Pengertian Wasir

Foto : Experimen
ronaldomedia.com – Medan . Wasir dapat diartikan dimana keadaan pembuluh darah pena yang berada berdekatan pada anus mengalami pembengkakan atau disebut juga mengalami peradangan. Wasir di indonesia banyak dialami oleh masyarakat. Namun sebahagian masyarakat menyebutnya ambien. Wasir ini dapat muncul didalam rekrum atau saluran yang menghubungkan usus yang besar dengan anus. Wasir ini diakibatkan oleh ketika anda kelamaan mengejan saat melakukan Buang Air Besar. 
Wasir ini cukup termasuk dalam penyakit yang tidak perlu dikwahatirkan dan penyakit ini juga bukan suatu penyakit yang menular.  Wasir dapat sembuh dengan sendirinya atau dapat sembuh menggunakan obat herbal dan obat lainnya.

Siapa Sajakah Yang Dapat Terserang Penyakit Wasir

Wasir dalam jenis ini biasanya semua kalangan dapat mengalaminya tanpa memandang baik dia pria dan perempuan. Namun wasir dapat atau lebih sering dialami oleh pada wanita hamil dan pasien yang kesulitan BAB atau mengalami diaere kronis.
Oleh sebab itu ketika seorang ibu pada masa hamil atau mengandung diharapkan menjaga kondisi kesehatan dengan melakukan aktivitas yang mendukung terhadap keadaan hamil dan memakan buah yang cukup.

Tanda – Tanda dan Gejala Wasir

Dari berbagai orang yang mengalami wasir biasanya mereka mengalami gejala berikut :
  1. Warna Buang Air Besar berubah seperti darah  atau berwarna kemerahan
  2. Terjadinya gatal pada area rekrum
  3. Nyeri dan perasaan yang tidak nyaman
  4. Bengkat di sekitaran anus dan mengalami benjolan

Namun tidak semua mengalami gejala pada diatas. Ada beberapa gejala lainnya yang tidak dituliskan karena wasir tergantung terhadap daya tahan tubuh. Jika anda mengalami seperti wasir ini jika tidak dapat sembuh segera melakukan pemeriksaan kedokter terkait.Karena jika tidak kunjung sembuh pengobatan dirumah dapat mempersulit dalam suatu pengobatan. Segeralah konsultasi kedokter untuk memperjelas keadaan anda. supaya dokter lebih mudah memahami penyakit anda.

Penyebab Terjadinya Wasir

Seperti pengertian wasir dimana pembuluh darah vena mengalami suatu pembengkakan yang telah meningkatkan tekanan pada daerah retrum yang berada pada bagian bawah. Faktor – faktor yang menyebabkan dapat meningkatkan tekanan rekrum adalaha sebagai berikut.
  1. Ketika anda melakukan Buang Air Besar. Kebiasaan yang mengejan terlalu berlebihan dapat menaikkan rekrum
  2. Duduk terlalu lama
  3. Diare yang tidak kunjung sembuh atau diare kronis
  4. Berat badan yang tidak normal atau berlebihan ( obesitas )
  5. Hamil = Ibu hamil lebih mudah mengalami wasir karena berat tubuh bayi yang semakin berat sehingga memberi tekanan pada daerah anus.
  6. Kurang asupan makan berserat atau memakan makanan pedas
  7. Mengangkat Benda Berat 

Cara pengobatan Wasir

Pengobatan wasir dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini cara pengobatan  wasir.
  1. Menggunakan Makanan Berserat atau buah-buahan dan biji – bijian.
  2. Obat Wasir = Dapat menggunakan obat wasir yang berbentuk krim dan obat supositori yang dapat membantu menghilankan rasa nyeri dan gatal karena dampak penyakit wasir.
  3. Operasi = melakukan operasi dengan mengangkat wasir.

Obat Herbal Ambeien atau Wasir

Namun untuk wasir sendiri dapat diobati dengan menggunakan obat alami dari tumbuhan atau herbal. Berikut ini obat herbal untuk penyakit ambeien.
  1. Mengunakan Bawang Putih
    Bawang putih yang memiliki kandungan alicin dapat meningkatkan sirkulasi darah  dan berfungsi juga sebagai anti bakteri.Bawang putih ini dapat dikonsumsi mentah dapat juga dicampurkan kedalam air putih.
  2. Memakan buah dan sayuran yang beserat tinggi seperti buah salak dan sayur bayam.
  3. Melakukan olahraga yang rutin setiap harinya.

Namun untuk penelitian untuk wasir ini sangatlah sedikit khusunya di indonesia. Sebernarnya banyak tumbuhan yang dapat mengobati penyakit wasir sendiri. Seperti ada seorang wanita yang masih kuliah mengalami penyakit wasir ini. Awalnya wanita ini malu bercerita kepada orang tuanya penyakit yang mulai tak enak lagi dirasakan tubuhnya. Namun pada suatu saat anak gadis bercerita keorang tuanya. Orang tuanya pun bercerita kepada seorang anaknya atau kaka gadis tersebut juga yang bekerja di rumah sakit Patar Asih kecamatan lubuk pakam kabupaten deli serdang, Medan – Sumatera utara sebagai analis kesehatan.

    Kakanya pun memberikan suatu resep obat dan menyarankan. Namun orang tua tidak setuju, Namun dalam seminggu pun obat itu pun tidak dapat mengobati wasir tersebut. Akhinya orang tua gadis tersebut mencari informasi mengenai pengobatan herbal dari kampungnya yang sangat jauh dari kota. Jika ditempuh dari lubuk pakam mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan mengenderai sepeda motor. Namun berkat kerja keras orang tuanya. Gadis tersebut dapat sembuh tanpa operasi. Gadis tersebut sembuh dengan mengonsumsi sebuah daun dari kampung  dengan cara dijus atau dibelender. Obat herbal ini pun di konsumsinya 2 x sehari dan tidak lupa juga memakan resep dari kakanya. Dan akhirnya sembuh tanpa harus operasi. Sunggu suatu obat yang manjur bukan. Nama tamana tersebut dikatakan tumbuhan samoja dari bahasa daerah untuk bahasa indonesia sendiri pun belum ditemukan namanya