Tempat wisata di Negeri Dolok


Tempat Wisata di Negeri Dolok . Negeri  adalah sebuah kampung yang berada pada wilayah Kecamatan Silou Kahean, Kabupaten Simalungun. Kampung Negeri Dolok ini berkisar kurang lebih 4 jam dari Kota Medan. Negeri Dolok adalah Kampung dari Suku Simalungun yang memiliki Habonaron Do Bona, Sipukkah Huta, Anggolang Hita Ise Nari, Itu adalah motto yang sering di gunakan masyarakat Negeri Dolok. Ciri Khas dari rumah Simalungun ini adalah memiliki Lambang Cicak. Namun seiringnya perkembangan Zaman rumah Tradisional Simalungun sudah jarang di Temukan di Negeri Dolok. Namun kita akan membahas tentang Wisata di Negeri Dolok sesuai dengan Topik judul pada di atas. Berikut di bawah ini tempat wisata pada daerah Negeri Dolok Kabupaten Simalungun Kecamatan silou kahean.

1. Wisata Tinggi Raja/ Kawah Putih

Tinggi Raja atau Kawah Putih
Tinggi Raja adalah tempat wisata yang berada pada daerah Negeri dolok yang berada di dekat pedesaan Bahoan, Dolok Marawa. Tinggi Raja adalah wisata Kawah Putih yang memiliki Gunung berapi aktif namun masih dalam keadaan aman. Tinggi raja ini memiliki air panas yang keluar dari gunung tersebut. Air panas tersebut masih dalam keadaan posisi berpindah – pindah. Namun yang membuat tempat ini menjadi nyaman adalah berada pada di Daerah hutan yang masih terjaga Hutan Lindungnya. Di tinggi raja terdapat juga sungai yang berada di bawah bukit tinggi raja tersebut. Dan membuat anda lebih asyik adalah anda dapat Mandi Air Panas.
Air panas tersebut berada pada di sungai yang tepatnya di sebuah lubang kecil yang berbentuk wadah. Sehingga air panas terebut dalam  posisi hangat dan banyak masyarakat mempercayai bahwa mandi menggunakan air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membunuh bakteri – bakteri pada tubuh. Tinggi raja / kawah putih negeri dolok ini dapat anda tempuh dari medan sekitar kurang lebih 4 Jam dari Bangun Purba. Dan dapat juga melalui dari Dolok Masihol melaju ke Pekan Negeri Dolok. Namun akan tetapi jika anda ingin berkunjung di Tinggi Raja sebaiknya melalui Bangun Purba saja karena lebih dekat. Namun jika ada pengutipan yang terlalu meresahkan pengunjung tolong supaya di Foto pemuda tersebut dan coba memberitahukan pemerintah setempat. Hal ini perlu di lakukan untuk membenahi wisata Tinggi Raja tersebut.

2. Unong Bokkou

Unong Bokkou
Unong Bokkou adalah suatu sungai yang berada pada daerah Negeri Dolok. Sungai Unong Bokkou ini sebuah  permandian yang memiliki Ait Terjun kurang lebih tingginya 10 M. Di Sungai Unong Bokkou anda dapat menikmati suara sungai dan Mandi di sungai. Di sungai tersebut ada tempat parkir tersebut yang di Kelola oleh Pemilik Kolam Pancing. Jadi tempat ini cukup baik bagi anda yang hobbi memancing dan bisa bersantai keluarga anda di Sungai Unong Bokkou. Sungai Bokku ini tidak dalam sehingga tidak membuat anda merasa khawatir anak anda tenggelam pada Sungai Unong Bokkou ini. Dan Sungai Unong Bokkou ini juga air tidak deras sehingga anak – anak kecil anda tidak hanyut terbawa sungai. Unong Bokkou ini sangat baik anda yang mandi dengan air yang bersih karea airnya berjalan bukan seperti Air kolam renang pada umumnya. Di Unong Bokkou ini di kenakan biaya masuk oleh pemilik lahan tanah yang berada pada Sungai Unong Bokkou. Kemarin biaya yang di kenakan dari pemilik lahan tersebut adalah sebesar 2.000 rupiah per orangnya.
Mungkin beberapa tempat permandian lainnya yang ada di daerah Negeri Dolok masih banyak namun akan tetapi jalan tempat menuju permandian tersebut tidak mendukung sehingga tidak mencakup sebagai tempat wisata yang baik untuk masyarakat umum. Di daerah Negeri Dolok adalah daerah yang cukup terkenal dengan penghasil Buah Durian, Susu Batak yang sangat baik. Durian dari Negeri Dolok ini biasa rata – rata memiliki rasa yang enak sehingga lebih baik memakan buah Durian negeri Dolok. Rasa duriannya akan terasa nikmat lagi apabila baru jatuh dari Pokoknya. Di Negeri Dolok buah durian itu jatuh sendiri dari Pokoknya bukan seperti daerah lain yang bisa di Petik dari pohonya. Dan terdapat minuman susu batak asli yang baik di konsumsi untuk ibu yang baru melahirkan. Fungsi dari susu batak ini dapat memperbanyak air susu ibu, sehingga ibu – ibu yang air susunya sedikit susu batak/tuak adalah solusinya. Namun akan tetapi anda dapat mabuk jika terlalu berlebihan mengkonsumsi susu batak ini.