Marketmedan.com Salah satu makanan favorit yang masih banyak diminati oleh masyarakat Kota medan bahkan masyarakat indonesia adalah Buah Durian. Hal inilah yang menyebabkan bisnis wirausaha Dagang Buah Durian ini semakin layak menjadi usaha bisnis. Lalu bagaimanakah sebenarnya kenapa durian ini layak menjadi bisnis. Bagaimanakah perhitungan harga dan keuntungannya. Hal inilah yang akan di ungkapkan seorang Entrepreneur bernama Ronaldo Sipayung.

Durian Yang Kami Bisniskan Berasal dari Nagori Dolok Kabupaten Simalungun

Durian adalah suatu tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Dan indonesia adalah salah satu negara yang dapat tumbuh pohon durian. Yang dimana Buah durian mempunyai ciri khas kulit yang berlekuk – lekuk tajam yang menyerupai duri. Maka perlu ke hati – hatian dalam memegang buah ini. Akan tetapi buah durian yang memiliki cita rasa daging yang lezat membuat masyarakat menjadikan buah durian salah satu buah yang banyak peminatnya.

Nagori Dolok, Kabupaten Simalungun, Medan provinsi sumatera utara adalah suatu daerah penghasil buah durian yang lezat. Dimana perlu anda ketahui bahwa durian tersebut adalah durian kampung yang tidak di hasilkan dari stek batang atau Okulasi durian. Sehingga pohon durian tersebut berbuah dengan cukup yang lama. Pohon durian ini di perkirakan berbuah mulai dari umur 15 tahun hingga 20 tahun.

Sehingga ketika anda datang ke kebun Durian di Nagori Dolok tersebut akan melihat pohon durian yang menjulang tinggi. Dan untuk memanen sendiri buahnya akan jatuh sendiri dari pokoknya atau matang secara alami. Dan tidak di petik seperti durian yang okulasi. Dan durian dari kampung nagori dolok ini pun tidak di berikan pupuk atau bahan – bahan kimia.

Hal ini lah membuat cita rasa durian tersebut sangat lezat. Apalagi durian tersebut dimakan baru jatuh dari pohonnya. Dan paling enak rasanya durian ini adalah 1 hari sesudah jatuh dari pohonya . Dan perlu anda ketahui bahwa durian ini tidak akan bertahan cita rasanya jika sudah berhari – hari. Mungkin jika anda baru saja makan durian anda tidak akan merasakan hal tersebut. Tetapi orang yang sudah ahli dalam durian tentu di akan sudah mengetahui bagaimana waktu makan durian yang tepat dengan cita rasa yang baik dari Durian Nagori Dolok.

Harga Modal Durian di Kampung Nagori Dolok dan Keuntungan

Jika anda ingin berbisnis Durian. Maka perlu anda ketahui bahwa wilayah yang tepat untuk anda mencari buah durian adalah Nagori Dolok. Yang dimana jarak antara kota lubuk Pakam ke nagori dolok sekitar 60 KM dengan waktu lama tempuh sekitar kurang lebih 2 Jam. Untuk daerah nagori dolok tersebut daerah yang tepat mencari durian adalah Huta Pining, Bandar Hanopan, Simanabun, parapat dan daerah sekitarnya.

1. Keuntungan Dari sistem Kepala atau istilah ini dikenal Gambangan

Keuntungan yang pertama dari pengusaha buah durian adalah dalam sistem pembelian antara di kampung berbeda dengan di kota. Dalam harga durian di kampung tersebut di hargai oleh agen 1 kepala 14 ribu hingga 16 ribu. Dalam 1 kepala tersebut beda dengan 1 kepala yang ada di kota. Jika di kota di katakan 1 kepala durian adalah 1 buah durian. Maka beda halnya dengan 1 kepala durian yang ada di kampung. Di kampung tersebut 1 kepala dapat di hargai 1 buah durian, 2 buah durian atau 3 buah durian sesuai dengan besarnya. Maka jika buahnya besar maka 1 kepala 1 buah durian, jika buahnya sedang maka akan di hargai 1 kepala 2 buah durian. Jika buah kecil maka akan di hargai 3 buah durian 1 kepala.

Sehingga hal ini lah yang membuat keuntungan dari pengusaha bisnis durian yang berada di kampung yang langsung turun kelapangan.

2. Keuntungan Hasil Penjualan Perbuah di Kota

Keuntungan akan di dapat lagi dari hasil penjualan per buahnya. Di kota para pengusaha bisnis durian. Dengan bebas memberikan harga sesuka mereka mulai dari durian 10 ribu per buah hingga 45 ribu per buahnya. Dalam bisnis buah durian ini memang akan menghasilkan untung yang menggiurkan.

Cara Mengurangi Resiko Kerugian Dalam Bisnis Durian di Medan

Dalam bisnis durian tentu tidak semua buah tersebut laku dengan laris manis. Lalu bagaimanakah cara pengurangan agar tidak terjadi kerugian yang signifikan. Maka beberapa pengusaha durian mengolah durian yang sudah lama menjadi bahan kue. Sehingga hal ini dapat memberikan keuntungan yang lebih lagi. Berikut ini adalah berbagai pengolahan buah durian menjadi kue atau minuman. Klasifikasi durian atau hasil olahan yang sudah menjadi kue atau makanan.

1. Pancake Durian

Ketika buah durian sudah mulai terbelah. Maka durian tersebut sudah saatnya di ubah menjadi Pancake Durian. Yang dimana Pancake durian adalah suatu makanan ringan berupa puree daging durian atau krim kocok yang di balut dengan kulit crepes atau dadar gulung.

2. Kebab Durian

Kebab Durian adalah suatu makanan yang memiliki isi didalam daging durian yang di panggang dan di berikan tusukan.

3. Sop Durian / Es Durian

Dimana durian tersebut juga dapat anda gunakan sebagai bahan pokok untuk usaha lain anda seperti membuatnya menjadi sop durian atau es durian.

4. Dan masih banyak olahan yang lain untuk dapat meminimalkan kerugian durian sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih hingga dapat menghasilkan puluhan jutaan dalam sehari.

Cara Berbisnis Sistem Marketing Hasil Olahan Buah Durian

Dalam mengupayakan agar hasil olahan buah durian ini laku laris manis. Maka anda dapat melakukan dengan mendirikan semua usaha dagang hasil olahan tersebut. Maka ada usaha dagang durian kebab, ada pancake durian dan da es durian. Anda dapat menyatukan hal tersebut dalam satu ruko. Sehingga pengunjung dapat memilih jenis durian yang akan mereka makan.

Untuk sistem marketing nya anda dapat memperkerjakan karyawan untuk menjual di luar dari areal usaha anda. Dan memberikan usaha anda dijalankan keliling – keling dengan sistem penggajian karyawan dengan sesuai target.

Baca Juga :