Tips Jualan Bakso Supaya Laris menghasilkan Omset Jutaan hasilnya. Bakso atau baso adalah sebuah makan yang terbuat dari daging dan tepung tapioka. Bakso yang sering di jumpai dengan bentuk yang bulat dengan memiliki nilai daging di dalamnya. Bakso ini merupakan makanan yang mudah di temukan di Indonesia. Dan usaha bakso pun banyak di temui di berbagai daerah – daerah indonesia. Mulai dari perkampungan hingga perkotaan selalu terlihat banyak pengusaha bakso atau pun pedagang bakso.

Tips Jualan Bakso Supaya Laris menghasilkan Omset Jutaan hasilnya. Lalu bagaimanakah sebenarnya cara memulai berjualan bakso agar menghasilkan dan tidak merugikan. Maka bapak kami seorang Entrepreneur bernama Ronaldo Sipayung akan menjelaskan hal ini. Mungkin hal ini akan menjadi masukan yang berguna bagi yang ingin memulai usaha bakso tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membangun bisnis usaha bakso ini. Berikut di bawah ini adalah objek pentingnya :

Tips Jualan Bakso Supaya Laris Bagian 1

1. Menentukan Konsep Usaha Bakso

Apakah yang dimaksud dengan konsep. Yang dimaksud dalam konsep ini adalah Inti utama dari usaha anda yang akan menjadi bahan utama yang dapat menjadikan usaha bakso anda memiliki karakter tersendiri. Konsep ini dapat berupa nama usaha, Bentuk tempat usaha bakso, ukuran bakso, Rasa bakso dan lain – lain. Contoh yang kami berikan adalah contoh nama misalkan Bakso Bu Haji.

2. Membentuk Desain Tempat Usaha

Setelah anda sudah mendapatkan konsep dari sebuah nama usaha bakso anda. Maka beralih lah ke bentuk desain tempat usaha. Anda sebagai pebisnis harus memiliki desain yang baik untuk bisnis anda. Desain tempat anda bisa saja sesuai dengan budaya atau kebiasaan masyarakat yang setempat. Hal ini dilakukan supaya masyarakat dapat menerima usaha anda dengan mudah.

Dimana disini juga anda harus memberikan desain tempat yang baik. Mulai dari lokasi parkir, ruangan yang nyaman, bersih dan dapat dijadikan tempat nongkrong.

3. Lokasi Tempat Usaha Bakso

Dalam usaha bakso ini tentu anda harus juga mempunyai tempat yang baik. Dan lokasi yang tempat untuk mendirikan usaha bakso adalah sebagai berikut di bawah ini :

  • Lokasi Kampus/ Sekolah
  • Lokasi Tempat Industri / Pabrik
  • Persimpangan dengan penduduk yang Ramai
  • Lokasi tempat Kost
  • Pasar Tradisional
  • Kota

4. Citarasa Bakso anda

Dalam berjualan bakso tentu anda harus mempunyai cita rasa. Dalam cita rasa ini anda dapat juga menjadikan cita rasa ini menjadikan konsep usaha anda. Jika anda mengambil dari cita ras. Namun tetapi kita sudah mengambil dari sebuah Nama. Maka dalam cita rasa bakso ini di harapkan anda untuk memberikan citarasa yang baik dan lezat. Dalam membuat cita rasa yang enak tentu harus memiliki pengalaman dalam mengolah bakso mulai dari bumbu hingga cara pembuatan bakso.

5. Jenis Bakso Yang di Gunakan

Dalam berbisnis usaha bakso tentu anda harus menentukan jenis bakso yang akan anda gunakan. Atau bahkan anda dapat membuat bakso olahan sendiri untuk menghasilkan jenis bakso yang berbeda dari bakso yang lain. Namun ada berbagai nama – nama bakso yang sering di kenal oleh masyarakat indonesia. Maka berikut di bawah ini nama – nama bakso yang ada di Indonesia.

  • Bakso Urat
  • Bakso Telur
  • Bakso Gepeng
  • Bakso Ikan
  • Bakso Bakar
  • Bakso Ayam
  • Bakso Sapi
  • Dan berbagai jenis Bakso sesuai dengan asal daerah masing – masing ( Bakso Daerah ).

Mungkin masih banyak jenis – jenis bakso yang belum kami sebutkan. Akan tetapi topik utama kami adalah tips sukses usaha bakso atau berjualan bakso supaya laris. Maka untuk jenis – jenis bakso dapat anda cari sesuai dengan selera anda. Artikel ini hanya fokus untuk tips berjualan bakso supaya laris.

6. Pelayanan Yang Baik

Dalam berjualan juga anda harus mempunyai attitude yang baik. Atau misalkan anda menggunakan karyawan maka cari karyawan yang memiliki attitude yang baik. Sehingga ketika melayani pelanggan dapat berbicara dengan baik dan sopan.

