setelah anda sudah selesai menggunakannya maka matikan mesin dengan cara menekan tombol.

Setelah anda sudah paham menjalankan mesin tersebut. Maka anda juga pandai dalam menggunakan komputer. Dikarenakan banyak sekali juga anak sekolah, kantoran, mahasiswa atau mahasiswi yang mengeprint. Maka dalam menjalankan usaha fotocopy untuk pemula anda harus belajar atau melakukan survei terlebih dahulu kepada orang yang sudah mempunyai sudah fotocopy. Atau mungkin anda menggunakan jasa orang lain atau juga memperkerjakan orang yang sudah mahir dalam menggunakan komputer dan Mesin Fotocopy.

Mengapa harus pintar menggunakan komputer. Dimana pada usaha Fotocopy nanti terdapat juga ngeprint, cuci foto, dan berbagai lainnya. Untuk cuci foto tentu anda harus dapat menggunakan Sofware Photosop dan lainya juga.

Perlengkapan Usaha Fotokopy Untuk Pemula dan Perlengkapan Alat Tulis ( ATK )

Ada berbagai perlengkapan yang perlu anda wajibkan dalam memulai usaha fotocopy. Dalam memulai usaha ini tentu ada beberapa yang berkaitan dengan usaha foto copy. Berikut di bawah ini.

  1. Mesin Fotocopy
  2. Laptop atau PC
  3. Mesin Printer
  4. Etalase Kaca
  5. Meja, Kursi untuk Pelanggan dan tempat Laptop atau PC
  6. Alat Tulis Kantor
  7. Kertas kosong, A4, F4 dan lain – lainnya.
  8. Mesin Laminating
  9. Mesin Stabilizer

Maka anda harus menyiapkan barang – barang seperti di atas. Hal ini anda lakukan sebagai pemula dalam memulai bisnis. Namun jika sudah ada modal yang banyak. Maka tingkatkan lagi untuk perlengkapan. Hingga menyiapkan tempat foto menggunakan Kamera.

Lokasi Yang Tepat Membangun Usaha Fotocopy

Dalam membangun usaha ini. Anda juga dapat mencari tempat yang strategis. Hal ini tentu perlu untuk membuat pelanggan anda lebih dekat lokasinya terhadap usaha anda. Nah berikut ini beberapa lokasi yang sangat tepat dijadikan untuk membuka usaha ini.

  1. Dekat dengan perkantoran
  2. Area sekolah atau Perkuliahan
  3. Lokasi Yang Penuh Keramaian
  4. Tepat di Persimpangan

Dengan 4 ( Empat ) point tersebut dapat menjadi tolak ukur untuk membuka usaha anda. Dan dengan point tersebut dapat membantu kelancaran anda dalam berwirausaha. Namun jangan lupa juga anda untuk memberikan desain yang baik tempat usaha anda.

Rincian Modal Usaha Fotocopy yang Detail

Nah, Untuk memulai usaha ini. Maka kami akan mengkalkulasi berapa pengeluaran untuk membuka usaha ini. Namun kami akan membagi 2 kategori. Berikut di bawah ini.

Kategori Rincian Modal Usaha Fotocopy Versi Budget Kecil

Adapun yang di maksud dalam modal Usaha Fotocopy Budget Kecil adalah sebuah usaha yang hanya tertuju pada Usaha Fotocopy dengan tidak mengindahkan alat alat pendukung lainnya. Mak berikut ini adalah Budgetnya.

  • Mesin Fotocopy Merek Canon IR 3245 I 3235 Dengan harga 14.750.000
  • Laptop atau PC, Yang akan di gunakan adalah PC dengan Monitor. Untuk Harga PC Rakitan Core I5 Ram 8 GB Hardisk 500 gb harga 1.675.000. Sedangkan untuk monitor AOC LED Monitor 15.6 Inch E1670SWU Dengan harga 805.000 .
  • Etalase kaca ukuran 1 meter 1. juta
  • Mesin Print Canon canon PIXMA G2010 Dengan harga 1.859.000
  • Alat Tulis 1.000.000
  • Mesin Stabilizer 3000 Watt Merk TOPSTAR Dengan harga 1.250.000.

Total keseluruhan Modal : 19.480.000

Modal Untuk Skala Besar

Untuk skala besar. Anda akan dapat menambahkan barang – barang yang mendukung usaha anda. Karena banyak lagi peralatan yang dapat di gunakan dalam memulai usaha ini.

Kelemahan Usaha Fotocopy dan Ancamannya

Dalam usaha Fotocopy ini tentu memiliki kelemahan. Yang dimana ketika hari libur sekolah atau libur kantor tentu akan mengurangi pelanggan atau pengunjung. Dan dalam usaha ini juga anda harus menjaga mesin – mesin dengan baik. Dan dalam perlu juga keterampilan di bagian komputer untuk foto.

Dan ancaman yang paling perlu di ingat adalah libur panjang. Seperti libur hari raya dan libur tahun baru. Maka sebab itulah usaha ini penting di tempat wilayah penduduk yang ramai.

Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Meningkatkan Keuntungan

Dalam memulai usaha ini. Maka anda harus mendukung beberapa perlengkapan atau mengusahakan tempat usaha lebih lengkap di bandingkan tempat orang lain. Dan ada beberapa cara juga yang dapat membantu meningkatkan keuntungan anda. Berikut di bawah ini.

  1. Memberikan Akses Internet untuk pencari tugas
  2. Melengkapi berbagai data – data misalkan adalah menyimpan tugas – tugas, buku fotocopy sekolah di dalam komputer atau mesin foto copy.
  3. Memberikan jasa ketikan dan Pengerjaan tuga
  4. Menyediakan Foto berbayar
  5. Menggunakan pekerja yang profesional dalam bidangnya
  6. Menggunakan sistem diskon/ potongan untuk skala besar

Dan anda berikut di bawah ini anda dapat melihat sebuah toko fotocopy yang berada di persimpangan. Gambar ini berlokasi di Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Dan tempat ini memang berada di lokasi yang tepat sekali. Yang dimana posisinya berada di persimpangan, daerah anak sekolah muhammadiyah, Sekolah Menengah Pertama 1 Lubuk Pakam, Dan Yayasan perguruan Taman Siswa.

usaha fotocopy dan biaya dalam memulai bisnis

Maka bagi anda yang ingin mempunyai usaha yang sukses maka anda dapat mengambil lokasi seperti yang tertera di atas. Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah kesuksesan dalam berwirausaha.

Dan mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan. Dan tim kami juga mempunyai artikel yang dapat meningkatkan jiwa untuk berwirausaha. Mungkin anda dapat melihatnya di bawah ini.

Baca Juga :