Belajar Autocad Dengan Mudah

Rate this post
Pengenalan Autocad 3 D


autocad dapat digunakan untuk membuat beragam bentuk objektif 3 dimensi, bahkan bisa membuatnya tampak realistik  seperti tampilan foto.
Meskipun kurikulum pendidikan teknik mesin sangat jarang atau bahkan tidak ada materi gambar 3 D , seorang mahasiswa teknik mesin yang mamapu menggambar 3D akan memiliki nilai tambahan tersendiri.
Keuntungan gambar 3D ;
  • Gambar 3 dimensi bisa dilampirkan dengan gambar 2 dimensi  ( gambar teknik ), memudahkan operator pembuat benda untuk membayangkan benda yang akan dibuat sessuai gambar. Dengan demikian , maka kemungkinan terjadi kesalahan dalam pembuatan semakin kecil.
  • Bisa digunakan untuk menjelaskan atau mempersentasikan suatu komponen mesin tau produk, sehinggga lebih menarik dan mudah dipahami.
1.1 SISTEM KORDINAT 3 DIMENSI
sistem kordinat Autocad ( USC/User Coordinate System ) pada autocad 3 dimensi berbeda dengan sistem kordinat autocad 2 dimensi. Sistem koordinat 2 D hanya memiliki 2 D , yaitu ; sumbu X dan Y, sedangkan pada sistem koordinate 3 D sumbu koordinat yaitu ; X,Y dan Z. sumbu Z biasanya digunakan untuk menentukan ketinggian objek. 
Sistem koordinat yang ditunjukkan pada gambar diatas adalah sisitem koordinat yang sesuai dengan standar internasional, yaitu sumbu x untuk memanjakan ( kiri-kanan ) sumbu Y untuk melintang ( maju-mundur) , dan sumbu Z untuk tegak ( naik – turun ). Pada autocad sistem , sistem koordinat standar internasional disebut  WCS ( Word Coordinate System ) .
dIAUTOCAD, PENGATURAN ARAH SUMBu UCS DAPAT DITENTUKAN SESUAI DENGAN KEBUTUHAN ANDA 
1.2 PENGGAMBARAN BENTUK 3 D MENU  DENGAN LINE
1.21 Rumus  Menu Line Untuk 3D 
Karena terdiri dari 3 sumbu koordinat, maka rumus untuk menentukan panjang garis berbeda dengan sistem 2 D. 
Cara membuat garis pada sistem 3 D adalah sebagai berikut ;
  • Pada menu bar, klik DRAW dan LINE 
  • Pada command line tertulis : _line specify first point
  • Klik dibidang gambar posisi awal garis
  • ATAU : specify next point or [ Close/Undo :
  • klik pada posisi akhir garis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *