Kaidah Angka Penting dan Cara menentukan angka penting

Angka penting
Angka Penting. Dalam pelajaran kimia tentu angka penting sangatlah di pelajari oleh murid – murid SMA pada umunya. Apakah Pengertian dari Angka Penting : Angka Penting adalah angka – angka yang diperoleh dari sebuah hasil pengukuran. Contohnya adalah hasil pengukuran panjang Meja, Hasil pengukuran panjang buku, hasil pengukuran panjang Tali.  Angka penting ini terdiri dari angka pasti atau disebut Eksak dan angka taksiran ( angka yang masih di ragukan ).  Berikut di bawah ini secara lengkap contoh Angka Penting yang biasa nya di pelajari dalam Fisika di Sekolah Menengah Atas. Perlu di perhatikan kaidah angka penting dan cara menentukan angka penting agar tidak salah dalam mengerjakan soal – soal angka penting di Sekolah Menengah Atas. Berikut di bawah ini contoh angka penting dan cara menentukan angka penting

Contoh Angka Penting : Hasil pengukuran panjang buku tulis dengan menggunakan Mistar 
Panjang buku tersebut adalah P = 25,1 cm  Maka angka Pasti 2 dan 5 Dan Angka taksiran 1. Dalam contoh soal tersebut memiliki 3 Angka Penting ( AP ).
Aturan – Aturan Angka Penting atau Cara Menentukan Angka Penting 

Dalam angka penting memiliki beberapa aturan angka penting. Berikut di bawah ini adalah aturan – aturan angka penting yang perlu diketahui lebih dalam dan detail. 
  1. Semua angka bukan nol merupakan angka penting. Misalnya adalah 125,713 dalam 6 angka tersebut adalah Angka penting ( 6 angka penting ).
  2. Angka Nol yang berada di antara angka bukan nol termasuk angka penting. Contohnya adalah sebagai berikut : 2102,5002 Kg maka angka penting adalah 8 ( 8 angka penting ).
  3. Angka nol yang berada di sebelah kiri atau kanan desimal bukan angka penting. Contonya adalah sebagai berikut : 0,000012005 m , maka angka penting adalah 5 ( 5 angka penting ).
  4. Angka nol yang berada di sebelah kanan merupakan angka penting, tetapi bila terdapat tanda ( Misalnya _ ) batas angka pentingya berada pada tanda yang di berikan contoh di bawah ini secara lengkap dan detail.

    Contoh angka penting = 13.000 maka angka penting adalah 4 ( 4 angka penting )

Aturan pembulatan di dalam Fisika  atau Cara Pembulatan dalam Fisika

Berikut di bawah ini bagaimana aturan pembulatan di dalam fisika sehingga bagi anak sekolah perlu di pelajari aturan ini agar tidak membuat pembulatan secara tidak aturan. Berikut di bawah ini pembulatan aturan di dalam Fisika.
  1. Angka yang lebih besar dari angka 5 di bulatkan keatas dan angka lebih kecil dari angka 5 di bulatkan kebawah.
  2. Angka yang tepat sama dengan angka 5 di bulatkan ke atas bila angka sebelumnya angka ganjil dan di bulatkan ke bawah bila sebelumnya genap. Contohnya pada di bawah ini ;
    5,754246
    5,75425
    5,7542
    5,754
    5,75
    5,8 cm.

Aturan Berhitung dengan Angka Penting atau Cara Berhitung dalam Angka Penting

a.  Cara Penjumlahan dan pengurangan

Penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan angka penting hasilnya dituliskan hanya mengandung 1 angka taksiran. Misalnya contoh pada di bawah ini.
Misalkan ; 17,5   cm      ( 3 angka penting )
                    2,06 cm  +  ( 3 angka penting ) 
                =19,56 cm di tuliskan 19,6 cm 
b. Cara Perkalian dan Pembagian 

Hasil perkalian dan pembagian dengan menggunakan angka pentingan di tuliskan dengan angka penting yang paling sedikit. Contoh perkalian dan pembagian angka penting pada  di bawah ini.
misalkan  2,45
                2,3
                         x
               735
            490
                       +
            5,635  di tuliskan = 5,6 

c. Cara Pemangkatan dan pengakaran 

Hasil pemangkatan dan pengakaran dengan menggunakan angka penting di tuliskan sebanyak angka penting yang di pangkatkan atau di tarik akarny misalnya contoh pada gambar di bawah ini 4 contoh angka penting. 
Contoh pemangkatan dan pengakaran Angka Penting
Masih banyak contoh angka penting yang perlu di pelajari sehinga  harus mempelajari tentang angka penting lebih dalam. Dalam penjelasan sangat penting di ketahui aturan – aturan dalam fisika dan angka penting. Dengan mempelajari aturan – aturan angka penting anda dapat mengetahui penjumlahan dan pengurangan angka penting, perkalian dan pembagian angka penting, pemangkatan dan pengakaran angka penting dengan benar.  Masih banyak contoh angka penting yang dapat anda lihat dan gunakan setiap harinya namun anda belum menyadari bahwa anda dalam berurusan dengan angka penting.Semoga penjelasan angka penting dan cara menetukan angka penting pada di atas dapat membantu anak sekolah Atas ( SMA )