Penelitian Keperawatan Soedirman : Manfaat Ekstrak Ketumbar dan Efek Samping

Rate this post

ronaldomedia.com- Medan -Ketumbar adalah merupakan bumbu masak yang merupakan rempah- rempah yang paling populer. Buah ketumbar yang yang kecil-kecil bulat melonjong yang ciri – ciri buah yang berwarna putih kekuningan. Buah ini sangat tak lazim lagi untuk didengar karena tumbuhan ini tumbuh di negara indonesia. Buah ketumbar biasanya diperdagangkan dengan buah yang kering yang sering dipergunakan sebagai bumbu pelezat.
Kita sering mendengar bahwa tumbuhan ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Anda pasti pernah mendengarkan bahwa tanaman ini bisa mengobati berbagai penyakit. Untuk membuktikan kepastian manfaat tanaman ini. Berikut ini kandungan ketumbar yang di kutip dari ( Universitas Airlangga ). Dalam buah ketumbar memiliki berbagai macam keunggulan dari ketumbar yang mempunyai kandungan nutrisi 11 komponen minyak esensial, 6 tipe senyawa asam ( termasuk asam askorbonat / Vitamin C ) berbagai mineral dan juga  vitamin. Dan secara ringkas dijelaskan bahwa buah ketumbar dapat digunakan untuk masalah kesehatan, kecantikan, dari mulai pencernaan, penyakit dalam, penyakit ringan, peraawatan mata, masalah kewanitaan, fungsi seksual, masalah persendian, dan berbagai manfaat lainnya.
Sedangkan berikut ini hasil penelitian yang di publis/Dikutip di journal Keperawatan soedirman Journal Of Nurshing ), Volume 11, n0.3 november 2016 ). Dengan judul penelitian ” Pengaruh Ekstrak Ketumbar ( Coriandum Sativun ) Terhadap Perubahan Tekanan Darah Tikus Pasca Melahirkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan Pada Tikus dengan perlakuan pemberian ekstrak ketumbar yang dilakukan selama 16 hari pada tikus hamil sampai pasca persalinan di Laboratorium PSPG UGM maka dapat diambil kesimpulan bahwa :
  1. Pemberian ekstrak ketumbar beberapa dosis ( 10 mg/kg BB, 20 mg/kg BB dan 30 mg/kg BB ) berpengaruh pada tekanan darah sistolik tikus pasca melahirkan.
  2. Ekstrak ketumbar dosis 20 mg/kg  BB tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah sistolik tikus pasca melahirkan akan tetapi lebih efektif dibandingkan dengan dosis 10 mg/kg BB.

Proses pembuatan Herbal Ketumbar 

Tanaman herbal ketumbar sebenarnya sudah banyak di jual di pasaran atau tempat perbelanjaan mungkin para ibu rumah tangga sudah tahu mengenai jenis ketumbar yang di jual di pasar . Dipasar sendiri sudah ada dijual dalam bentuk bubuk atau ketumbar yang sudah kering. Anda juga dapat mengolah ketumbar sendiri dengan bentuk ketumbar bubuk. Cara cukup mudah beli ketumbar yang sudah kering lalu giling atau tumbuk sampai halus dan saring menggunakan saringan khusus. Fungsi dari saringan sendiri agar mendapakan bubuk ketumbar yang halus. 

Manfaat Ketumbar 

Ketumbar banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan namun untuk kesehatan ketumbar dimanfaatkan sebagai antibiotik dan dapat digunakan untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri sesuai dengan hasil penelitian di University of Beire Interior , portugal .Bahkan Dr Domingues mengungkapkan bahwa ketumbar ini dapat digunakan dalam bentuk lotion  , obat kumur, dibuat dalam bentuk tablet yang akan digunakan untuk antibiotik.

Efek Samping Ketumbar

Dari sejauh ini belum ada penelitian yang merujuk pada efek samping dari ketumbar tetapi jika anda mengonsumsi terlalu banyak secara bersamaan mungkin dapat menganggu pencernaan perut sehingga dapat membuat anda menjadi diare atau sakit perut. Sebaiknya jiak anda ingin mengonsumsi herbal ketumbar sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada pakar herbal atau para dokter. Karena ada beberapa artikel yang menyatakan bahwa herbal ketumbar tidak dapat dikonsumsi atau diperbolehkan pada ibu yang mengalami fase hamil dan menyusui. Dan menyatakan bahwa herbal ini tidak dapat diberikan kepada anak-anak. Dan masih banyak lagi artikel yang memberikan atau memlebih lebihkan dampak dari dan efek samping ketumbar sendiri. Jadi untuk mengenai artikel sendiri haruslah disertai sumber dan hasil penelitian siapa. Agar masyarakat lebih gampang memahami suatu fungsi herbal dengan fakta yang benar bukan opini. 

Dalam pemilihan atau dosis herbal ketumbar belum ada yang membenarkan seberapa banyak tubuh kita dapat mengonsumsi ketumbar yang baik untuk kesehatan tapi jika anda melihat hasil penelitian PSPG UGM bahwa dosis 20 mg/kg , 20 mg/kg dan 30 mg/kg sangat cukup baik untuk baik. Dan dari hasil penelitian itu juga dapat disumpulkan bahwa 30 mg/kg sangat efektif pengobatannya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *