cara membuat surat lamaran kerja. Kegagalan bukan lah hal dari segala nya tetapi permulaan dari kesuksesan anda. Mungkin anda pernah mengalami kegagalan. Lalu apakah anda menyerah tentu tidak kan. Saya bercerita bagaimana cara interview yang baik dan benar sehingga membuat dengan anda mudah di terima di perusahaan atau dipabrik. Dalam interview anda terlebih dahulu mengingat Cv ( curiculum Vitae ) / daftar riwayat hidup. Jika anda diberi formulir untuk di tulis silahkan tuliskan sesuai dengan kehidupan atau data diri anda. Banyak yang tidak menyadari bahwa CV dan lamaran kerja adalah melambangkan diri kita meski para pemimpin perusahaan atau HRD perusahaan tidak melihat anda.

Pengertian Interview

Interview adalah tanya jawab antara anda dengan pihak perusahaan. Lalu apakah yang akan di tanya oleh pihak perusahaan kepada anda. Pihak perusahaan biasa akan menanyakan mengenai berkas yang sudah anda berikan kepada mereka.Nah, untuk di Cv jangan lupa menuliskan kelebihan anda. Kelebihan ini dapat anda tuliskan mengenai keahlian anda dan sifat sifat yang dimiliki anda contohnya jujur.
Dalam interview biasanya pihak perusahaan mencari orang jujur seperti saya, pekerja keras saya juga, mempunyai keahlian dibidangnya. Dalam interview ketika tanya jawab janganlah gugup, dan tidak sopan. Dan anda harus menceritakan kemampuan anda. Karna ketika anda interview disitulah anda menjual kemampuan dan bakat diri anda supaya di terima perusahaan.
Sebelum interview di perusahaan tentu anda harus pahami cara membuat surat lamaran kerja yang benar dan baik. Bagaimanakah menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dalam menulis surat lamaran kerja tidak perlu banyak kata-kata yang tidak penting. Perusahaan menerima karyawan sesuai kualifikasi yang mereka harapkan. Yang anda ketahui adalah bagaiman kualifikasi yang mereka harapkan tertera berkas nya di surat lamaran kerja dan curiculum vitae / riwayat hidup.

Contoh membuat surat lamaran kerja, cv dan interview yang baik dan benar

Berkut ini contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

                                                                                                                        Medan, 13 Desember2018
Lampiran:1 Berkas
Perih
al :Permohonan Kerja

KepadaYth :
Bapak/Ibu Pemimpin
PT Evans Indonesia

DenganHormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama:Ronaldo Sipayung
Tempat /TglLahir
:Hutapining ,14 Desember 1994
JenisKelamin
:laki-Laki
PendidikanTerakhir
: S1- TeknikMesin Mekanika Bahan
Alamat
:
Website Blogger
:
Telp/Hp/ Email
:08
    Saya Fresh Gradutes dari Institut Teknologi Medan ( ITM ) Program Pendidikan Teknik Mesin dengan IPK 3,34. Dengan ini saya mengajukan surat permohonan kerja kepada Bapak/Ibu pimpinPTEvans Indonesia. Agar sudi kiranyamenerima saya sebagai tenaga kerja diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya saat ini dalam keadaan sehat jasman idan rohani.Dalam bekerja saya juga mengutamakan kedisiplinan, kejujuran serta kerjakeras dan dapat bekerja dengan tim.
Adapun sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, turut saya lampirkan
·Pas Fotoukuran 3×4 1Lembar
·Foto copyKTP1 Lembar
·Fotocopy Surat Keterangan Menyelesaikan Studi ( SKTL )1 Lembar
·Fotocopy Transkip Nilai1 Lembar
·Nilai TOEFL1 Lembar
·Curriculum Vitae1 Lembar
·Application Form1 Lembar
·Fotocopy Piagam Prestasi3 Lembar
·Fotocopy Sertifikat Seminar Teknologi1 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan,saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT Evans Indonesia, atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ronaldo Sipayung

Saya membuat lamara ketika lulusan baru. Saya melampirkan 9 jenis karena melihat kualifikasi dari perusahaan PT Evans Indonesia.
Nah jika sudah ada surat lamaran kerja yang baik. Bagaimana cara membuat curiculum vitae/ riwayat hidup. Form riwayat hidup sudah ada jual di toko peralatan sekolah. Namun menggunakan form surat riwayat hidup sangatlah kurang baik lebih baik anda buat sendiri. Berikut ini contoh cara membuat riwayat hidup yang baik dan benar.
Untuk menulis Riwayat hidup anda harus sesuai dengan kriteria anda. Karna HRD perusahaan akan melihat cv / curiculum vitae sebagai pertanyaan untuk mengetahui kebenaran suatu cv anda . Dan  CV digunakan oleh HRD untuk mengetahui karakter anda ketika tanya jawab.  Jadi berikanlah kejujuran data agar anda tidak gugup atau bingung saat berhadapan dan tanya jawab langsung kepada HRD perusahaan. Dalam penulisan riwayat hidup atau curiculum vitae janganlah terlalu banyak variasi karena yang dilihat oleh HRD atau pemimpin suatu perusahaan bukanlah motif dari curiculum vitae anda. Tetapi yang mereka ingin lihat adalah karakter anda, kehidupan anda dari curiculum vitae, dan kemampuan anda.


Saya akan berbagi cerita kepada teman – teman yang ingin dengan mudahnya lulus interview dan perlu anda ketahui bahwa cara yang paling utama lolos interview adalah mengusai apa yang sedang anda tuliskan pada surat lamaran kerja dan riwayat hidup anda. 

Apakah yang di Tanya Ketika Anda dalam Interview

Saya akan membongkar cara HRD melakukan interview pada calon karyawan baru. Biasanya HRD akan bertanya mengenai keluarga anda. Mengapa dia bertanya mengenai keluarga anda. Ada beberapa faktor yang ingin HRD tau . Salah satunya adalah sejauh mana anda sudah dewasa yang dapat berpergi jauh tanpa merindukan ruang tua hingga menangis. Hal ini disebabkan ditanya mungkin pekerjaan yang akan diberikan berada diluar kota. HRD akan mencari sosok. misalkan HRD ingin mencari Asisten. Bearti HRD akan menilai ketegasan anda dari nada suara anda. Jadi saran saya ketika anda ditanya oleh HRD maka berikan suara yang tegas dan jelas. Dan yang paling terakhir biasanya HRD akan memberikan pertanyaan. Mengapa saya harus memilih anda ? Pasti anda akan bingung menjawabnya bukan. Jawabanya rahasia.
Salah satu contoh CV yang salah pada dibawah ini adalah dengan adanya penilai  pada dibawah ini adalah ada beberapa persen nilai yang dimiliki oleh pelamar. Jadi apakah dasar utama untuk menentukan skor nilai pada bahasa yang dikuasai berarti jika tidak ada CV tersebut adalah asal – asalan yang penting saya suka. Penilai itu tentu harus punya dasar misalkan skor toefel 550 berarti harus ujian dong biar tahu berarti nilai yang diberikan bukar dalam bentuk persen tapi skor.
Contoh CV

Yang Perlu Anda Ketahui Disaat Membuat CV dan Lamaran Kerja

Dalam membuat lamaran kerja perlu diperhatikan sebagai berikut. Berdasarkan analisa diatas :
  1. Surat Kepala pada surat lamaran
    Surat lamaran yang anda buat tentu anda harus perhatikan berdasarkan pengumuman yang dibuat oleh perusahaan. Misalnya surat lamaran dan cv ditujukan pada pemimpinan atau surat lamaran ditujukan pada HRD perusahaan yang anda lamar. Banyak lulusan baru atau pelamar baru yang tidak menyadari hal tersebut. Sehingga mereka terkadang membuat lamaran sesuka mereka. Sehingga tujuan dari lamaran kerja menjadi salah.
  2. Data diri
    Data diri berdasarkan diri sendiri bukan dibuat – buat. sehingga ketika ada pertanyaan dari pemimpin atau HRD perusahaan anda dapat menjawab dengan benar. Jawaban sesuai dengan surat lamaran kerja dan CV anda