Pengertian Penilaian Kinerja dan Manfaat , Tujuan Penilaian Kinerja

Rate this post
Apakah pengertian, manfaat dan tujuan dari penilaian kinerja. Dalam manajemen mata kuliah pengertian dari penilaian kinerja sangatlah penting sehingga dengan mengetahui penilaian kinerja maka akan dapat diketahui tujuan dan manfaat dari penilaian kinerja. Oleh sebab itu penilaian kinerja merupakan suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan. Untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan seseorang sepatutnya memiliki kemampuan tertentu. Kesediaan dan keterampilan seseorang tidaklah cukup efektif untuk mengerjakan sesuatu tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya. Kinerja merupakan perilaku nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam perusahaan. Beberapa pengertian penilaian kinerja yang dikemukakan oleh para beberapa ahlinya. Adapun pengertian penilaian kinerja adalah sebagai berikut.

Pengertian Penilaian Kinerja

Pengertian Penilaian Kinerja 
Setiap perusahaan maupun instansi dalam berbagai bidang memiliki sejumlah karyawan yang memiliki kinerja berbeda. Oleh karena itu, perusahaan atau instansi tersebut membutuhkan suatu penyelesaian untuk mengetahui kinerja masing – masing karyawannya sebagai evaluasi apakah karyawan tersebut layak untuk bekerja diperusahaan tersebut atau tidak. Untuk melakukaan evaluasi karyawan, instansi melakukan penilaian kinerja sesuai dengan kebutuhan instansi. Menurut Simamora ( 1995 ) Pengertian kinerja karyawan adalah tingkat terhadap mana karyawan mencapai persyaratan – persyaratan pekerjaan. Penilaian kinerja karyawan tersebut. Menurut Rivai Dkk, Menjabarkan penilaian kinerja atau performance appraisal merupakan kajian sistematis tentang kondisi kerja karyawan yang dilaksanakan secara formal dengan dikaitkan standar kerja yang telah ditentukan perusahaan.

Apakah itu penilain kinerja

Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja merupakan suatu proses pengukuran kinerja karyawan yang dilihat dari pekerjaan setiap karyawannya dengan menggunkanan aturan – aturan penilaian yang telah ada disetiap perusahaan. Hasil penilaian kinerja dapat dijadikan acuan dari setiap perusahaan apakah karyawan tersebut bisa dipertahankan di perusahaan tersebut atau tidak. 

Tujuan Penilaian Kinerja 

Menurut simamora penilaian kinerja memiliki tujuan yang dibedakan dalam dua hal yaitu tujuan pokok dan tujuan khusus. Tujuan pokok dari penilaian kinerja adalah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan valid berkenan dengan perilaku dan kinerja karyawan di perusahaan, Adapun tujuan – tujuan khusus dari penilaian kinerja karyawan di golongkan dalam dua bagian besar yaitu :
  1. Tujuan Evaluasi ( Evaluation )
    Tujuan evaluasi dari penilaian kinerja yaitu seorang manajer menilai kinerja masa lalu seseorang karyawannya. Evaluasi menggunakan rating deskriptif untuk menilai kinerja dan kemudian menggunakan data tersebut dalam keputusan – keputusan tertentu. Hasil keputusan tersebut dapat berupa review gaji dan kesempatan promosi untuk kenaikan jabatan setiap karyawannya. Penerapan metode penilaian kinerja secara evaluatif sering digunakan, cepat dan mudah dilaksanakan. Metode penilaian kinerja secara evaluatif yaitu membandingkan semua karyawan satu dengan yang lain atau terhadap beberapa standar berdasarkan catatan kinerja setiap karyawannya.
  2. Tujuan Pengembangan ( Development )
    Tujuan pengembangan dari penilaian kinerja dilakuakn seseorang manajer untuk meningkatkan kinerja seseorang individu di masa mendatang. Manajer memberikan saran kepada karyawan mengenai pengembangan karirnya dan membantu bawahannya untuk menentukan tujuan kinerjanya. Aspek pengembangan dari penilaian kinerja yaitu mendorong pertumbuhan karyawan nya dengan memperhatikan kebutuhan – kebutuhan dari anggota termasuk keahlian, pengalaman atau pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melaksanakan pekerjaan agar lebih baik. Penilain kinerja yang yang bertujuan pengembangan juga mencakup pemberian pedoman untuk karyawan nya dalam kinerja nya di masa depan. Umpan balik dari tujuan tersebut dapat mengenali kekuatan dan kelemahan kinerja masa lalu karyawan serta dapat menentukan arah apa yang harus diambil untuk memperbaikinya.

Pencapaian tujuan dari penialain kinerja dibutuhkan penetapan indikator kinerja agar penilaian kinerja tersebut sesuai dengan yang diharapakan dari perusahaan. Menurut Rivai Dkk ( 2011 ) , Penetapan awal indikator kinerja hendaknya didasarkan pada perkiraan yang relaistis dengan memperhatikan tujuan, sasaran, dan hasil yang diinginkan. Penetapan indikator kinerja yang dilakukan setiap perusahaan harus memperhatikan setiap hal berikut : 

1. Karakteristik indikator kinerja yang baik yaitu :
  • Terikat pada tujuan program dan menggambar pencapaian hasil 
  • Terbatas pada hal – hal yang perlu mendapat prioritas
  • Terpusat pada hal – hal yang vital dan penting bagi pengambilan keputusan
  • Terkait dengan sistem pertanggungjawaban yang memperlihatkan hasil

2. Pertimbangan Utama penetapannya bahwa indikator kinerja harus :

  • Menggambarkan hasil atau usaha pencapaian hasil
  • Merupakan indikator didalam wewenang ( Uncontrollable )
  • Mempunyai dampak negatif yang rendah
  • Digunkan untuk menghilangkan insentif yang sudah ada