7. Memperkerjakan Karyawan Yang Memiliki Penampilan Yang Menarik

Dalam memperkerjakan karyawan anda harus juga mempunyai karyawan yang menarik penampilannya dan juga orang yang pembersih. Dalam berjualan bakso ini anda harus memperkerjakan karyawan memakai busana muslim atau memakai kerudung atau pengikat rambut. Hal ini agar mencegah rambut masuk ke dalam makanan pelanggan.

8. Memberikan Lokasi Usaha Bakso Pada Google Map

Dalam usaha bakso ini. Sebaiknya anda memberikan lokasi usaha anda pada Google Map. Ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika memberikan lokasi usaha anda. Berikut di bawah ini.

  • Anda dapat memberikan foto – foto anda dan hasil karya bakso anda di google Map
  • Masyarakat dapat memberikan penilai terhadap usaha anda
  • Lokasi usaha anda mudah di ketahui melalui mesin pencarian google
  • Dapat melakukan promosi melakukan Google

9. Membangun Media Sosial

Dalam berjualan tentu anda harus berani membangun media sosial usaha anda. Hal ini juga sebagian dari trik atau tips marketing untuk perkenalan usaha dagang anda.

Teknik Marketing Tips Jualan Bakso Supaya Laris Bagian II

Setelah sembilan ( 9 ) tips tadi sudah di penuhi. Maka kali ini adalah teknik marketing yang dapat menarik pelanggan. Hal ini adalah teknik marketing yang dapat anda gunakan untuk menjadi seorang pengusaha bisnis yang handal. Berikut ini adalah langkah – langkah teknik marketingnya.

1. Melakukan Program Undian Berhadiah Kepada Pelanggan

Pasti anda akan bingung kenapa harus berhadiah atau melakukan undian. Hal ini dilakukan untuk mencari pelanggan. Nah, untuk menjalankan program ini ada tahap – tahapan atau Syarat nya. Berikut di bawah ini adalah syarat – syaratnya untuk melakukan Program ini. Untuk Program ini dapat anda lakukan 6 bulan 1 kali atau 3 satu kali, atau 1 tahun 1 kali. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil keuntungan yang anda peroleh.

Persyaratan Melakukan Program Undian Berhadiah

  1. Mempunyai Kartu Pelanggan dan masih aktif
  2. Memesan bakso lebih dari 150 mangkok selama 6 bulan. Tercatat dalam kartu pelanggan
  3. Mendaftarkan diri di waktu proses undian akan di adakan
  4. Dan lain – lain

Proses Pengundian / Cara Pelaksanaan

Setelah para anggota program ini melakukan pendaftaran untuk mengikuti undian. Maka mereka akan di berikan nomor undian tersebut yang akan di isi dengan nama dan nomor telepon. Dan akan di masukkan dalam sebuah tempat undian. Lalu setelah terkumpul semua maka undian akan dilakukan pada pukul 19.00. Untuk pengumpulan undian dapat di mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00 wib.

Dan nomor undia yang sudah terkumpul akan di kocek – kocek. Lalu akan di pilih oleh pemilik usaha tersebut. Dan nomor undian yang di panggil pun sebanyak 3 orang.

Untuk masalah hadiah. Anda dapat memberikan sesuai dengan keuntungan yang anda dapat. Namun jika hadiah nya besar maka akan meningkatkan perkenalan diri anda terhadap masyarakat. Dan hal ini akan menjadi dampak positif terhadap usaha anda. Seperti bahan pembicaraan sehingga lebih di kenal. Memotivasi masyarakat untuk berlangganan di usaha anda.

2. Melakukan Penggantian Kupon

Setelah ada tadi ada kartu pelanggan dengan undian berhadiah. Maka ada juga penggantian jadi ini dari hasil kartu pelanggan tersebut dapat di ganti dengan kupon. Adapun kupon ini digunakan untuk makan bakso gratis.

Dan masih banyak teori marketing yang dapat anda gunakan untuk memperkenalkan usaha anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa beriklan di Google.

Hal – Hal Yang Perlu di Hindari Kerugian Dalam berjualan usaha Bakso

Dalam berwirausaha bakso ini ada beberapa yang perlu anda perhatikan untuk meminimalkan kerugian. Berikut di bawah ini :

  • Cabe Giling jangan di berikan terlalu leluasa di ambil oleh pembeli jika tidak sesuai harga bakso dengan harga cabe kecil
  • Tisu di usahakan di kasi secukupnya

Keuntungan Yang di dapat dalam berjualan Bakso

Dalam berjualan bakso ada beberapa keuntungan yang lebih kita dapatkan. Adalah dari berbagai minuman dan jus yang anda jual. Minuman yang paling banyak diuntungkan adalah teh manis di dingin.

Baca Juga :