ronaldomedia.com, Medan . Bawang Merah adalah merupakan suatu bahan utama bumbu dapur oleh ibu rumah tangga dan seluruh indonesia sendiri bawang merah merupakan suatu kunci utama dalam penyedap rasa makanan.  Bawang merah banyak tumbuh subur didaerah indonesia terutama pada daerah pegunungan. Bawang merah telah banyak digunakan sebagai herbal atau pengobatan dalam kesehatan. Dan baru – baru ini viral mengenai ” jangan simpan bawang merah yang  sudah dikupas dikonsumsi. Berikut berita yang viral dimedia sosial :
Foto : ronaldomedia.com

Jangan Simpan Bawang Merah Yang Dikupas Dikonsumsi

Ketika epidemi influenza merebak dibanyak tempat didunia , Seorang dokter memperhatikan. Ada keluarga yang sama sekali tak tersentuh oleh influenza. Ketika ia mengunjunginya, Dokter mendapati keluarga ini tiap hari menaruh bawang merah yang dikupas dipiring dan meletakkannya di setiap kamar dirumah itu.
Ketika ia mengambil salah satu piring dengan metode baktereologis yang semestinya, ia mendapati seluruh permukaan bawang itu penuh virus influenza yang sudah mati. Bawng merah itu memfokuskan virus kedalam bawang lalu membunnuhnya.
Bukan hanya virus saja tapi juga bakteri semua terkumpul disitu dalam keadaan sudah mati. Beberapa toko yang memasang bawang merah disekitar tokonya juga terbebas dari serangan epidemi dan mendapati karyawannya lebih sehat. Jadi tempatkanlah beberapa bawang merah yang telah dikupas dalam sebuah mangkuk dan ditempatkan dikamar tidur dan ruang keluarga. Ganti setiap hari maka anda akan terbebas dari virus dan bakteri. Seorang penderita radang paru – paru berat ( pneumonia ) menjalani perawatan bawang merah sebagai berikut :
Ambil sebutir bawang merah, iris kedua ujungya . Salah satu ujungnya dicocok dengan garpu , lalu tangkai garpu dimasukkan sebuah botol agar dapat berdiri. Taruh disamping ranjang penderita, semalaman paginya bawang merah berubah jadi kehitaman karena penuh kuman, kemudian dibuang dan diganti dengan yang baru.Berikut yang diatas merupakan berita viral tentang bawang merah yang dikupas untuk dikonsumsi. Berikut dibawah akan dijelaskan mengenai masalah kandungan dalam bawang merah dan manfaatnya. 

Kandungan Dan Manfaat Bawang Merah

Pemanfaatan bawang merah ( Allium Cepa L) sebagai agen Ko- Kemoterapi  ( Dwi ana nawangsari, Dkk, 2008 Universitas  Farmasi Gadjah Mada  Yogyakarta). Bawng merah memiliki kandungan kuersetin yang tinggi , suatu antioksidan yang kuat yang bertindak sebagai age untuk menghambat sel kanker. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa koersetin sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payu dara dan kanker ovarium. 
Kuersetin salah satu flavanoid utama dalam buah dan sayur sehingga memiliki aktivitas antioksidan dan antikarsinogenik yang lebih kuat dari vitamin C. Bawang merah merupakan salah satu sumber Flavanoid dan berkontribusi sangat besar dalam konsumsi Flavanoid. Setidaknya ada 25 macam flavanoid yang telah diketahui, dan kuersetin adalah yang paling penting diantaranya ( slimestad, 2007 ). Sumber – sumber makanan yang mengandung kuersetin tinggi yaitu bawang, apel, dan teh. Kandungan kuersetin pada bawang merah sekitar sebesar 0,77 ± 0,24 mg tiap 100 gram. Antioksidan seperti kuersetin dapat menetralkan radikal bebas dan mengurangi dan mencegah kerusakan yang disebabkan olehnya ( menurut peneliti, Anonim , 2008 ). Dan menurut Haghiack dan walle ( 2005 ) kueraetin dapat menginduksi nekrosis dan apoptosis pada sel kanker mulut . Kuersetin efek antiploriferatif dengan bekerja pada siklus sel. Selain dapat digunakan sebagai terapi kanker mulut , koersetin dapat digunakan untuk terapi berbagai penyakit diantaranya sebagai antiplatelet, jantung kroner, kanker kolon, dan kanker payudara.

Jadi berdasarkan penelitian diatas bahwa bawang merah mempunyai kandungan kuersetin , flavanoid yang tinggi. sehingga manfaat bawang merah digunakan sebagai antioksidan dan antikanker kolon kanker payudara, jantung kroner.

Jenis – Jenis Bawang Merah Dipasar Lokal

Bawang merah memiliki berbagai macam dipasar tradisional. Dipasar tradisional sendiri banyak dijual jenis bawang merah :

  1. Bawang Merah Jawa
    Bawang merah jawa ini memiliki warna yang merah kemudaan dengan warna yang cukup mengkilat. Harga bawang ini bersekitar 26 ribu didaerah medan sumatera utara.
  2. Bawang Merah Bombay
    Bawang merah bombay ini mempunyai ciri – ciri yang umbi yang besar, warna lapisan luar mengkilat dan warnanya sendiri warna keruh air untuk lapisan luar.
  3. Bawang Merah Peking
    Bawang merah ini meiliki ciri khas yang  besarnya lebih besar bawang merah bombay tetapi warna kulit yang merah tua.
  4. Bawang Merah Dayak
    Bawang merah dayak ini memiliki warna yang merah dan sering digunakan sebagai bahan obat dan jarang digunakan sebagai bumbu masak.
  5. dan lain-lain