Diare adalah suatu penyakit yang biasa dialami, Diare tidak memandang usia jenis kelamin, wilayah dan negara. Diare dapat dialami oleh anak – anak, bayi, remaja, dewasa dan lansia. Diare adalah suatau penyakit yang sangat sering dialami oleh kalangan. Penyakit ini jangan dianggap enteng atau membiarkan diri anda atau anak atau saudara anda mengalami diare, diarea jika tidak diobati akan dapat memberikan resiko yang cukup berbahaya. Dan banyak kejadian bahwa orang yang sakit diare dapat dengan cepat mengalami penurunan badan. Tahukah anda apa saja yang dapat membuat tubuh atau diri anda mengalami diare. Berikut ini penyebab diare yang biasa terjadi dimasyarakat.

Penyebab Diare

Diare merupakan salah satu penyebab utamanya dari morbiditas dan mortalitas dinegara yang sedang berkembang dengan kondisi sanitasi lingkungan yang buruk, persediaan air yang tidak adekuat. dan diare disebabkan oleh bakteri. Dan diare disebabkan juga inveksi virus sehingga dapat membuat tubuh mual dan muntah. Dan banyak lagi penyebab anda mengalami suatu penyakit diare. Diare dapat disebabkan beberapa faktor seperti yang akan dijelaskan dibawah ini supaya anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengerti peneyebab diare dan cara mengobati diare yang terjadi pada anda maupun saudara dan kerabat anda.
>

1. Intoleransi Makanan

Apakah itu intoleransi makanan ? Mungkin anda jarang mendengar kalimat intoleransi makanan. Intoleransi makanan adalah dimana tubuh anda tidak dapat lagi mencerna sejenis makanan sehingga dapat mengakibatkan anda mengalami diare, mual , kram, gembung dan lain sebagainya. Intoleransi makanan biasanya dapat anda alami setelah 30 menit anda memakan sejenis makanan yang tak bisa dicerna oleh tubuh anda. Intoleransi makanan yang dimaksud juga tidak termasuk semua jenis makanan tetapi sebagian makanan yang dianggap tubuh anda tidak dapat dicerna.

2. Keracunan Makanan

Keracunan makana bisa dapat menyebabkan anda mengalami diare. Contoh keracuanan makanan adalah makanan yang kadarluwarsa sehingga makanan menimbulkan suatu bakteri. 

3. Obat – Obatan Tertentu

Dalam mengonsumsi obat obat an tertentu dapat juga menyebabkan suatu diare. Jenis obat yang dapat membuat anda mengalami diare adalah jenis obat antibiotik. Meski obat antibiotik dapat membunuh bakteri jahat akan tetapi obat antibiotik dapat juga membunuh bakteri yang baik. Sehingga ketika anda mengonsumsi obat tertentu anda mengalami diare segera konsultasi pada dokter bagian yang bersangkutan

Cara penanganan Diare

Ketika diare menghampiri anda perlu anda ketahui cara penangan diare sebelum anda konsultasi dengan dokter. Cara penanganan ini dapat anda lakukan supaya dapat menimalisir daampak buruk dari diare. Cara penanganan ini dapat dilakukan dirumah. Berikut ini cara penanganan diare sebelum anda konsultasi kedokter. Perhatikan dibawah ini.
  • Minum Banyak Cairan
    Dalam suatu diare yang masih ringan atau fase awal ada beberapa masayarakat mengalami penyakit diare sembuh beberapa jam kemudian. Penyakit daire dengan sembuh sendirinya Namun ada beberapa kejadian yang susah penyembuhannya sehingga perlu konsultasi dengan dokter.  Sehingga ketika anda diare disarankan meminum cairan yang banyak untuk mencegah dehidrasi.
  • Hindari Makanan Pedas
    Selama diare sebaiknaya tidak diperbolehkan memakan makana yang pedas karena dapat membuat keadaan tidak membaik dan membuat kondisi semakin buruk.
  • Rajin Cuci Tangan
    Setelah anda kekamar mandi sebaiknya anda mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri supaya bakter jahat yang ada pada tangan anda mati. Dan usahakan kebersihan dijaga.
  • Makan Makanan Yang Mengandung Priobiotik
    Apakah itu Pribiotik ? Pribiotik adalah sekumpulan bakteri hidup yang sama dengan bakteri sehat. Sehingga ketika anda diare anda harus banyak makan makanan yang pribiotik karena pribiotik dapat meningkatkan bakteri sehat pada tubuh anda. 

Obat Herbal Diare

Pada saat anda mengalami diare anda dapat mengobati penyakit diare anda menggunakan tanaman herbal seperti Jambu Biji atau jambu batu. Cara pembuatan herbal diare menggunakan jambu biji adalah sebagai beriku :
  1. Ambil daun jambu biji yang sudah dewasa sekitar 10 ( sepuluh lembar ) tetapi daun jambu biji yang segar lalu anda cuci dengan air bersih. Daun ini dapat anda juss dan dapat anda kunyah- kunyah dan dimakan.
  2. Menggunakan Daun pepeya . Daun pepaya ini dapat anda rebus dan minumlah air rebusannya. konsumsi air rebusan daun pepaya 3 kali dalam sehari.