Fungsi Standar Kinerja

Standar Kinerja sebagaimana yang dijelaskan abdullah ( 2014 ) memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
  1. Sebagai tolak ukur untuk menentukan keberhasilan dan ketidak keberhasilan kinerja ternilai.
  2. Memotivasi karyawan agar bekerja lebih keras untuk mencapai standar. Untuk menjadikan standar kinerja yang benar – benar dapat memotivasi karyawan perlu dikaitkan den gan reward atau imbalan dalam sistem kompensasi.
  3. Memberikan arah pelaksanaan pekerjaan yang harus dicapai, baik kuantitas maupun kualitas.
  4. Memberiakn pedoman kepada karyawan bereknan dengan proses pelaksanaan pekerjaan guna mencapai standar kinerja yang ditetapkan.
Persyaratan Standar Kinerja 
Agar dapat digunakan sebagai tolak ukur , maka standar kinerja harus memiliki persyaratan – persyaratan tertentu. Persyaratan – persyaratan standar kinerja sebagaimana yang dijelaskanoleh abdullah.
  1. Terdapat hubungan yang relavan dengan strategi organisasi.
  2. Mencerminkan seseluruhan tanggung jawab karyawan dalam melaksanakan pekerjaannnya.
  3. Memperhatikan pengaruh faktor – faktor diluar kontrol karyawan.
  4. Memperhatikan teknologi dan proses produksi.
  5. Sensitif dapat membedakan antara kinerja yang dapat diterima dan yang tidak dapat diterima.
  6. Realistis, dapat dicapai oleh karyawan.
  7. Berhubungan dengan waktu pencapaian standar
  8. Memberikan tantangan kepada karyawan.
  9. Dapat diukur dan ada alat ukur untuk pencapaian standar
  10. Standar harus konsisten
  11. Standar harus adil
  12. Standar harus memnuhi ketentuan undang – undang dan peraturan ketenagakerjaan.
Penilaian Kinerja
Terdapat beberapa indikator penilaian kinerja yaitu :
  1. loyalitas
    Setiap karyawan yang memiliki tingkat loyalitas yang tinggi pada perusahaan – perusahaan dimana mereka akan diberikan posisi yang baik. Hal ini dapat dilihat melalui tingkat absensi atau pun kinerja yang mereka miliki.
  2. Semangat kerja
    Perusahaan harus menciptakan suasana  dan lingkungan kerja yang kondusif. Hal ini akan meningkatkan semangat kerja karyawan dalam menjalankan tugas pada suatu organisasi 
  3. Kepemimpinan
    Kepemimpinan merupakan leader bagi setiap bawahannya. Bertanggung jawab dan memgang peran penting dalam mencapai suatu tujuan. Pimpinan harus mengikut sertakan karyawan dalam mengambil keputusan sehingga karyawan memiliki peluang untuk mengeluarkan ide, pendapat dan gagasan demi keberhasilan perusahaan 
  4. Kerja sama
    Pihak perusahaan perlu membina dan menanamkan hubungan kekeluargaan antara karyawan sehingga memungkinkan karyawan untuk bekerja sama dalam lingkungan perusahaan 
  5. Prakarsa
    Prakarsa perlu dibina dan dimiliki baik itu dalam diri karyawan ataupun dalam lingkungan  linkungan perusahaan
  6. Tanggung jawab
    Tanggung jawab harus dimiliki oleh setiap karyawan baik bagi mereka yang berada pada level jabatan yang tinggi atau pada level yang rendah.
  7. Pencapaian Target
    Dalam pencapaian target biasanya perusahaan mempunyai startegi – strategi tertentu dan masing masing.
 Tujuan dan Manfaat Penilaian Kinerja

Bagi perusahaan penilaian kinerja memiliki berbagai manfaat antara lain evaluasi antar indibidu dalam organisasi, Pengembangan dari diri setiap individu, pemeliharaan sistem dan dokumentasi .

  1. Evaluasi antar individu dalam organisasi
    penilaian kinerja bertujuan untuk menilai kinerja setiap individu dalam organisasi dalam menentukaan jumlah dan jenis kompensasi yang merupakan hak bagi setiap individu dalam organisasi
  2. Pengembangan dari diri setiap individu dalam organisasi
    Penilaian kinerja pada tujuan ini bermanfaat untuk pengembangan karyawan yang memiliki kinerja rendah yang membutuhkan pengembangan baik melalui pendidikan formal maupun pelatihan .
  3. Pemeliharaan Sistem
    Berbagai sistem yang ada dalam organisasi memiliki  sub sistem yang paling berkaitan anatara satu sub sistem dengan sub sistem lainnya. Oleh karena itu perlu dipelihara dengan baik.
  4. Dokumentasi
    Penilaian kinerja akan memberi manfaat sebagai dasar tindak lanjut dalam posisi pekerjaan karyawaan dimasa akan datang. Hal ini berkaitan dengaan pengambilan keputusan.

Menurut Werther dan Davis dalam buku Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis penilai kinerja mempunyai beberapa tujuan dan manfaat bagi perusahaan dan karyaawan yang dinilainya antara lain

  1. Performance improvement. memungkinkan karyawan dan manajer untuk mengambil tindakan yang berhubungan dengan peningkatan kinerja
  2. Compensation Adjustment. Membantu para pengambil keputusan untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima kenaikan gaji atau sebaliknya.
  3. Placement Decision. Menettukan promosi, trensfer dan demotion.
  4. Training and Development Needs. Mengevaluasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan agar kinerja mereka lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *