Wisata Taman Alam Lumbuni berastagi : Pagoda Shawedagon. Berastagi adalah kawasan wisata yang terkenal di Sumatera Utara. Berastagi di duduki oleh suku Karo. Di Tanah Karo di kenal sebagai masyarakat yang paling banyak menganut agama Kristen dan orang – orang di kabupaten Karo ini adalah orang orang yang memiliki toleransi yang tinggi sehingga di di Kabupaten Karo berdiri berbagai tempat ibadah. Salah satu wisata yang terkenal di Berastagi adalah Wisata Taman Alam Lumbini atau ada juga masyarakat menyebutnya Pagoda Berastagi. Namun sudahkah anda mengerti apa makna dari Pagoda ini. Pagoda adalah tempat ziarah bagi umat Budha yang berupa kuil yang memiliki atap bertingkat. Pagoda berastagi ini juga di kenal sebagai pagoda yang mirip dengan Pagoda Shwedagon yang di Negara Myanmar. Maka banyak yang menyebut tempat ini Replika Pagoda Shawedagon. Maka di sini kita akan mengupas tentang kosa kata taman alam wisata Lumbini. Sehingga dengan di jelaskan mengenai taman alam Lumbini Berastagi ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai keberagaman suatu budaya dalam beragama. Berikut di bawah ini penjelasannya.

Pengertian Taman Alam Lumbini Berastagi

Berfoto di taman Lumbini
Wisata Berastagi Nama di berikan tentu mempunyai sebuah pengertian atau dari nama anda dapat menjelaskan secara singkat suatu benda. Maka begitu juga dengan pemberian nama Taman Alam Lumbini Berastagi. Jadi apakah sebenarnya arti dari nama di atas. Maka kita menjelaskan dulu apakah itu Lumbini. Lumbini adalah sebuah tempat ziarah  Budha yang berada di Nepal yang berbatasan dengan India. Tempat ziarah tersebut di namakan Taman Lumbini yang merupakan situs warisan Dunia UNESCO tahun 1997. Jadi pemberian nama Lumbini ini tentu mempunyai bukan sekedar nama saja. Maka kita dapat menyimpulkan bahwa Taman Alam Lumbini Berastagi ini mempunyai arti suatu paduan alam yang di kelola menjadi taman yang di taman tersebut di dirikan sebuah tempat Ziarah bagi umat Budha yang berada di Berastagi. Sehingga dari nama kita sudah mengetahui arti nama tersebut.

 Pengertian Pagoda Shwedagon

Taman wisata alam Lumbini Berastagi banyak yang menyebut sebagai Pagoda Shwedagon Berastagi. Jadi apa sich sebenarnya arti dari Pagoda Shawedagon tersebut. Maka saya akan menjelaskan di sini secara lengkap agar semua kalangan mengerti tentang wisata Taman Lumbini Berastagi. Dan dengan dijelaskan tentang pengertian tersebut di harapkan anda semakin menghargai satu sama lain. Pagoda adalah adalah suatu kuil yang memiliki atap yang bertingkat ke atas bergaya meru. Sedangkan pengertian shwedagon adalah sebuah Pagoda yang berada di Yangon di negara Myanmar. Pagoda ini memiliki tinggi 98 meter yang berlapis emas.
Maka sebagai tempat ziarah oleh agama budha yang berada di berastagi memiliki konsep bangunan seperti bangunan Pagoda Shwedagon yang berada di negara Myanmar. Maka sebagian orang menyebutnya Replika Pagoda Shwedagon di berastagi kerena memang fungsinya yang sama dan terbuat dari emas. Oleh sebab itu pagoda sangat baik untuk tempat wisata bagi umat lain karena terbuka untuk umum.
Biaya atau harga tiket Masuk Taman Wisata Alam Lumbini Berastagi Dan Jarak Tempuh
 
Saya akan memberikan pengalaman saya tentang bagaimana saya menuju taman wisata lumbini berastagi. Taman wisata lumbini ini terletak di Dolat Rakyat Kabupaten Karo.  Saya menggunakan sepeda motor Vario 125 dengan mengisi bahan bakar pertamax 40 ribu + 20 ribu. Saya sudah berjalam jalan hingga gundaling. Perjalann untuk ke wisata taman wisata alam lumbini hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan biaya masuk ke taman wisata ini hanya memberikan sukarela untuk masuk kedalam. Kebetulan saya bersama adik saya kami berdua cukup membayar 5.000 rupiah kami sudah masuk kedalam pagoda. Sedangkan untuk biaya parkir juga gratis. Jadi jika anda ke taman Alam tidak perlu banyak mengeluarkan uang. Hanya cukup menyediakan minyak mobil atau sepeda motor dan uang sukarela. Dan untuk oleh oleh petiklah buah stroberry di kebun langsung dengan biaya 10.000 rupiah untuk kotak kecil dan 20.000 rupiah untuk kotak besar.

Perhatian Untuk Masuk Kedalam Taman Wisata Lumbini Berastagi

Taman Wisata Lumbini Berastagi

Ketika anda ingin masuk kedalam taman tersebut sebaiknya tidak membawa makanan dan rokok anda.  Jika anda ingin masuk di harapkan menjaga kebersihan dan kenyamanan para umat budha yang berada di sana. Di taman ini anda dapat berfoto dengan ke indahan pagoda yang di lapisi oleh emas. Dan pagoda ini juga memiliki taman yang luas hingga ada taman yang berada di bawah jurang yang sudah di kelola menjadi tempat yang sangat nyaman. Anda dapat berfoto dengan pancuran air yang sudah dibangun. Dan untuk masuk di ruangan ziarah hanya di khususkan bagi yang berziarah dan tidak bersifat umum. Namun jika anda ingin makan di dalam tersebut menyediakan kantin. Dan untuk oleh – oleh anda dapat memetik buah stroberri yang ada di dekat taman lumbini. 

Keuntungan Ke Taman Alam Lumbini Berastagi

Di taman ini anda dapat melihat keberagaman dari agama Budha dan anda dapat berfoto selfi dengan pagoda berastagi yang di hiasi mas. Anda dapat juga menggunakan jasa fotografer di tempat ini untuk hasil yang maksimal dan jika anda mempunyai gaun cina sangat cocok sekali untuk di pakai di tempat wisata alam Lumbini Berastagi dan anda dapat berfoto ala gaya cina. Bagi anda yang beragama budha ini adalah momen tempat untuk ziarah pada leluluhur anda. Anda dapat berwisata sambil ziarah di tamann Lumbini Berastagi. Karena berastagi adalah sebuah kota yang memiliki wisata yang sangat cukup banyak. Mulai dari Si debuk – debuk, Mikie Holiday Berastagi, Memetik buah stroberri berastagi, Gundaling, lapangan Golf Berastagi, dan masih banyak lainnya tempat wisata di kota tersebut.
Demikianlah artikel wisata berastagi  ini kami buat mohon maaf jika ada kesalahan baik kata – kata atau pun penulisan. Dan masih banyak juga tulisan kami yang akan ringkas di sini. Semua wisata yang kami alami atau jalani kami akan ceritakan di sini. Karena menurut kami ini dapat membantu bagi orang – orang. Sekian dan terima kasih kami ucapkan.